Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Murid SD Korban Kecelakaan Maut Hari Ini di Bekasi, Ini 15 Aturan Keselamatan Jalan yang Si Kecil Harus Tahu

MY STORY  |  31 Aug '22


Kecelakaan maut yang terjadi di depan SDN Kota Baru II dan III Kelurahan Kota Baru Bekasi pada Rabu (31/8/2022) sekitar pukul 10:05 WIB melibatkan 30 korban, 10 orang di antaranya meninggal dunia. Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latief Usman, mengatakan bahwa 7 orang di antaranya adalah anak sekolah.

Kecelakaan maut hari ini 2022 tersebut melibatkan 1 unit truk kontainer, 1 unit mobil pikap, dan 2 unit sepeda motor. Penyebab kecelakaan diduga adalah truk kontainer mengalami rem blong kemudian menabrak tiang beton, beberapa kendaraan di depan truk tersebut, dan orang-orang yang kebetulan sedang berada di halte depan SD.
Meski kecelakaan tidak dapat diprediksi, namun sedari dini penting bagi orang tua untuk memberikan bekal tentang aturan berlalu lintas untuk menjaga keselamatan diri si Kecil selama berada di luar rumah. Mengajarkan kewaspadaan yang lebih pada si Kecil sangat penting, untuk menghindari dari bahaya kecelakaan di jalan raya.  

Pentingnya mengajarkan patuh aturan lalu lintas pada anak

Ketika di rumah, Moms & Dads bisa selalu memantau si Kecil dan memastikan keselamatannya. Tidak demikian halnya ketika berada di luar. Penting bagi prang tua untuk menanamkan perilaku tertib lalu lintas pada si Kecil serta memberitahu bahaya lalai terhadap peraturan lalu lintas. Jangan sampai si Kecil sembrono di jalan karena akibatnya bisa sangat fatal bagi keselamatannya. Tertib lalu lintas adalah prinsip yang penting dilakukan terus-menerus sehingga Moms & Dads perlu memberi teladan dan pengetahuan seputar road safety kepada si Kecil.

Road safety rules yang perlu si Kecil tahu

Ingatkan untuk menyeberang jalan setelah melihat kedua arah

Gerakan anak-anak yang tak terduga saja sudah cukup untuk membuat Moms & Dads khawatir, yah... Anak-anak yang masih kecil memang tidak boleh menyeberang jalan tanpa pengawasan orang dewasa. Akan tetapi, seiring waktu, si Kecil pun perlu menyeberang jalan sendiri. Jadi, pastikan si Kecil memahami pentingnya berhenti dan melihat ke dua arah sebelum menyeberang. Ingatkan untuk tidak terburu-buru apalagi mengambil risiko menyeberang saat ada kendaraan yang mendekat. Contohkan cara menyeberang yang baik setiap kali ada kesempatan sehingga si Kecil lama kelamaan terampil menyeberang sendiri.

Ajarkan arti rambu keselamatan jalan

Ajarkan si Kecil arti rambu-rambu keselamatan jalan, baik dengan media buku maupun saat Moms & Dads mengemudi. Ajarkan arti rambu pejalan kaki, arti warna lampu lalu lintas, dan tanda-tanda umum jalan lainnya. Si Kecil harus mampu menginterpretasikan rambu-rambu jalan yang sering ditemui. Ini akan menjadi pondasi pemahaman terhadap aturan keselamatan lalu lintas yang lebih kompleks.

Ingatkan untuk selalu berkonsentrasi di jalan

Anak-anak kadang sulit berkonsentrasi karena terhanyut dalam pikiran mereka. Hal ini membahayakan karena mereka tidak memperhatikan lingkungan sekitar. Maka, ajarilah si Kecil untuk menggunakan panca indra sehingga tanggap suasana sekitar. Misalnya, ketika mendengar klakson mobil dan suara mesin kendaraan, serta melihat kendaraan mendekat, jangan menyeberang dulu.
Berikan pemahaman yang tegas bahwa si Kecil tidak boleh menggunakan gadget saat berjalan di jalan. Main game, nonton video, browsing, membalas chat, atau menerima telepon dapat mengalihkan perhatian. Larang pula si Kecil untuk mendengarkan musik karena mengganggu pendengaran yang membikin anak tidak awas lingkungan.

Larang si Kecil berlarian di jalanan

Jalanan bukanlah tempat bermain atau wisata. Si Kecil yang masih muda mungkin belum paham betul perbedaannya. Peringatkan si Kecil untuk tidak berlari ketika berada di dekat jalan raya atau sedang menyeberang. Tidak hanya mengurangi risiko kecelakaan, tidak berlarian di jalan mengurangi risiko sakit dan luka-luka karena terjatuh. Moms mungkin perlu mendemonstrasikan beberapa contoh insiden seperti pura-pura terjatuh agar si Kecil yang tidak sabar dan mengabaikan instruksi mengetahuu akibat bercanda di jalan.

Jalan kaki di trotoar

Beri tahu si Kecil untuk tidak berkeliaran di jalan. Meski jalanan sedang kosong, tetaplah berjalan di trotoar bukan di jalan raya karena orang tua harus menyampaikan pesan secara konsisten.

Menyeberanglah di zebra cross

Anak-anak dan orang dewasa tidak boleh menyeberang jalan secara sembarangan. Sudah ada persimpangan dan zebra cross yang dapat digunakan pejalan kaki untuk dapat menyeberang jalan. Kecelakaan sering kali terjadi ketika pejalan kaki gagal mengukur kecepatan kendaraan yang melaju atau tidak menyadarinya sedang berada di titik buta. Di daerah yang tidak ada zebra cross, selalu ingatkan si Kecil untuk berhenti, lihat ke dua arah, pastikan aman, baru menyeberang.

Hindari blind spots

Ajarkanlah kepada si Kecil untuk tidak menyeberang di tikungan atau di antara mobil yang diparkir. Di tikungan, kendaraan kadang tidak membunyikan klakson sehingga pejalan kaki tidak menyadari adanya kendaraan yang melaju. Adanya halangan di jalan entah itu karena mobil parkir atau bangunan membuat si Kecil tidak dapat melihat secara penuh keadaan sekitar yang dapat menimbulkan risiko.

Ajarkan aturan bersepeda

Memakai helm berkualitas tinggi dapat mengurangi risiko cedera kepala hingga 70%. Rawat juga sepeda sehingga saat dipakai bannya tidak kempes dan remnya berfungsi dengan baik. Pasang lampu sepeda untuk tambahan keamanan. Hanya perbolehkan si Kecil mengendarai sepeda di zona aman yang lalu lintasnya minimal. Ajarkan si Kecil menggunakan jalur sepeda (jalur lambat) sebisa mungkin atau tetap berada di paling kiri jalan. Jangan bersepeda ketika jalanan basah dan licin.

Tetapkan peraturan di dalam mobil

Si Kecil mungkin gelisah dan sering bergerak di dalam mobil. Perilaku ini dapat menyebabkan si Kecil cedera. Untuk mengurangi risiko cedera dan hal lain yang tidak diinginkan, tegakkan aturan berikut:
  • Pakai sabuk pengaman, harus dibiasakan sejak dini supaya terbawa sampai dewasa nanti
  • Tidak menempelkan anggota tubuh apa pun di luar mobil yang bergerak, apalagi menjulurkan bagian tubuh dari jendela mobil

Ikuti tips keamanan di dalam bus

Si Kecil yang naik bus sekolah lebih sulit untuk dipantau. Ukuran bus yang besar juga dapat membuat si Kecil ingin jalan-jalan dan jatuh. Jadi, beri tahu si Kecil untuk:
  • Tidak berdiri di dekat pintu bus yang bergerak, untuk meminimalkan risiko jatuh saat bus berhenti atau bergoyang tiba-tiba, atau jika pintunya tidak berfungsi
  • Tidak berjalan-jalan di lorong bus yang bergerak, karena jika bus mengerem mendadak si Kecil bisa kehilangan keseimbangan dan jatuh

Tetap waspada meski berada di lingkungan yang familiar

Keselamatan lalu lintas tidak hanya berhenti di jalan raya saja. Jalan masuk, garasi, tempat parkir mobil tetangga sering dipakai si Kecil beraktivitas juga, loh. Si Kecil yang sedang bermain dengan hewan peliharaannya bisa jadi tidak menyadari ada mobil yang mundur di dekatnya. Inilah sebabnya penting untuk mengajarkan si Kecil tidak boleh lengah bahkan saat bermain.

Hati-hati ketika turun dari mobil

Kecelakaan dan jatuh bisa terjadi saat si Kecil turun dari mobil. Ini ada kaitannya dengan titik buta seperti yang dijelaskan di atas. Pintu yang menghalangi dan ketinggian jendela dapat menyebabkan si Kecil tidak melihat kendaraan yang mendekat. Oleh karena itu, selalu turun dari arah sisi kiri atau jauh dari lalu lintas.

Kenakan baju yang mencolok saat keluar di malam hari

Jika si Kecil bersepeda di sore hari menjelang malam, maka tidak hanya perlengkapan keselamatan harus tepat tetapi juga pakaian yang dikenakan mudah dikenali. Pakaian warna reflektif atau nuansa cerah lebih baik daripada warna gelap.

Jangan tinggalkan si Kecil di mobil sendirian

Selain itu, si Kecil juga tidak boleh pergi ke mobil sendirian. Anak-anak bisa menjadi sangat gelisah dan penasaran sehingga menjelajah mobil seenaknya. Si Kecil juga dapat mengunci dirinya secara tidak sengaja atau menderita sengatan panas dari suhu mobil yang terlalu panas.

Ajarkan si Kecil untuk melatih kesabarannya

Adalah wajar ketika si Kecil sangat excited untuk bertemu teman atau mengunjungi tempat wisata. Namun, terburu-buru masuk ke dalam kendaraan atau ketika di jalan bisa membahayakan. Jadi, ajari si Kecil untuk bersabar dan menunggu giliran saat naik dan turun dari kendaraan, serta ketika berjalan di jalanan.
Ucapan bela sungkawa dan duka mendalam atas meninggalnya korban kecelakaan maut Bekasi terus mengalir. Pastikan si Kecil Moms & Dads bekali dengan pengetahuan seputar jalan raya untuk meminimalkan risiko yang dapat muncul di jalan raya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

353 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Dampak Perselingkuhan Terhadap Kondisi Emosional Anak

Tak hanya berdampak negatif pada pasangan, hadirnya orang ketiga dalam sebuah pernikahan juga sangat mempengaruhi kondisi emosional anak.

Ngerasa PakSu Kurang Turut Andil dalam Mengasuh si Kecil? Ternyata Ini Sebabnya

Pernah ngerasa begini, gak, Moms? Apakah karena PakSu bekerja jadi secapek itu sampai nggak mau ngurus anak?

Pentingnya Dukungan Kerabat Terdekat untuk Moms yang Keguguran

Keguguran saat bayi masih dalam kandungan atau selama proses persalinan dapat membuat orang tua, terutama Ibu, merasa amat sangat kesepian. [...]

10 Hal Yang Bisa Dilakukan Keluarga untuk Dukung Postpartum Moms

Sebagai keluarga, Anda dapat mendukung secara emosional seorang Ibu melalui hal-hal berikut:

5 Mainan Penghilang Stres Bantu Si Kecil Kendalikan Emosi

Sama seperti orang dewasa, anak-anak dapat dibimbing untuk menemukan cara mengelola stres dengan sehat. Salah satunya, dengan menyalurkan energi [...]

Si Kecil Alami Pubertas Dini, Berbahayakah?

Pubertas dini ataupun terlambat merupakan hal yang tidak perlu membuat Moms panik atau khawatir. Tak semua perubahan tubuh yang terjadi lebih [...]

Tips Memilih Hotel untuk Anak

Satu hal yang perlu diperhatikan saat merancang Staycation adalah memilih hotel yang tepat. Hotel tersebut harus dapat mengakomodasi kebutuhan [...]

Daftar Baby Carrier Terbaik untuk Temani JJS Akhir Tahun

Baby carrier apa yang bagus? Yuk, kita simak beberapa rekomendasi Minbyo berikut ini!

Tips Staycation Bersama Toddler

Supaya liburan bersama toddler semakin nyaman saat staycation, yuk, simak beberapa tips berikut!

Selamat Hari Ibu 2022, Babyo Moms!

Sebagai seorang Ibu, tentunya Moms juga ingin tahu asal muasal mengapa ada Hari Ibu, siapa pemrakarsanya di Indonesia, dan lain sebagainya. Yuk, [...]

Tips Agar Si Kecil Tidak Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan adalah salah satu jenis motion sickness. Kondisi ini terjadi karena otak menerima informasi yang bertentangan dari telinga [...]

Babyo Awards 2022 Hadir Lagi, Siapa Saja Nominee-nya?

Tentang Babyo Awards 2022 Babyologist kembali mempersembahkan Babyo Awards 2022, sebuah ajang apresiasi kepada Moms yang selalu berkenan [...]

Daftar Diaper Bag untuk Travelling yang Praktis dan Stylish Buat Moms

Yuk, simak daftar rekomendasi diaper bag yang bagus dari Babyologist berikut ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi barang yang hendak Moms check [...]

Akhir Tahun di Rumah Aja? Agendakan Nonton Bareng Film Anak Berikut!

Moms tetap harus pintar-pintar memilah milih judul film yang cocok dengan usia si Kecil. Jangan sampai film yang Moms pilih terlalu rumit untuk [...]

Daftar Film Drakor Buat Tontonan Akhir Tahun Moms

Bingung memilih mau nonton Drakor yang mana dulu? Cek rekomendasi Minbyo di bawah ini!

10 Tips Memertahankan Kedamaian dan Keharmonisan Keluarga

Kedamaian dan keharmonisan merupakan dua nilai yang membuat ikatan keluarga kuat dan ideal. Karena dengan begitu, kesejahteraan anggota keluarga [...]

5 Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Media

Supaya si Kecil tidak kecanduan media karena kemudahan aksesnya melalui gadget, terapkan beberapa tips berikut Moms!

Tips Liburan Anti Ngambek A La Minbyo Babyologist

Sebelum masuk ke Tips Liburan Anti Ngambek Ala Babyo, Moms perlu tahu nihm sebenarnya, apa sih yang bikin si Kecil rewel saat liburan?

Siapkan si Kecil Hadapi Tantangan di Masa Kini

Bagaimana tips supaya si Kecil bisa mandiri dalam mengatasi tantangan dan masalah di masa kini?

Si Kecil Sering Begadang, Wajarkah?

Apa dampak si Kecil yang begadang untuk tumbuh kembangnya?