Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Moms, Inilah Daftar Perlengkapan Newborn Selama Pandemi

BABY  |  BRANDS  |  15 Sep '20


Kelahiran seorang bayi tentunya sangat ditunggu-tunggu setiap orang tua dan keluarganya. Sebelum lahir, ada banyak kebutuhan newborn yang perlu Moms & Dads persiapkan. Karena perlengkapan bayi cukup banyak dan membutuhkan biaya yang cukup menguras kantong, Moms & Dads harus mempersiapkan dana dan waktu untuk berbelanja kebutuhan esensial yang kelak akan digunakan si Kecil.  

Apalagi, di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, kebutuhan perawatan bayi terutama untuk menjaga kebersihan misalnya tisu basah rawan kelangkaan karena diserbu para orang tua lainnya yang ingin menyetok persediaan. Maka, Moms & Dads harus segera sigap membeli dan mempersiapkan perlengkapan si Kecil. Tidak perlu menyimpan secara berlebihan. Setidaknya, persediaan harus bertahan selama beberapa minggu. Pertimbangkan pula membeli barang secara online/dikirim langsung ke rumah untuk menghindari kerumunan di supermarket atau toko perlengkapan bayi. 

Nah, Moms, apa saja perlengkapan bayi newborn yang harus dipersiapkan terutama selama pandemi COVID-19? Ini dia daftarnya. 

Daftar perlengkapan bayi newborn selama pandemi 

1. Botol susu 

Botol susu merupakan kebutuhan esensial lainnya yang perlu dipersiapkan. Mengingat si Kecil hanya bisa mengonsumsi ASI dan susu formula di awal-awal kehidupannya, pastikan botol susu sebagai media pemberian minum si Kecil benar-benar nyaman untuknya.  

Berikut ini beberapa tips memilih botol susu terbaik untuk bayi newborn: 

  • Pilih botol susu kaca atau plastik sesuai kebutuhan Moms 

Ada dua jenis botol susu yaitu botol susu dari kaca dan botol susu dari plastik. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Botol susu dari Borosilicate Glass memiliki sifat kokoh, tahan terhadap proses pencucian dan sterilisasi, serta awet. Sementara itu, botol susu dari bahan Polyphenylsulfone tahan terhadap suhu panas hingga 200 derajat Celcius, ringan, dan lebih awet daripada botol susu plastik lainnya. 

  • Pastikan botol susu memiliki internal vent system 

Internal vent system pada botol susu memastikan cairan dan udara tidak tercampur. Ini untuk mencegah si Kecil menelan udara ketika minum susu. Sistem ini telah teruji klinis efektif mengurangi gejala kembung, masuk angin, hingga kolik. 

  • Gunakan breast-like nipple sehingga si Kecil tidak bingung puting 

Pasang nipple botol susu yang menyerupai payudara sehingga si Kecil tetap mendapatkan pengalaman menyusui senyaman menyusu dari payudara langsung. Nipple jenis ini juga dapat mencegah si Kecil terkena bingung puting, yaitu kondisi si Kecil menolak menyusu dari payudara langsung dan lebih memilih minum dari botol. 

  • Pilih botol dengan narrow neck yang cocok untuk newborn 

Botol dengan narrow neck design memiliki nipple ramping yang dapat dengan mudah masuk mulut bayi terutama newborn. Botol tipe ini juga ramping sehingga mudah digenggam si Kecil dan lebih hemat tempat. 

  • Dilengkapi dengan teknologi travel disk 

Travel disk adalah fitur botol susu yang mencegah cairan mengalir ketika sedang dimasukkan ke dalam tas dan dibawa bepergian. Fitur ini tentu sedikit melegakan Moms yang tidak perlu memikirkan kemungkinan botol susu bocor. 

2. Pompa ASI 

Perangkat pompa ASI wajib Moms punyai agar stok ASI untuk si Kecil tetap terjaga. Selain itu, rutin memompa ASI akan meningkatkan kualitas dan kualitas ASI yang Moms produksi serta mencegah penyakit yang berhubungan dengan saluran payudara, misalnya clogged duct dan mastitis.  

Banyaknya produk pompa ASI yang ditawarkan di pasaran membuat Moms harus mengetahui kriteria-kriteria pompa ASI terbaik, seperti:

  • Terbuat dari 100% silikon, bahan yang lebih dan aman untuk kulit
  • Tahan panas sehingga aman dimasukkan ke dalam mesin sterilisasi
  • Terbuat dari material yang BPA-Free 
  • Memiliki fitur silent pumping sehingga tidak berisik saat memompa
  • Mudah digunakan di mana saja (travel friendly)
  • Memiliki desain ergonomis sehingga dapat langsung digunakan tanpa perlu dirakit terlebih dahulu 

3. Tisu basah 

Manfaat tisu basah sangat banyak dalam membantu kehidupan sehari-hari si Kecil. Tisu basah dapat digunakan untuk membersihkan anggota tubuh si Kecil yang kotor, membersihkan gigi dan mulut si Kecil, serta mengelap peralatan makan dan mainan si Kecil.  

Terutama di kala pandemi seperti ini, kebersihan diri si Kecil perlu mendapatkan perhatian ekstra. Salah satu bagian tubuh penting yang membutuhkan perhatian lebih adalah bagian mulut. Bersihkan bagian mulut terutama lidah si Kecil dengan menggunakan tisu basah khusus. Lidah yang kotor karena sisa-sisa susu dapat menjadi tempat ideal tumbuhnya jamur dan infeksi.  

Jangan sembarangan memilih tisu basah khusus untuk membersihkan mulut si Kecil, ya, Moms. Berikut ini kriterianya:

  • Aman digunakan untuk newborn 
  • Lembut untuk membersihkan gusi dan gigi bayi
  • Mengandung Xylitol, zat alami untuk menghambat pertumbuhan bakteri
  • Bebas flouride sehingga aman jika kandungannya tidak sengaja tertelan
  • Bebas alkohol
  • Bebas paraben 

Persiapkan daftar belanjaan perlengkapan newborn seperti susu, selimut, ranjang bayi, dan sebagainya sejak dini agar kebutuhan si Kecil di awal-awal kehidupannya terpenuhi dengan baik, ya, Moms. Selamat berbelanja! 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

295 Dr. Brown's Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Babyo Review: Babycare Baby Light Stroller

Stroller alias kereta dorong bayi merupakan perlengkapan travelling bayi yang perlu&

Sambut Adaptasi Kebiasaan Baru, Kenali Bedanya Gejala Alergi dan Corona

Tidak seorang pun luput dari risiko terpapar virus Corona, baik itu dari kalangan usia muda maupun

Manfaat Aroma Green Tea pada Minyak Telon si Kecil

Apa manfaat aroma green tea pada minyak telon bayi? Mari simak bersama berikut ini.

Si Kecil Tidur Nyenyak, Kedamaian Bagi Moms and Dads

Salah satu cara mendukung pertumbuhan si Kecil di masa 1000 hari pertamanya adalah dengan memastikan ia tidur nyenyak. Simak berikut ini yuk Moms.

Sentuhan Moms, Jawaban untuk Perut Kembung si Kecil

Salah satu ketidaknyamanan yang sering dialami oleh bayi adalah perut kembung. Yuk, simak cara mengatasinya berikut ini.

Yuk! Kenalan sama Telon Doodle yang Wanginya Beda

Moms, tahukah Anda bahwa minyak telon Doodle memiliki wangi yang khas dan bisa menjadi aromatherapy? Simak yuk.

5 Manfaat Minyak Telon untuk si Kecil

Minyak telon tentulah bukan barang yang asing bagi Moms. Sebetulnya, apa sih manfaat minyak telon itu? Yuk simak berikut ini.

Anak Ikut Kursus Renang? Ini Dia Manfaat Kece yang Bisa Moms Dapatkan!

Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari berenang? Yuk, simak berikut ini.