Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Moms, Ini Tanda-tanda si Kecil Tumbuh Bahagia

BRANDS  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  04 Aug '20


Keinginan orang tua yang paling mendasar adalah melihat anak-anak mereka grow happy. Selain merupakan sebuah cita-cita, hal tersebut juga menjadi salah satu tugas sebagai orang tua. Moms & Dads perlu memberikan dukungan penuh termasuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikis si Kecil. Mungkin, sudah banyak hal yang Moms & Dads berikan kepadanya, akan tetapi, benarkah hal tersebut membuat si Kecil bahagia?

Dosen PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Satrianawati, M. Pd., mengatakan bahwa salah satu indikator anak-anak yang bahagia adalah merasa senang dengan hasil perjuangannya dalam mendapatkan hal yang diinginkannya. Lebih lanjut, Moms & Dads sebagai orang tua perlu mengetahui ciri-ciri seorang anak bahagia sehingga bisa mendorongnya menjadi seseorang dengan kepribadian baik dan selalu bahagia.

10 tanda anak tumbuh bahagia

1. Raut mukanya tampak ceria

Tatapan mata yang berbinar-binar dan sikap ceria yang ditunjukkan si Kecil dapat mengindikasikan bahwa dia sedang merasa bahagia. Berikan cukup kasih sayang kepadanya agar dia selalu dapat bertumbuh kembang dalam suasana positif. Jika dia menginginkan sesuatu, selama wajar turuti saja permintaannya. Selalu tepati janji yang Moms/Dads lontarkan kepadanya agar dia tidak kecewa.

2. Memiliki keingintahuan tinggi

Anak yang bahagia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Dia akan selalu mencari kebenaran dari suatu hal dan menilai apakah suatu hal tersebut masuk akal atau tidak.

3. Kreatif

Anak yang suka berimajinasi dan menuangkan kreativitasnya secara sungguh-sungguh berusaha keras untuk mencapai mimpinya dengan cara yang luar biasa. Kebahagiannya akan terpancar dari usaha-usahanya dalam meraih mimpi.

4. Suka tersenyum

Ciri khas anak bahagia bisa dilihat dari seringnya dia tersenyum. Selalu puji dia setelah dia melakukan usahanya meskipun belum maksimal. Ketika dia berhasil mencapai sesuatu, pujilah dengan tulus agar dia merasa senang.

5. Bisa tertawa dengan lepas

Tertawa adalah obat mujarab untuk hati yang sedih. Ini juga menandakan bahwa orang yang tertawa hatinya merasa senang. Tambah kebahagiaan si Kecil dengan sering menceritakan hal-hal yang lucu.

6. Pintar mengekspresikan diri

Tingkat kebahagiaan seorang anak juga bisa dilihat dari seberapa efektif dia mengekspresikan dirinya. Anak yang bahagia merasa bebas, aman, dan nyaman saat menjadi diri sendiri.

7. Memiliki kepribadian terbuka

Seorang anak yang terlihat menyendiri, menutup diri, atau sulit bergaul bisa jadi sedang memikirkan sesuatu yang membuatnya sedih, khawatir, takut, atau kecewa. Sebaliknya, seorang anak yang hatinya bahagia cenderung lebih terbuka dalam bersosialiasi. Dia tidak merasa takut bertemu dengan orang baru.

8. Pemberani dan percaya diri

Anak yang sedang dalam suasana hati yang baik ingin selalu mencoba hal-hal baru. Dia akan menguji sejauh mana dia bisa melakukan sesuatu dengan percaya diri.

9. Senang menemukan cara baru

Ciri khas anak yang grow happy adalah menolak mengikuti aturan tertentu. Dia merasa tertantang untuk menemukan cara baru dalam melakukan suatu pekerjaan. Jika demikian, supervisi si Kecil dalam perjalanannya mencari cara baru sambil tetap mengarahkannya dalam jalur yang aman sesuai usianya.

10. Suka melontarkan pendapat

Ketika seorang anak sedang merasa gembira, dia akan mudah melontarkan apa yang ada di dalam pikirannya. Si Kecil yang tegas dalam menyampaikan pendapat perlu dipuji supaya dia lebih sering berpikir kritis lalu bisa menyampaikan buah pikirannya secara tepat.

Pentingnya jaga kesehatan pencernaan agar si Kecil tumbuh bahagia

Tanda-tanda seorang anak tumbuh bahagia sebagaimana disebutkan di atas tentu akan tampak ketika si Kecil sedang dalam kondisi sehat. Nah, tahukah Moms bahwa grow happy itu dimulai dari perut yang sehat?

Sistem pencernaan yang sehat akan mampu menyerap seluruh nutrisi makanan yang dikonsumsi si Kecil. Tidak hanya itu, sistem pencernaan dikenal sebagai “otak kedua” karena mengandung lebih banyak neurotransmitter daripada di otak. Hormon serotonin adalah hormon yang membantu mengatur emosi. Hormon ini sebagian besar, yaitu sebesar 95%, juga dihasilkan di usus. Tak heran jika kesehatan usus dan sistem pencernaan berkontribusi terhadap suasana hati si Kecil.

Salah satu cara menjaga kesehatan saluran cerna si Kecil adalah dengan memastikan asupan makanannya selalu bergizi seimbang. Makanan berserat, berprotein, dan bervitamin seperti gandum, sayur, daging, dan buah membantu si Kecil tumbuh optimal. 

Selain makanan bernutrisi, lengkapi gizi si Kecil dengan asupan probiotik. Makanan probiotik adalah makanan yang mengandung bakteri baik. Berikan susu pertumbuhan mengandung probiotik Lactobacillus reuteri agar si Kecil terhindar dari ganggung usus, diare, sembelit, perut kembung, kram, dan gejala kolik. 

Susu pertumbuhan yang baik juga mengandung Asam Alfa-Linolenat (Omega 3) dan Asam Linoleat (Omega 6) yang mendukung perkembangan kecerdasannya. Kandungan tambahan lainnya yang tidak kalah penting harus ada dalam susu pertumbuhan adalah kalsium, zat besi, thiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin A yang dapat mendukung si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang memiliki tulang kuat, aktif, dan sehat. 

Nah, apakah si Kecil saat ini telah menunjukkan ciri-ciri tumbuh bahagia? Dukungan dari orang tua adalah faktor utama penentu anak tumbuh dengan kepribadian yang selalu ceria.

Referensi: Fimela, Nova, Parents

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1099 Nestle Lactogrow

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

7 Kegiatan Stimulasi di Rumah untuk si Kecil

Selama di rumah aja, apakah Moms dan si Kecil merasa bosan? Coba aktivitas ini di situs Morinaga Multiple Intelligence Play Plan yuk!

Tips Menyikat Gigi yang Menyenangkan untuk si Kecil

Ternyata memilih sikat gigi untuk si Kecil tidak boleh sembarangan. Berikut tips memilihnya!

Tips Memilih Stroller yang Tepat untuk si Kecil

Mencari stroller yang ringan tapi kuat memang sedikit menantang, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Nutrisi Penting untuk Perkembangan Otak si Kecil

Selain untuk menambah berat badan si Kecil, lemak juga bermanfaat untuk perkembangan otaknya.

Dr. Brown's Milestone Straw Cup

Ketika memasuki usia 12 bulan, si Kecil mulai dilatih untuk minum menggunakan cups.

Tips Cerdas Pilih Bantal untuk Bayi

Meski tidak asing digunakan, banyak pro dan kontra tentang penggunaan bantal oleh bayi.

Susu Bisa Bikin Anak Lebih Cerdas? Mitos Atau Fakta?

Benarkah susu bisa bikin si Kecil jadi lebih pintar? Yuk temukan jawabannya di sini!

Dr. Brown' Pacifier Range

Ketika lahir, bayi terbiasa mengisap jari. Kebiasaan ini dilakukan untuk menenangkan bayi.

Manfaat Penggunaan Teether untuk si Kecil

Selain media gigit-gigit bayi, teether juga memiliki peranan lain dalam tumbuh kembang si Kecil.

Baby Swing or Baby Bouncer?

Baby Swing atau Baby Bouncer, yang manakah terbaik untuk buah hati Anda?

Tips Menjaga Kualitas Tidur si Kecil

Lapar dapat membuat si kecil terbangun dari tidur sehingga kualitas tidurnya menjadi kurang maksimal.

Meredakan Nyeri Tumbuh Gigi dengan Dr. Brown's Learning Loop Teether

Dr. Brown’s menghadirkan Learning Loop teether yang terdiri dari 4 tekstur, bentuk, dan warna yang berbeda.

Manfaat Penggunaan Teether

Pada masa pertumbuhan gigi, gusi bayi akan terasa gatal dan nyeri karena desakan gigi yang akan muncul.

Kenali Bentuk Bulb Pacifier yang Disukai si Kecil

Ada 2 bentuk bulb yang sering kita temui pada pacifier, yaitu pacifier yang memiliki dot bulat dan pipih.

Tips Memilih Botol Minum untuk si Kecil

Masa MPASI biasanya merupakan masa dimana orang tua mengenalkan minuman selain susu kepada anak.

Pacifier Apa yang si Kecil Sukai?

Dr. Brown’s memiliki beberapa varian Pacifier yang dapat Moms pilih sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

Dr. Brown's Advantage Pacifier

Dr. Brown’s terus berinovasi untuk memberikan kenyamanan pada bayi dengan menghadirkan Advantage Pacifier.

Apa itu Flat Head? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Flat head syndrome atau kepala peyang adalah kondisi dimana kepala bayi tidak simetris.

Dr. Brown’s Flexees Friends Teether Octopus

Dr. Brown’s kembali menghadirkan salah satu varian terbaru Teether series: Flexees Friends Teether Octopus.

Pengaruh Polusi Udara Terhadap Tingkat Kecerdasan dan Kesehatan Mental

Tingginya tingkat polusi udara dapat menyebabkan penurunan kemampuan berhitung dan berkomunikasi.