Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

My Breastfeeding Journey: Menyusui Dengan Bahagia

FEEDING  |  MY STORY  |  27 Oct '19


Menyusui adalah kodrat wanita setelah hamil dan melahirkan. Satu dari tiga hal yang tak bisa digantikan perannya oleh laki-laki. Satu demi satu proses menjadi ibu telah kulalui bersama putri kecilku, Nada. Banyak hal yang telah kami lewati. Bersyukur sejak dia lahir, Allah sudah memberi kemampuannya untuk menyusu padaku, meski sama sekali tidak ada yang pernah mengajarinya. Aku sampai tak mampu untuk berpikir bagaimana seorang bayi yang baru lahir mampu menyusu tanpa ada pelajaran menyusu sebelumnya.

Sejak menyusui Nada, banyak hal sederhana yang membuatku haru dan bahagia. Mulai dari saat menyusu matanya terpejam hingga akhirnya mata itu bisa menatapku dengan tatapan yang ahh... tak pernah terbayang sebelumnya. Menyusui anak pertama pastinya akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi setiap ibu. Bagaimana tidak? Sebelumnya kami hanya bisa membayangkan dan kini bisa merasakan. Haru pasti. Banyak hal yang wajib aku syukuri dari proses menyusui Nada, putriku, tak butuh waktu lama dia untuk bisa menyusu dengan baik. Bahagianya aku ketika hari pertama melahirkan langsung keluar ASI dan selanjutnya menjadi hari yang semakin membahagiakan karena Nada makin pandai menyusu.

Moms, tak perlu khawatir jika ASI tak langsung keluar, karena sejak lahir bayi masih bisa bertahan hidup meski tidak minum bahkan hingga 3 hari. Tak perlu khawatir juga jika si kecil tak langsung pandai menyusu, dia hanya butuh proses untuk belajar. Bersabar kunci sukses mengASIhi ya Moms.

Di awal menyusui, aku harus berhadapan dengan cobaan puting lecet. Mungkin sebagian Moms juga mengalami. Setelah mencari tahu, sebabnya adalah kondisi puting kering atau tidak lembab, seharusnya dulu sejak hamil puting harus rutin dibersihkan dan diberi minyak zaitun atau baby oil agar tetap terjaga kelembabannya, sehingga tidak kering dan lecet jika sering disusui bayi. Drama puting lecet berangsur membaik setelah aku rutin menggunakan minyak zaitun setiap habis mandi.

Bicara soal ASIP, sebagai ibu yang masih kuliah, aku perlu sedia ASIP untuk Nada. Dulu hanya bisa kagum dengan ibu yang mempunyai stok ASI banyak. Betapa bahagianya aku kini bisa melihat stok ASIP-ku sendiri memenuhi freezer. Namun, tiba-tiba Nada tak mau lagi minum dengan dot. Dot memang tak baik untuk bayi, aku tahu. Tapi tak ada pilihan. Ternyata Nada yang memilih untuk tidak memakai dot sejak saat itu, saat usianya 2 bulan. Sejak dia tak mau dot tiap aku tinggal ke kampus dia minum ASIP dengan sendok, itupun harus penuh perjuangan. Ya, Nada memang lebih suka menyusu langsung dariku.

Sejak Nada tak mau dot, aku memutuskan untuk donor ASIP-ku yang terlanjur banyak di freezer. Alhamdulillah setelah mempertimbangkan banyak hal aku bertemu dengan bayi yang memang sedang membutuhkan ASIP karena ibunya sedang sakit dan tak bisa menyusui bayinya. Betapa bahagianya aku bisa mengajak Nada untuk berbagi dengan Fiona, bayi perempuan yang berusia 1 bulan yang tiap hari tantenya selalu mencari donor ASIP untuk Fiona. Hal itu membuatku tak henti bersyukur atas apa yang kumiliki.

Sejak itu, Nada lebih sering menyusu langsung denganku, kebetulan aku tinggal menyelesaikan tugas akhir kuliahku. Jadi setelah ini aku bisa fokus dengan Nada. Kalau mengingat perjuangan mengASIhi Nada, rasanya pait manis sudah kami rasakan berdua.

Alhamdulillah sampai kami berhasil menjalani ASI eksklusif 6 bulan. Sekarang dia lebih sering jail kalau sedang menyusu. Entah menarik-narik rambutku, menepuk-nepuk badanku, menendang-nendang perutku, ada-ada saja tingkahnya yang membuatku tersenyum. Aku yakin semua ibu merasakan hal yang aku rasakan ini juga. Betapa bahagianya proses menyusui. Meski banyak kekhawatiran dan hal yang harus diperjuangkan.

Khawatir, kira-kira setelah melahirkan bisa keluar ASI tidak? Kekhawatiran apakah bisa memberi ASI eksklusif? Apakah bisa mengASIhi sampai 2 tahun? Berbagai usaha pun tetap harus dilakukan untuk menjadi ibu bahagia agar ASI tetap lancar. Begitu banyak lika liku menyusui. Tidak perlu saling merasa kurang atau iri dengan yang kelihatannya memiliki ASI banyak. Karena sesungguhnya rejeki anak kita sudah dijamin oleh-Nya lewat ASI yang cukup. Karena "banyak" belum tentu "cukup". Tapi "cukup" pasti "tidak kurang". Semangat mengASIhi hingga 2 tahun Moms. Semoga ASI kita menjadi investasi terbaik untuk anak kita nantinya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

427 Meidisya Isnaini

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

ASI Booster Alami Sahabat New Moms

Kebutuhan ASI untuk si kecil terutama newborn hingga usia 6 bulan memang sangat krusial ya Moms.

Akibat Malas Pumping ASI menjadi DROP!

Sebagai working mom, tentunya selalu punya keinginan untuk selalu mengasihi anak kita.

Tips Mengosongkan ASI dari Payudara

Moms, aku akan share cara untuk ngosongin ASI dari payudaraku, dan aku rinciin dari day 1 aku menyapih ya Moms.

Breastfeeding Story: Persiapanku untuk Tetap Bekerja dan Menyusui

Sebagai working Mom, menyusui jadi lebih "menantang" waktu cuti sudah habis & harus meninggalkan Syeron untuk bekerja.

Benarkah Menstruasi Memengaruhi ASI? Bagaimana jika ASI Drop?

Saat selesai masa nifas selama 2 bulan, tidak lama kemudian saya kembali mengalami menstruasi bulanan.

Masalah Menyusui yang Kualami

Ada kalanya rasa nyaman saat menyusui berubah menjadi momen yang menyakitkan dan tidak nyaman.

Lulus ASI Eksklusif 6 Bulan

Lulus ASI eksklusif 6 bulan ternyata gak semudah yang saya bayangkan apalagi saya working mom

Bunda Pejuang ASIP

Moms yang baru saja melahirkan pasti banyak yang merasakan dilema menyusui anaknya

Why Breastfeeding?

Menyusui merupakan momen indah dan menyenangkan bagi Moms yang baru saja melahirkan si Kecil.

Bayi Baru Lahir Belum Tentu Langsung Pintar Menyusu Loh Moms!

Dari pengalaman saya, banyak hal yang sebaiknya bumil ketahui lebih dalam seperti tentang menyusui

Botol Kaca, Solusi ASI Tersumbat

Penyumbatan ASI atau clogged duct pada ibu menyusui wajar terjadi. Bagaimana mengatasinya?

ASI Seret, Perlukah ASI Booster?

Kegalauan ibu yang masih dalam masa mengASIhi itu ketika ASI tidak lagi deras

Nursery Room: Edisi Jogjakarta

Kali ini nursery room yang akan direview berada di Jogjakarta. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Perjalananku MengASIhi si Kecil

Ini hanya tulisan biasa untuk sharing pengalaman karena saya tidak ingin Moms lain mengalami apa yang saya alami.

Seperti Apa Nursing Room di AEON Mall Serpong?

Bagi Moms yang kerap ke mall atau public space dengan bayi dan balita, tentu sudah tidak asing lagi dengan nursing room.

Pengalaman Menyusui: Permasalahan dan Solusi

Moms yang sedang menyusui pasti memiliki pengalaman masing-masing selama proses menyusui.

Bikin ASI Booster Sendiri Yuk!

Kali ini aku ingin berbagi beberapa resep ASI booster ala rumahan yang saya dapat dari seorang dokter

Event with Babyologist and Lactaboost

Aku berkesempatan hadir di acara Babyo & Lactaboost untuk membahas "BREASTFEEDING LANCAR TANPA HAMBATAN"

Pompa ASI Elektrik, Pilihan Tepat Bagi Working Moms

Sejak hamil, aku sudah antusias akan datangnya anak kami. Persiapan melahirkan dirancang sedemikian rupa.

Informasi Penting Seputar Pemberian ASI

Rekomendasi dari WHO untuk bayi 0-6 bulan itu hanya diberikan ASI SAJA secara eksklusif.