Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Moms, Hindari 7 Makanan Ini Agar Tidak Sembelit Saat Berpuasa

FEEDING  |  16 May '19

Risiko terkena penyakit sembelit saat berpuasa meningkat karena kurangnya asupan cairan dan serat serta konsumsi makanan tertentu saat berbuka atau sahur. Agar terhindar dari sembelit saat berpuasa, lebih baik Moms menghindari makan tujuh jenis makanan ini saat sahur, berbuka, maupun makan malam menjelang tidur.

Makanan penyebab sembelit

  1. Makanan cepat saji

Kandungan serat rendah dan kandungan lemak tinggi dalam makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko sembelit. Makanan cepat saji termasuk burger, pizza, dan kentang goreng tidak direkomendasikan untuk dijadikan makanan sahur.

  1. Telur

Meskipun mengandung protein tinggi yang menguntungkan bagi tubuh, telur tidak mengandung serat yang cukup untuk membantu pencernaan. Maka dari itu, mengonsumsi hanya telur saja saat bulan puasa tidak dianjurkan. Untuk mengurangi risiko sembelit saat makan telur, tambahkan sayur-sayuran ke dalam olahan telur yang Moms buat.

  1. Gorengan

Gorengan sulit dicerna karena mengandung kadar lemak tinggi. Ini dapat menyebabkan sembelit. Maka dari itu, kurangi konsumsi gorengan saat bulan puasa.

  1. Makanan olahan

Makanan olahan seperti dendeng, sosis, kornet, daging ham, dan makanan kalengan memang praktis dihidangkan. Meskipun demikian, jenis makanan ini mengandung lemak dan garam cukup tinggi. Kandungan lemak dan garam tinggi dalam makanan membuat sistem pencernaan harus bekerja ekstra untuk mencernanya. Ini dapat memicu sembelit.

  1. Makanan dengan kadar gula tinggi

Moms tidak bisa sembarangan memilih makanan manis untuk dihidangkan saat berbuka. Makanan tinggi gula dapat menyebabkan sembelit. Alternatifnya, Moms dapat mengonsumsi buah-buahan yang manis, misalnya kurma.

  1. Daging merah

Kandungan protein dan lemak di daging merah sangat banyak. Daripada karbohidrat, protein dan lemak lebih sulit dan lebih lama dicerna. Risiko sembelit meningkat ketika Moms mengonsumsi daging merah secara berlebihan karena sistem pencernaan Moms harus bekerja ekstra keras.

  1. Susu dan produk olahan susu

Susu, keju, es krim, dan yoghurt dapat menyebabkan sembelit karena mengandung laktosa dan protein tinggi.

Demikianlah tujuh makanan yang sebaiknya tidak Moms konsumsi secara berlebihan di bulan puasa.

157 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories