Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

My Pregnancy Story: Meraih Magister Bersama Buah Hati Tercinta

MY STORY  |  PREGNANCY  |  06 Nov '19


Namaku Disya 26th. Ijinkan aku sedikit berbagi cerita tentang perjalanan meraih gelar magister bersama putriku, Nada 8 months old. Berawal dari aku yg ambil S2 tahun 2016 berlanjut aku menikah ketika masih kuliah semester 3 di tahun 2017. Bagiku, S2 itu rejeki, menikah juga rejeki. Jika ada yg bertanya kenapa kemarin kuliah S2 kalau tiba2 menikah ketika blm lulus? Karena ternyata jodoh bukan hanya perkara kita bersatu dengan si dia, tetapi kita menyatu dengan "dia" dalam "waktu". Ya, waktu. Kalo belum "waktunya" kita belum bisa dikatakan berjodoh dengannya. Seperti aku dan suami yg sudah lama bersama tapi masa lalu belum berjodoh jg dengan "kami". Dan jodoh kami adalah di bulan september tahun 2017.

Berlanjut. Satu bulan setelah menikah, alhamdulillah aku hamil. Bahagia dan sangat tidak menyangka bakal dikasih cepet. Tapi karena belum pengalaman hamil dan aku kurang hati2 menjaganya. Tiap hari aktivitas ke kampus dan ngajar bimbel waktu itu kebetulan selalu naik turun tangga. Entahlah, katanya hamil muda jangan banyak naik turun tangga, tapi aku berusaha kuat, mungkin juga belum rejeki. Tepat bulan November 2017 aku dinyatakan keguguran.

Sedih rasanya. Tiap bangun tidur lesu, keinget anak yang sudah tidak ada. Rasanya hampir tak sanggup menghadapi kenyataan, tapi suami selalu menguatkan, meski aku tahu dia jg pasti merasa kehilangan, tapi dia tetap berusaha menghibur dengan kata-katanya yang membuatku terharu. Mungkin diluaran sana tak sedikit suami yg menyalahkan istrinya atas keguguran yg terjadi karena menganggap istrinya tak mampu menjaga janin dengan baik, padahal ini takdir. Atau justru si suami menyalahkan diri sendiri.

Banyak cerita yg sering aku dengar. Dan aku bersyukur suamiku justru menguatkanku kala itu. Ya, tapi waktu itu dokter pesan pada kami bahwa aku tak boleh hamil dulu selama 3 bulan. Dalam hal ini beda2 untuk setiap kasus keguguran. Ada yg langsung boleh hamil juga. Baiklah. Semua memang ada hikmahnya, kebetulan waktu itu aku sedang sibuk mengerjakan tugas2 kuliah dan tesis sebagai syarat kelulusan.

Untuk tahun angkatanku di pascasarjana, kebetulan banyak kebijakan baru yg dijadikan syarat kelulusan. Aku cukup pusing dibuatnya. Dalam hati bertanya, bisa tidak ya aku melewati ini semua sampai lulus? Hati kecilku yg paling dalam berkata bisa. Libatkan Allah selalu dalam urusanmu, Allah pasti akan bantu selesaikan. Aku yakin akan itu. Doa dan usaha. Tepat setelah aku keguguran, bulan desember 2017 aku seminar proposal tesis. Alhamdulillah satu langkah awal menuju penelitian. Dan di bulan januari hingga april 2018 alhamdulillah aku bisa menyelesaikan penelitian tesisku. Tak menyangka, sudah penelitian dan tinggal menyusun pembahasan dan penutup. Ah sedikit legaaa.

Di tengah kesibukanku olah data untuk penyusunan pembahasan tesis, di bulan Ramadhan, tepatnya 22 Mei 2019 tiba-tiba saja rasaku aneh, sering gampang lelah dan mual. Akupun memberanikan testpack. Masih negatif. Tapi entah feelingku berkata aku hamil. Hari berikutnya akupun testpack pagi2 setelah subuh dan masih negatif. Aku kecewa, tapi feelingku hamil masih kuat. Beberapa menit kemudian ku tengok testpack yg tadi negatif, aku amati lagi, dan akupun menemukan garis 2 nya tapi samaaaarrr sekali. Walau hasil samar sontak langsung sujud syuķur dan nangisss.

Untuk memantapkan hati, aku dan suami tiga hari berikutnya memutuskan periksa ke puskesmas. Hasilnya negatif. Aku masih tak percaya. Akupun memutuskan 2 minggu lagi testpack. Dan benar sajaaa. Akhirnya aku menemukan garis dua yg jelas di tanggal 28 Mei 2019. Terharuuuuu ya Allah. Langsung sujud syukur sambil nangis. Seolah tak menyangka setelah 3 bulan disuruh kosong dan berhasil positif di bulan ke 4. Mahabesar Allah.... tak bisa berkata-kata waktu itu, hanya berjanji dalam hati aku akan benar2 menjaga lebih baik janin ini, kesempatan kedua dari Allah yg tak akan aku sia-siakan. Bismillah semoga kehamilanku kali ini lancar.

Selama hamil putriku, aku mengalami mual muntah yang cukup parah sampai muntah kuning. Mual muntahku terjadi smpe umur 9 bulan meski di usia 5 bulanan aku sudah bisa makan enak. Sebelum itu, jangan tanya, bisa menelan makan dan tidak muntah saja sudah bersyukur. Selama hamil aku tetap mencoba mengerjakan tesisku dan tetap bimbingan dengan dosenku meski banyak hal yang harus aku lawan seperti muntah mual yg bisa datang kapan saja, ngantuk, lelah, pegal-pegal.

Alhamdulillah Allah memang Maha baik, aku mendapat dosen yg sangat baik. Hingga akhirnya november 2018 aku berhasil ACC ujian tesis. Alhamdulillah lega. Tapi aku memutuskan untuk ujian tesis setelah melahirkan saja dikarenakan kondisi fisikku yg semakin tidak kuat untuk diajak lelah. Selain itu HPL ku di januari. Aku takut kalau tiba2 si bayi ngajak keluar. Bulan desember aku harus menjadi presenter sebuah seminar internasional sebagai usaha memenuhi syarat kelulusan.

Alhamdulillah anakku bisa diajak kerja sama. Setelah seminar, aku betul2 bisa fokus untuk mempersiapkan kelahiran. Alhamdulillah atas ijin Allah apapun yg aku rasa berat, yg aku rasa tak sanggup menjadi sesuatu yg bisa aku lakukan. Satu bulan setelah melahirkan aku bisa ujian tesis dan dinyatakan lulus. Sebuah anugerah untukku. Kebahagiaan semakin bertambah karena aku dinobatkan sebagai wisudawati terbaik prodi dan mendapat predikat cumlaude. Alhamdulillah lagi wisuda ditemani suami dan buah hati tercintaku, Nada Arsyila Naestu.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

649 Meidisya Isnaini

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ini Cara Cegah Anemia pada Ibu Hamil Menurut Kemenkes

Bagaimana cara pencegahan anemia pada ibu hamil?

Begini Efeknya Kalau Menunda KB

Moms ada yang berencana KB tapi terus tertunda? Wajib simak cerita yang satu ini!

Jangan Sepelekan Pemeriksaan USG Saat Kehamilan, Ini Alasannya!

USG di masa kehamilan itu penting loh Moms! Yuk, simak ulasan berikut ini.

Ceritaku Hamil Kembar dan Mengalami Preeklampsia

Dibalik kelucuan memiliki bayi kembar, ternyata ada hal-hal yang perlu diwaspadai, salah satunya preeklampsia.

Cerita Kehamilan dan Melahirkan Mom Devita

Moms, yuk simak cerita kehamilan dan melahirkan Mom Devita berikut ini.

Cerita Promilku di Usia 35 Tahun

Moms sedang merencanakan program hamil? Simak yang satu ini yuk!

Aku Ngidam Belut, Amankah Di Konsumsi Saat Hamil?

Amankah ibu hamil mengonsumsi belut? Baca yang berikut ini.

Pengalaman Kuretase di Usia Kehamilan 11 Minggu

Salah satu resiko yang dapat terjadi pada Ibu hamil adalah keguguran. Setelah itu biasanya Mom akan dianjurkan untuk kuretase.

Pengalaman Program Hamil dengan Memiliki Myoma di Rahim

Di awal pernikahan aku dan suami sudah berencana ingin segera memiliki momongan. Karena kami sudah berpacaran 4 tahun, jadi rasanya sudah cukup [...]

7 Langkah Persiapan Persalinan Penuh Cinta

Ternyata perkara melahirkan bukan terjadi begitu saja. Tanpa persiapan, maka tak jarang kenangan buruk yang akan tersimpan dalam waktu yang [...]

Ceritaku Hampir Khilaf Saat Hamil

Siapa Moms yang pernah merasa galau ketika tahu hamil? You're not alone. Baca cerita ini yuk.

Proses Persalinan Anak Kedua Lebih Cepat, Benarkah?

Kata orang melahirkan anak kedua akan jauh lebih mudah dan lebih cepat dari anak pertama. Benarkah demikian?

Tips Jarak Kehamilan Antara Kakak dan Adik

Berapa jarak kehamilan yang ideal? Setiap orang pasti punya alasannya masing-masing ya. Berikut ini cerita dari Mom Ngel Zhuang.

7 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Persalinan

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil biasanya akan merasakan dag dig dug antara bahagia karena akan segera bertemu dengan sang buah hati dan [...]

Hindari Perkataan Negatif Terhadap Ibu Hamil

Yuk hindari mom-shaming dan bersama-sama memberikan dukungan terhadap para orang tua lainnya. Simak cerita berikut ini ya.

Tips Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Ibu hamil sering mengalami gatal-gatal di kulit karena berbagai hal. Apa pun penyebabnya, berikut ini beberapat tips mengatasi perut gatal saat hamil.

Perbedaan USG 2D, 3D dan 4D

Bagi Moms yang tengah hamil tentunya USG sudah tidak asing lagi, ya. Seiring perkembangan zaman USG untuk memeriksa kondisi janin pun semakin [...]

5 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dideteksi Tanpa Testpack

Apakah Moms mengalami telat haid? Atau merasa eneg mual ingin muntah setiap pagi dan bertanya-tanya jangan-jangan Moms sedang hamil? Jika memang [...]

Couvade Syndrome: Suami Ngidam saat Istri Hamil Ternyata Bukan Mitos

Salah satu hal yang sering dianggap tidak masuk akal adalah suami yang ikut ngidam saat Moms hamil. Di dunia medis, hal ini disebut sebagai [...]

3 Manfaat Jeruk Lemon bagi Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya termasuk vitamin C. Oleh karena itu, jeruk lemon juga baik untuk kesehatan ibu hamil.