Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Musim Hujan Tiba? Siapkan Obat Demam untuk Si Kecil, Yuk!

MY STORY  |  REVIEWS  |  12 Oct '22


Cuaca yang tidak menentu kadang hujan kadang panas menjadi tanda bahwa kita sedang memasuki peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Di saat-saat seperti ini, kondisi badan yang tidak fit akan menyebabkan seseorang mudah sekali terjangkit penyakit.

Padahal, anak-anak belum memiliki kekebalan tubuh yang sempurna seperti orang dewasa. Tidak dalam musim pancaroba atau musim penghujan sekali pun, ancaman sakit terutama demam pada anak masih bisa datang kapan saja.

Itulah sebabnya, penting bagi Moms untuk menyiapkan obat demam anak yang ampuh di kotak P3K rumah. Sebelum memilih obat, Moms perlu mengetahui kriteria obat penurun panas anak supaya obat tersebut benar-benar manjur mengatasi sakit demam si Kecil.

Baca Juga: Obat Panas Dalam untuk Busui

Kriteria obat demam terbaik

Efek samping ringan

Obat yang dapat membantu menurunkan demam adalah yang mengandung ibuprofen atau paracetamol. Dari kedua komposisi tersebut, paracetamol lebih aman untuk lambung serta memiliki efek samping yang lebih rendah bagi anak-anak. Sebelum memberikan obat paracetamol kepada si Kecil, terlebih dahulu baca aturan pakainya, ya.

Mudah untuk dikonsumsi anak-anak

Obat bebas dapat berupa tablet, kapsul, puyer, dan sirup. Untuk anak-anak, obat berbentuk sirup menjadi pilihan terfavorit karena mudah dikonsumsi. Sebab, obat dalam bentuk lain tidak hanya pahit tetapi juga memiliki kemasan atau bentuk yang terlalu besar. Dalam memilih obat sirup pun, jangan memilih yang baunya menyengat karena akan membuat si Kecil meminumnya. Obat tablet jadi pilihan kedua apabila rasanya enak tidak pahit.

Rasa yang disukai anak-anak

Senada dengan kriteria di atas, salah satu cara agar si Kecil mau minum obat penurun panas adalah memilihkan obat dengan rasa yang disukainya. Rasa buah-buahan menjadi pilihan tepat karena manis dan alami. Saat ini, obat demam dengan rasa jeruk, stroberi, ceri, anggur, dll. laris di pasaran karena membuat pengalaman minum obat si Kecil lebih menyenangkan.

Testimoni mendukung

Testimoni alias review dari orang yang mengonsumsi obat sangat penting bagi pengambilan keputusan Moms. Karena itu, pilihlah obat demam yang sudah terpercaya turun-temurun digunakan di keluarga besar atau orang-orang di sekitar Moms. Moms juga dapat melihat review di internet untuk menentukan mana merk obat demam terbaik.

Cara memberikan obat demam yang benar

·         Si Kecil sedang demam lebih dari 38 derajat Celcius

·         Komposisi aman untuk anak yaitu paracetamol atau ibuprofen

·         Dosis sesuai dengan anjuran dokter atau yang tertulis di kemasan

·         Frekuensi pemberian obat benar yaitu tiap 6 jam atau sesuai anjuran dokter

·         Pemberian obat sesuai jenisnya yaitu obat mulut diberikan lewat mulut dsb.

Rekomendasi obat demam batuk pilek anak

Sanmol Paracetamol Sirop 200g

Kisaran harga: Rp19.500

Sanmol dapat menurunkan demam, meringankan rasa sakit pada sakit gigi dan sakit kepala anak-anak. Pereda nyeri ini mengandung parasetamol yang bekerja sebagai analgesik, bekerja dengan meningkatkan ambang rasa sakit. Selain itu, Sanmol juga bekerja sebagai antipiretik, diduga bekerja langsung pada pusat pengatur panas di hipotalamus. Komposisinya yaitu tiap 5ml mengandung parasetamol 120 mg.

Tempra Drop 15ml

Kisaran harga: Rp49.500,00

Obat tetes oral mengandung paracetamol ini meredakan sakit dan nyeri ringan seperti sakit kepala, sakit gigi, dan demam yang menyertai flu. Tidak hanya itu, Tempra juga dapat diberikan pada si Kecil yang mengalami demam sebagai efek samping imunisasi. Tiap 0,8ml Tempra Drop mengandung 80g Paracetamol.

Untuk aturan penggunaannya, dibagi berdasarkan usia si Kecil. Tempra Drop ini untuk anak usia 0-2 tahun. Usia di bawah 3 bulan harus sesuai anjuran dokter. Usia 3 s.d. 9 bulan: 0,8ml. Usia 10-24 bulan: 1,2 ml. Obat ini dapat dikonsumsi hingga 5 kali sehari dengan interval 4 jam dan tidak melebihi 5 kali dalam 24 jam.

Apetic Drop 15ml

Kisaran harga: Rp29.500,00

Apetic Drops merupakan obat tetes oral yang dapat menurunkan suhu tubuh anak usia 0-2 tahun. Obat ini juga dapat berfungsi sebagai analgesik yaitu meredakan rasa sakit dan nyeri ringan termasuk sakit kepala dan sakit gigi. Tiap ml Apetic Drops mengandung Paracetamol micronized 100mg. Dosisnya dapat digunakan 3 hingga 4 kali sehari dengan takaran 0,6ml untuk usia di bawah 1 tahun, takaran 0,6ml-1,2ml untuk usia 1 hingga 2 tahun.

Hexabumin 130ml

Kisaran harga: Rp74.000

Mencari obat demam anak alami untuk si Kecil? Hexabumin dapat menjadi pilihan Moms. Produk herbal ini diramu khusus untuk anak-anak. Khasiatnya banyak sekali yaitu:

·         Membantu tumbuh kembang anak

·         Memperbaiki gizi buruk

·         Menambah nafsu makan dan berat badan

·         Mendampingi obat flek/TBC

·         Membantu terapi anak penderita autis

·         Mempercepat penyembuhan penyakit pada anak termasuk demam tinggi, batuk, pilek, sariawan, radang, amandel, cacingan, sembelit, dll.

Adapun komposisi Hexabumin adalah madu asli, ekstrak ikan gabus, ekstrak temulawak, pegagan, yang mengandung albumin. Sistem pengolahan menggunakan nano technology sehingga kualitasnya terjamin. Sudah terdaftar Badan POM sebagai obat tradisional.

Termorex Syrup 60ml

Kisaran harga: Rp15.500,00

Termorex sudah terkenal sebagai obat penurun demam untuk anak. Komposisinya tiap 5ml sirup rasa jeruk ini mengandung paracetamol 160mg. Obat penurun panas tanpa kandungan alkohol ini juga digunakan untuk meringankan rasa sakit seperti sakit kepala dan sakit gigi. Dapat digunakan untuk anak usia 0 hingga 12 tahun dengan dosis 3-4 kali dan tidak lebih dari 5 kali sehari.

Praxion Forte 200g

Kisaran harga: Rp29.925,00

Obat sakit kepala dan demam merek Praxion ini mengandung Paracetamol Micronized. Teknologi Micronized dalam obat rasa jeruk ini disebut-sebut lebih cepat dalam menurunkan panas anak.

Pamol sirup 60ml

Kisaran harga: Rp23.000,00

Pamol sirup dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala, sakit gigi, dan demam. Tiap 5ml sirup Pamol mengandung 120mg Paracetamol. Obat penurun demam produksi Interbat ini bisa digunakan untuk anak usia 0-12 tahun dengan pemberian dosis 3-4 kali perhari dan tidak lebih dari 5 kali sehari.

Panadol Anak 120mg 10 Chewable Tablet

Kisaran harga: Rp14.400,00

Jika Moms ingin mengenalkan si Kecil pada tablet, Moms bisa memberikan obat dengan bentuk obat kunyah seperti Panadol Anak Chewable Tablet. Aturan pakainya adalah obat ini dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Si Kecil bisa langsung mengunyahnya. Atau apabila tidak mau langsung dikunyah, bisa dicampur dengan air atau sari buah. Obat ini cocok untuk anak usia 2-12 tahun, dengan dosis 3-4 kali sehari 1-2 tablet untuk anak usia 2-5 tahun, dan 3-4 kali sehari 2-4 tablet untuk anak usia 6-12 tahun. Maksimum interval penggunaan dosis adalah 4 jam dan tidak lebih dari 4 kali makan dalam 24 jam.

Baca Juga: Obat Demam Tradisional yang Aman untuk Ibu Menyusui

Selalu konsultasikan kepada dokter tentang kondisi si Kecil apabila Moms merasa perlu penanganan dokter, atau ketika kondisi si Kecil tidak turun demamnya setelah 3 hari. Obat demam rekomendasi dokter adalah yang terbaik untuk si Kecil.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

809 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Bingung Cari Kado Anak Umur 5 Tahun? Cek Inspirasinya di Sini!

Selain memilih kado yang edukatif, Moms juga perlu memilih kado yang sesuai dengan hobi si Kecil. Barang-barang yang mendukung hobinya akan [...]

5 Tempat Makan Ramah Anak di Jakarta, Ada Playground-nya, Loh!

Untuk mengantisipasi si Kecil merasa nggak nyaman saat dibawa makan outdoor, yuk, cek rekomendasi tempat makan ramah anak di Jakarta!

Mainan Edukatif Pengganti Gadget untuk Stimulasi Si Kecil

Agar mainan yang Moms pilih dapat memberikan manfaat optimal bagi tumbuh kembang anak, perhatikan rekomendasi usia anak dan kemampuannya.

Daftar Popok Bayi Berdaya Serap Tinggi, Cocok untuk Traveling

Popok merupakan perlengkapan utama bayi yang harus disiapkan saat travelling. Ketika melakukan perjalanan, tentu Moms ingin agar pantat si Kecil [...]

Ajak Si Kecil Liburan ke Pantai? Jangan Lupa Sunscreen-nya, Ya, Moms!

Jika Moms merencanakan untuk liburan ke pantai pada akhir tahun ini, jangan lupa untuk membawa sunscreen khusus anak di tas perlengkapan si Kecil!

Tempat Wisata “Me Time” yang Cocok Buat Moms Healing

Moms butuh rekomendasi tempat healing? Daftar berikut bisa Moms jadikan pertimbangan:

Daftar Bodycare Travel Size Buat Temani Moms Liburan

Biar saat liburan tidak terlalu repot, disarankan untuk membawa bodycare ukuran kecil atau yang biasa disebut travel size. Yuk, kita cari tahu [...]

Liburan Akhir Tahun 2022 Agendakan Jalan-Jalan? Ini Daftar Stroller Bagus Fitur Banyak

Memilih stroller jangan asal murah dan ringan, ya, Moms. Cek dulu keunggulan masing-masing produk agar tidak salah beli.

Butuh Ide Fresh Liburan Akhir Tahun Bareng Si Kecil? Cek di Sini!

Akhir tahun 2022 sudah di depan mata. Apakah Moms & Dads masih galau mau menghabiskan penghujung tahun ini ke mana? Yuk, simak daftar tempat [...]

Daftar Buku Parenting Terbaik Perluas Wawasan Moms Asuh Si Kecil

Tambah wawasan ilmu parenting dengan membaca-baca buku rekomendasi parenting Minbyo berikut, ya, Moms! Save & Share ke Paksu juga boleh banget, loh!

Liburan Akhir Tahun di Depan Mata, Intip Daftar Baju Couple Keluarga Kekinian

Sedang ingin menambah koleksi baju couple keluarga? Yuk, intip rekomendasi model baju couple keluarga kekinian berikut ini!

Daftar Susu Formula yang Rasanya Mirip ASI, Ada Favorit Moms?

Sufor yang rasanya mirip ASI juga biasanya memiliki kandungan yang mendekati ASI. Hal ini tentu sangat membantu kecukupan gizi si Kecil.

Susu Balita Penambah Berat Badan Balita 1-3 Tahun, Yang Mana Favorit Moms?

usu balita paling bagus tidak hanya menambah berat badan dan melengkapi nutrisi yang tidak bisa didapatkan dari makanan, tetapi juga menambah [...]

Daftar Gamis Couple Ibu dan Anak Terbaru 2022, Layak CO Nggak Nih?

Sedang mencari gamis couple untuk Moms & si Kecil, yuk, kita lihat beberapa gamis couple rekomendasi Babyo berikut!

Daftar 5 Asam Folat yang Bagus untuk Ibu Hamil

Mengingat sangat pentingnya asam folat bagi kehamilan, yuk, Moms, penuhi kebutuhan asam folat dengan minum suplemen!

Rekomendasi Babyo: Tablet Tambah Darah bagi Ibu Hamil

Salah satu cara mencegah anemia gizi besi adalah dengan mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD). Yuk, penuhi kebutuhan gizi Moms!

Rekomendasi Babyo: Susu Ibu Hamil Trimester 1 Terbaik

Buat para Moms yang sedang berbahagia karena program hamilnya sukses, jangan lupa ya untuk selalu memerhatikan kesehatan diri sendiri. Tentunya, [...]

Rekomendasi Babyo: Skincare Buat Moms Glowing

Ga semua skincare menguras kantong, Moms. Ada banyak pilihan skincare lokal dengan kualitas bagus, sesuai dengan jenis kulit dan iklim tropis, [...]

Rekomendasi Babyo: Snack Cocok buat Healing Moms!

Kata siapa Ibu-ibu ga boleh ngemil? Makan makanan ringan terbukti jadi salah satu trik ampuh buat healing bagi beberapa Moms.

Si Kecil Kembung dan Masuk Angin? Ini Rekomendasinya!

Minyak telon dapat memberikan kehangatan tambahan terutama di bagian perut dan punggung. Setelah membalurkan minyak telon ke badan si Kecil, [...]