Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

MPASI Dini Anakku: Antara Ilmu Dan Pengalaman Orangtua

BABY  |  FEEDING  |  MY STORY  |  12 Nov '19


Hai moms, saya ingin berbagi kisah terburuk sepanjang karirku menjadi seorang ibu. Ini adalah saat dimana saya harus berjuang untuk menahan emosi saya, juga dilema antara berjuang untuk anak saya dan menghormati orang tua saya. Dalam sekali luka hati ini, ketika teringat masa masa itu. Saya tidak bermaksud menjelekkan pihak manapun atau mengumbar aib keluarga. Saya hanya mau berbagi pengalaman yang semoga bermanfaat untuk siapapun dan semoga menjadi penguat mama dimanapun yang sedang berjuang seperti saya.

Langsung saja ya moms, saya sejak awal melahirkan memang tinggal dengan orang tua, saya tidak mau tinggal dengan mertua karena mertua hidup bersama kakak ipar. Saya tidak mau menanggung resiko dikemudian hari jika harus serumah dengan kakak ipar. Tapi ternyata tinggal dengan orang tua sendiri pun banyak ketidak cocokan.

Seperti yang saya alami ketika anak saya menginjak usia 3 bulan. Anak saya tiba tiba sering menangis dan susah untuk ditenangkan, segala cara sudah dicoba dan akhirnya ibuku menyuruh untuk memberikan bubur instan untuk anakku. Awal nya saya ragu karena saya yakin anakku sudah cukup dengan ASI saja. Saya pun memberi tau ibuku bahwa bayi menangis itu hal yang wajar karena masa adaptasi setelah 9 bulan didalam rahim. Ibuku menolak fakta itu dan tetap bersikeras untuk memberi bubur instan untuk anakku.

Daaan ternyata berhasil, sejak saat itu anak ku lebih anteng dan tidak mudah rewel. Ibuku boleh bangga dong, hal itu juga didukung oleh ayahku. Entah kenapa orang tuaku selalu kompak dalam berpendapat. Sejak saat itu orang tuaku menyuruh ku memberi makan anakku setiap hari dan dalam porsi kecil.

Setiap saya beri pengertian, ayah selalu bilang, "dasar ibu tidak peka, anak lapar tidak dikasih makan mentang mentang bayi belum bisa ngomong." Haduh jleb banget kata katanya, saya hanya menahan sabar saya tau saya tidak boleh lemah menghadapi ini. Saya hanya bertanya dalam hati "saya kuat, ASI saya mencukupi, ASI saya lancar, kalau bayi masih lapar terus manfaat ASI apa?".

Ibuku juga bilang kalau dulu aku di beri MPASI ketika umur 3 bulan. Dan dengan bangganya ibu bilang nyatanya saya sehat sampai sekarang dan tidak mudah sakit, lain dengan adik saya yang sampai umur 2 tahun baru makan malah ringkih. Saya juga sering disebut belum dewasa, mudah percaya dengan omongan orang, tidak mau mencontoh ibu yang lebih pengalaman, ngeyelan dan masih banyak kata kasar lainnya. Saya tetap mencoba menjaga rasa hormat saya, walaupun kadang saya tidak kontrol emosi dan berdebat. Setelah itu saya hanya menangis.

Alhamdulillah, suami bijaksana. Dia menyerahkan masalah ini kepada saya, karena dia tau saya mampu. Suami tidak memaksakan kehendak nya yang pro ASI sampai 6 bulan.
Jalan yang saya pilih, oke saya menuruti kehendak orang tua untuk MPASI DINI. Tapi tidak setiap hari cukup ketika anak nangis dan susah ditenangkan baru saya kasih makan. Anak saya tumbuh sehat dan gemuk, banyak yang memuji badan anak saya.

Hingga puncaknya, saat anak saya umur 4 bulan, anakku mulai sering makan. Sehari sekali dan kadang ibuku yang memberi bubur untuk anakku. Saya tetap tidak menyerah untuk memberi pengertian walaupun berujung debat atau saya yang menangis. Semua alasan dan ilmu yang saya miliki sudah ku ungkapan walaupun sia sia.

Anakku akhirnya sering gumoh dan kadang juga muntah. Saya mulai curiga kalau ini efek pemberian makan, mungkin kekenyangan karena anakku masih kuat menyusu. Aku beri pengertian ibuku kalau ini efek MPASI DINI, Karena setiap habis makan pun anakku minta nen. Ibuku tetap menolak alasan ku, sampai akhir nya aku bilang ke ibu anakku sering muntah karena MPASI DINI sambil menangis, anakku aku gendong dan ibuku marah besar. Saya didiamkan dan keesokan harinya ibuku pergi ke rumah nenekku sampai sore untuk memenangkan hatinya.

Sampai rumah, saya beri pengertian lagi dan ibuku marah lagi. Akhirnya malam hari aku coba mencairkan suasana dengan mengirim pesan WA ke ibu, aku coba jelaskan panjang lebar dan diselingi kata kata bercanda. Ibuku masih marah dan memaki maki. Dan sampai dibuat story WA..

Oke akhirnya aku tantang, aku ajak ibuku ke DSA. beliau setuju asal itu pilihannya (DSA rekomendasi saudara yang katanya pro mpasi dini). Oke saya bilang semua dokter pro MPASI DINI tetapi semua itu harus ada syaratnya. Saya tau hal ini pasti terjadi karena saya bukan dokternya, saya dianggap kurang ilmu/pengalaman dibandingkan orang lain. Kemudian saya konsultasi DSA lewat aplikasi malam itu juga.

Setiap percakapan saya screenshot saya kirimkan ke ibu saya, awal saya masih dimaki. Beliau juga benci dengan kata kata jika MPASI DINI berbahaya. Saya tanya "Ibu pengen tanya apa, ini mumpung lagi chat sama dokter". Beliau tidak tanya apapun cuma bilang yang penting anak saya tidak rewel (hadeehh segitu nya yahh saking sayangnya sama cucu). Saya tanya kan segala hal dari syarat MPASI DINI, sufor sampai bahayanya. Akhirnya ibuku diam saja. Itu artinya beliau paham.

Alhamdulillah sejak kejadian itu ibuku sudah tidak memaksakan MPASI dini lagi, hubungan ku kembali baik dengan ibu bapakku, suami ku mensupport ku. Dan sekarang anakku genap berumur 6 bulan. Orang tua dan suami antusias dalam memberi MPASI yang terbaik untuk anakku. Mereka sering membantu memasak MPASI bahkan sering membelikan sayuran. Walaupun sekarang semua sudah terkondisikan, tetap ada perbedaan pendapat walaupun tidak sampai cekcok seperti dulu. Bahkan dengan suami pun saya sering berbeda pendapat karena saya dianggapnya punya pendapat yang aneh untuk diterapkan dalam parenting.

Semoga kedamaian ini berlangsung selamanya, dan anakku tumbuh menjadi anak yang soleh dan sehat. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca tulisan ini.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

340 Umi Nafisah

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Resep MPASI 6MO+ : Chicken Corn Porridge with Tofu and Broccoli

Ingin berikan MPASI yang berbeda bagi si Kecil usia 6 bulan ke atas? Cek resep Chicken Corn Porridge with Tofu and Broccoli berikut ini.

Resep MPASI: Capcay Nasi Tim Gurih (9 M+)

Memasak MPASI untuk si kecil kadang memang gampang-gampang susah.

Kaldu Ayam Homemade ala Mom Nurul

Halo Moms, aku mau memulai resep per-Mpasi-an ini dengan bikin "Kaldu Ayam Homemade".

Tomat Untuk MPASI? Apa Saja Sih Manfaatnya?

Tomat banyak sekali manfaatnya loh Moms. Yuk berikan tomat pada MPASI si Kecil

Bubur Sumsum Saus Buah Naga (8M+)

Saya membuatkan kakak dastan bubur sumsum tidak menggunakan kuah kinca tetapi pakai buah untuk saus

Buah Naga, Buah Istimewa untuk MPASI Anak

Ketika anak memasuki masa MPASI, pasti semua orang tua ingin memberikan makanan yang terbaik untuk buah hatinya.

Resep Gethuk Singkong Gulung: Snack MPASI 8M+

Aku mau coba bikin makanan selingan untuk anak dengan inspirasi dari jajanan tradisional yang banyak dijual di pasaran.

MPASI 4 Bintang: Bubur Hati Ayam + Buncis

Salah satu cara agar si kecil suka makan adalah membuat menu MPASI yang beragam setiap harinya

Persiapan MPASI Anti Mubazir dan Rincian Biaya yang Perlu Dipersiapkan

Hai moms aku mau share barang-barang MPASI nya kiya nih

Tim Slow Cooker, Resep MPASI Bubur Ayam Wortel (6M+)

Buat yang mau mulai MPASI boleh cobain resep Bubur Ayam Wortel kesukaan Vonn berikut ini yuk

Persiapan MPASI si Kecil Bebas Galau

Apa saja yang perlu diperhatikan saat MPASI? Dan bagaimana pemberian MPASI yang tepat?

Review Nayz Bubur Organik

Sejak memulai MPASI 1.5 bulan yang lalu Praya sudah aku perkenalkan dengan jenis MPASI rumahan dan instan.

Bubur Santan Labu Kuning: Rasa Gurih Penambah Nafsu Makan si Kecil

Memasuki usia 6 bulan, si Kecil sudah mulai bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI.

Bubur Nasi Kuah Sayur Patin: Resep MPASI ala Mommy Attaqi

Ikan patin ternyata kaya manfaat karena mengandung omega 3 & DHA yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak.

Manfaat Memberikan Snack pada si Kecil

Banyak yang mengatakan bahwa memberikan snack pada Si Kecil terutama yang masih bayi itu tidak baik

Manfaat Ikan Tuna dan Membuat MPASI dari Tuna

Yuk buatkan si Kecil MPASI dari ikan tuna karena sangat banyak sekali manfaatnya

Kunci Sukses Bayi Lancar MPASI

Apa kunci utama yang harus dipersiapkan saat memasuki masa MPASI?

MPASI Misoa Nyemek (9 month)

Beberapa hari terakhir kemarin, Defan sepertinya ogah-ogahan makan, padahal Defan tidak sedang tumbuh gigi.

Resep MPASI: Sup Bakso Udang (7M+)

Karena masih meraba-raba preferensi Rubi, saya mencoba memasak udang sebagai bahan utama MPASInya.

Resep Menu MPASI: Bubur Tim Tongkol Wortel (7M+)

Saat ini saya sedang gencar memberi Rubi ikan sebagai sumber utama protein hewani, terutama ikan laut.