Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Moms, Inilah Alasan Mengapa Botol Kaca Lebih Cocok untuk Newborn Baby

BABY  |  BRANDS  |  FEEDING  |  MY STORY  |  30 Sep '20


Sebelum mempersiapkan kelahiran, ada banyak sekali barang kebutuhan si Kecil yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah Botol Susu. Menentukan botol susu yang tepat bagi si Kecil yang baru lahir tidaklah mudah. Pasalnya, ada banyak sekali macam Botol Susu mulai dari bahannya, bentuknya, hingga ukurannya. Hal ini tentu dapat membingungkan bagi new Moms, padahal, Moms pastinya ingin yang terbaik untuk si Kecil, kan?

Tahukah Moms bahwa botol susu pada mulanya hanya terbuat dari bahan kaca? Botol susu berbahan kaca pada zaman dahulu berat dan mudah pecah. Maka, muncullah alternatif botol susu dari plastik. Botol susu dari plastik ini memiliki sifat yang ringan dan tidak mudah pecah sehingga botol kaca lambat laun ditinggalkan. 

Meskipun begitu, menurut penelitian yang dikutip oleh WebMD, plastik yang digunakan dalam material botol susu bisa berbahaya bagi bayi yang sedang berkembang. Sebaliknya, botol susu dari kaca bebas bahan kimia berbahaya sehingga banyak orang tua yang kini kembali memilih menggunakan botol susu dari kaca. Lagipula, produk botol susu kaca sekarang ini sudah menggunakan bahan kaca yang lebih kokoh, namun tidak berat, juga tidak mudah rusak karena perubahan suhu maupun pecah karena tidak sengaja terjatuh. Apa saja keunggulan botol kaca dibandingkan dengan botol plastik yang membuatnya cocok untuk newborn baby?

 

Keunggulan botol susu dari kaca

1. Dapat mempertahankan nutrisi dan vitamin pada ASI lebih lama

Botol kaca tidak memiliki pori-pori pada permukaan botol. Dengan tidak adanya pori-pori pada permukaan botol, ASI di dalam botol tidak teroksidasi oleh udara sehingga kadar nutrisi dan vitamin tidak berkurang. Inilah alasan utama mengapa botol susu berbahan kaca sangat disarankan untuk si Kecil yang baru lahir: karena dapat menjaga nutrisi dan vitamin lebih lama daripada botol susu berbahan lain.

2. Bebas bahan kimia berbahaya

Botol kaca tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga Moms tidak perlu khawatir adanya residu bahan kimia yang masuk ke dalam susu si Kecil. Sebaliknya, botol plastik bisa meninggalkan residu maupun senyawa bahan kimia berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil dalam jangka panjang.

3. Awet, mempunyai usia pemakaian jauh lebih panjang daripada botol plastik

Dengan perawatan yang baik, botol susu berbahan kaca dapat digunakan seumur hidup. Bahkan, selama tidak pecah, botol kaca dapat Moms jadikan investasi yang dapat digunakan kembali untuk keperluan adik si Kecil dan seterusnya. Sebaliknya, botol plastik harus segera diganti jika sudah terlihat “berkabut”.

4. Lebih mudah dibersihkan

Daripada botol plastik, botol kaca lebih mudah dibersihkan karena lebih tahan terhadap goresan yang bisa menahan residu dan bau. Goresan-goresan kecil, yang umum ditemukan di botol plastik, menjadi tempat ideal bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak. Moms juga lebih mudah melihat dengan jelas kondisi botol kaca apakah bersih atau kotor dibandingkan dengan kondisi kebersihan botol plastik.

5. Lebih steril

Moms tidak perlu khawatir botol kaca meleleh ketika dipanaskan dalam suhu tinggi untuk mensterilkannya. Maka, botol kaca aman dimasukkan ke dalam mesin sterilisasi secara berkala. Kebersihannya pun terjamin.

6. Memberikan rasa susu yang lebih enak

Botol plastik menyerap bau dan memberikan “rasa tertentu” ke dalam ASI atau susu formula. Bahkan, plastik dapat menimbulkan bau permanen setelah digunakan berbulan-bulan atau jika tidak segera langsung dicuci setelah digunakan. Tidak demikian halnya dengan botol kaca yang menjaga kemurnian rasa cairan di dalamnya.

7. Dapat digunakan sebagai wadah penyimpan ASIP

Botol susu berbahan kaca memang cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang karena dapat difungsikan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya sebagai media penyimpanan ASI perah (ASIP). Moms tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli wadah penyimpanan ASIP yang baru.

Nah, Moms, mulai sekarang, gunakan botol susu dari bahan kaca seperti Borosilicate Glass. Borosilicate Glass merupakan bahan yang kerap digunakan pada gelas uji di labor kimia. Bahan ini telah teruji secara klinis aman digunakan untuk si Kecil, tidak mudah pecah, kokoh dan lebih ringan. Salah satu botol susu berbahan Borosilicate Glass adalah Dr. Brown’s Glass Narrow Neck Options+ with Deco. Dengan perawatan yang baik, Dr. Brown’s Glass Narrow Neck Options+ with Deco dapat digunakan seumur hidup.

 

Referensi: Mom Loves Best, WebMD, What to Expect

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

144 Dr Browns Indonesia

Comments

Related Stories