Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Moms, Ini Jenis Buah yang Baik untuk MPASI Pertama Si Kecil

BABY  |  BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  23 Oct '20


Seiring dengan pertambahan usia si Kecil, Air Susu Ibu (ASI) tetap menjadi sumber nutrisi utama baginya. Meski begitu, sumber makanan lainnya perlu diperkenalkan kepada si Kecil ketika usianya sudah mencapai 6 bulan untuk melengkapi nutrisi yang mendukungnya untuk tumbuh. Sumber makanan tersebut dikenal dengan nama Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, terlambat mengenalkan MPASI dikaitkan dengan kasus stunting di Amerika Tengah. Maka dari itu, Moms perlu memperhatikan saat yang tepat mengenalkan si Kecil dengan aneka ragam MPASI. United States Department of Agriculture (USDA) mengatakan bahwa Moms bisa mulai memperkenalkan si Kecil dengan MPASI ketika dia menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut; dapat duduk tegak sendiri atau dengan bantuan, bisa menegakkan kepalanya sendiri, membuka mulut ketika ada makanan menuju mulutnya, dan bisa menelan makanan yang diberikan melalui sendok dengan baik.

Ada beragam tipe MPASI yang bisa diperkenalkan di awal masa MPASI seperti sereal khusus balita yang mengandung zat besi, makanan kaya protein, sayuran, dan buah-buahan. Memberikan buah-buahan kepada si Kecil bisa menjadi cara yang menarik dan menyenangkan untuk memperkenalkannya kepada berbagai rasa dan tekstur makanan. Meski begitu, perlu diingat Moms, tidak semua buah-buahan cocok diberikan kepada si Kecil yang baru memulai masa MPASI-nya.

 

Inilah buah-buahan yang cocok untuk MPASI pertama si Kecil:

1.    Buah naga

Buah asal Meksiko ini kini sudah umum dibudidayakan di negara-negara Asia termasuk Indonesia. Buah naga kaya akan mineral seperti magnesium dan zat besi. Seorang balita rentan terkena anemia karena kekurangan zat besi. Dengan mengonsumsi buah naga, kebutuhan zat besi si Kecil dapat terpenuhi. Tekstur buah naga juga lembut sehingga mudah dikonsumsi si Kecil.

2.    Pepaya

Kandungan serat tinggi pada pepaya bisa melancarkan pencernaan si Kecil. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A dan vitamin C dalam jumlah cukup tinggi. Sama seperti buah naga, tekstur pepaya lembut dan mudah diolah menjadi MPASI yang lezat untuk si Kecil.

3.    Alpukat

Buah berwarna hijau ini memiliki daging lembut. Tidak hanya itu, rasanya juga unik sehingga bisa memperkaya pengalaman MPASI si Kecil. Bukan tidak mungkin alpukat menjadi buah favoritnya kelak. Alpukat mengandung asam lemak yang mirip dengan lemak pada ASI. Asam lemak tersebut baik untuk perkembangan otak si Kecil.

4.    Pisang

Buah pisang merupakan buah terpopuler untuk MPASI pertama. Alasannya, teksturnya pas dan kandungan gizinya cukup tinggi dan beragam di antaranya karbohidrat, vitamin C, dan vitamin B6. Cara mengolah pisang untuk MPASI biasanya adalah dengan melumatkannya menggunakan sendok hingga teksturnya pas untuk si Kecil. Sesudah diolah, pisang harus segera diberikan kepada si Kecil agar warnanya tidak berubah menjadi coklat. Agar tidak banyak sisa, pastikan porsinya sudah pas untuk si Kecil.

5.    Mangga

Buah mangga yang matang memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang pas untuk MPASI pertama bayi. Kandungan buah mangga seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan mineral sangat membantu pertumbuhan seorang bayi. Moms bisa mengolah mangga menjadi jus atau puree. Jika ingin mengolah mangga menjadi jus, jangan menambahkan gula di dalamnya.

 

Buah yang tidak cocok untuk MPASI

Selain aneka ragam buah yang cocok untuk MPASI pertama si Kecil, ada juga jenis buah-buahan yang sebaiknya tidak diberikan kepada balita, di antaranya:

1.    Durian

Buah durian memang enak. Meski begitu, durian mengandung glukosa dalam jumlah tinggi. Balita yang diberi durian akan merasa cepat kenyang sehingga malas makan.

2.    Nangka

Buah nangka mengandung banyak gas. Ini bisa menyebabkan si Kecil kembung dan akhirnya rewel.

3.    Buah-buahan dengan kadar asam tinggi

Jeruk, anggur, dan stroberi adalah beberapa jenis buah yang mengandung kadar asam tinggi sehingga tidak cocok diberikan kepada balita di bawah usia 1 tahun. Buah-buahan yang mengandung asam tinggi bahkan bisa menyebabkan ruam popok yang menyakitkan.

4.    Buah-buahan yang mengandung pestisida

Beberapa jenis buah yang dibudidayakan di perkebunan komersial diketahui seringkali mengandung pestisida dalam level tinggi. Apel, pir, dan buah persik bisa mengandung pestisida tinggi tergantung bagaimana cara buah-buahan tersebut dibudidayakan dan dikemas. Sebagai gantinya, selalu pastikan buah yang Moms sajikan sebagai MPASI si Kecil diolah secara organik.

 

Nah, Moms, setelah mengetahui buah-buahan yang cocok untuk MPASI, Moms pasti ingin segera mengolah dan memberikannya kepada si Kecil, bukan? Persiapkan MPASI si Kecil dengan menggunakan peralatan makan yang aman, nyaman, dan memudahkan si Kecil beralih ke makanan padat.

Gunakan Dr. Brown’s Fresh Firsts Silicone Feeder yang didesain khusus dapat menampung MPASI pertama yang bertekstur cair atau puree sekaligus melatih kemampuan mengunyah si Kecil. Desainnya yang menyerupai empeng dengan 48 lubang-lubang kecil memudahkan si Kecil beradaptasi dan makan dengan nyaman. Ukuran silicone bulb-nya pas dengan mulut si Kecil.

Tidak hanya itu, Silicone Feeder tersebut juga dapat berfungsi ganda sebagai teether; tidak mudah robek ketiga digigit-gigit, dan tetap lembut untuk gusi si Kecil. Moms juga tidak perlu khawatir akan keamanannya karena Silicone Feeder ini BPA-free dan aman disterilkan dengan menggunakan sterilizer.

Dr. Brown’s Fresh Firsts Silicone Feeder memiliki 3 warna yang menarik untuk si Kecil, yaitu Pink, Grey dan warna baru yaitu Mint.

Gimana, nih, Moms? Sudah siap, kan, mengolah MPASI buah pertama si Kecil?

 

Referensi: Detik Health, Eat Right Pro, Mayo Clinic, Parenting, USDA

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

188 Dr. Brown's Indonesia

Comments

Related Stories