Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Moms, Yuk Kenali Tanda Tidak Pasti Kehamilan

PREGNANCY  |  01 Mar '19

Kehamilan merupakan anugerah terindah yang dialami oleh seorang wanita. Tapi tahukah Moms bahwa ternyata terdapat tanda kehamilan yang tidak pasti lho.

Tanda kehamilan tidak pasti disebut juga dengan dugaan hamil, jadi hal ini masih sebatas asumsi bahwa dirinya sedang mengandung. Terdapat beberapa macam tanda kehamilan tidak pasti, di antaranya adalah:

  1. Amenorea
    Amenorea merupakan keadaan berhentinya siklus menstruasi atau tanda kehamilan yang biasa Moms sebut terlambat datang bulan. Cukup banyak lho Moms yang berasumsi bahwa terlambat datang bulan merupakan tanda awal kehamilan, namun sebelumnya ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan, yaitu siklus menstruasi dan hari pertama haid terakhir.
    Jika Moms memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, tampaknya keadaan amenorea ini tidak bisa menjadi patokan sebagai tanda kehamilan bagi Moms. Sedangkan bila Moms memiliki siklus menstruasi yang teratur, maka Moms harus memastikan lagi kapan hari pertama haid terakhir Moms untuk dapat menentukan bahwa amenorea ini merupakan tanda kehamilan bagi Moms.
    Keadaan amenorea ini juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hormonal ataupun suatu penyakit reproduksi yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi.
  1. Mual dan Muntah
    Keadaan mual dan muntah atau morning sickness biasa dianggap sebagai tanda kehamilan. Padahal kondisi fisik yang kurang fit juga bisa menyebabkan keluhan ini lho Moms. Selain itu, keadaan mual muntah pada wanita hamil ternyata tidak selalu dipengaruhi oleh waktu dan bahkan beberapa ibu hamil tidak pernah mengalami ini sama sekali.
  1. Sering Buang Air Kecil
    Keluhan sering buang air kecil memang sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan karena ukuran rahim yang mulai membesar sehingga menekan kandung kemih yang menyebabkan keluhan ini pun muncul. Tapi beberapa kondisi juga bisa menyebabkan keluhan ini lho Moms, salah satunya adalah infeksi saluran kencing. Pada infeksi saluran kencing ternyata keluhannya tidak hanya sebatas nyeri atau panas saat buang air kecil saja, namun juga diikuti dengan keadaan sering buang air kecil.
  1. Perubahan Bentuk Buah Dada
    Perubahan bentuk buah dada memang kerap dikaitkan dengan ibu hamil, tapi lagi-lagi keadaan ini hanyalah tanda tidak pasti kehamilan. Sebagai contoh terjadinya perubahan hormonal pada saat akan menjelang menstruasi. Keadaan ini selanjutnya juga dapat mempengaruhi bentuk buah dada sehingga Moms sering merasa bahwa buah dada terasa kencang saat akan menjelang menstruasi.
  1. Hiperpigmentasi Kulit
    Hiperpigmentasi kulit merupakan keadaan terjadinya perubahan warna kulit yang cenderung lebih gelap. Pada ibu hamil, biasanya hiperpigmentasi terjadi di daerah hidung, pipi, dan dahi. Padahal tidak semua ibu hamil akan mengalami keadaan ini lho Moms.

 

Semoga bermanfaat.

By: Editha Aldillasari

Copyright by Babyologist

116 Editha Aldillasari

Comments

Related Stories