Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mom of Two? Apa Saja Pertimbangannya?

MY STORY  |  PARENTING  |  19 May '19


Moms, menyambung atas curhatan aku mengenai punya anak lagi itu ya. Ternyata banyak juga yang mengalami hal sama kayak aku. Selain di comment, ada juga beberapa by DM yang cerita memang sudah jengah juga dengan pertanyaan2 klise kayak gitu. Nah, memang apa aja sih Moms yang perlu kita perhatikan dan pertimbangkan kalau mau punya anak lagi?

Moms di sini pasti udah punya pertimbangan masing2lah ya mengenai hal ini. Ini coba aku rangkum ya, memang kira2 apa aja sih yang perlu kita perhatikan kalau memutuskan untuk punya anak lagi? Ini info yang aku rangkum dari infografik dan aku pikir juga buat diri aku sendiri sebagai pertimbangan.

  1. Pertimbangan usia ibu
    Biasanya tingkat kesuburan ibu itu maksimal umur 35-40 tahunan. Kalau kita ada di kisaran usia itu, apalagi punya riwayat susah hamil, mungkin ini waktu yang tepat untuk punya anak lagi. Selain faktor itu, tingkat risiko juga lebih minim kalau kita hamil di usia di bawah itu. Mungkin bisa jadi karena usia pastinya mempengaruhi stamina kita ya Moms.
  1. Jarak usia dengan anak pertama
    Biasanya jarak yang ideal untuk anak pertama dan kedua itu adalah 3-4 tahun. Karena usia segitu dirasa anak udah mulai paham dan mengerti instruksi. Dan kalau dipertimbangkan dari segi kesehatan ibu dan anak juga jarak segitu bisa dibilang ideal. Tapi kalau saran dari aku sih kalau bisa jangan yang jaraknya masuk sekolah barengan. Misalnya, pas si kakak lulus SMA, pas adeknya juga masuk SMA. Krena nanti kalau masuk sekolahnya bareng, otomatis biaya masuk gedung juga double kan.. buibu ngerti kan maksudnya.. hihi
  1. Komunikasi dengan suami
    Yang namanya kita memutuskan punya anak itu harus kompak ya Moms. Harus komit dengan suami juga. Gimana ceritanya kalau kita pengen nambah tapi suami ga mau? Kan bikinnya berdua.. hihihi. Jadi harus dengan persetujuan berdua ya Moms. Jangan diem2 KB nya dilepas tau2 'jadi' ya Moms tanpa bilang suami..hehe
  1. Kondisi Fisik
    Kita juga harus pertimbangan kondisi fisik kita ya Moms. Kita juga pernah ngerasain kan ya namanya punya anak pasti capek! Kita harus pikirin kondisi badan kita, masih mampu ga kira2, atau sudah waktunyakah untuk nambah? Kalau menurut artikel yang aku baca sih badan kita butuh setidaknya 18-24 bulan untuk recovery dari anak pertama.
  1. Finansial
    Coba kita cek apakah kondisi keuangan kita sudah stabil? Apakah kira2 kondisi finansial kita sudah baik untuk menghandle 2 anak? Dan perlu diingat juga pastinya biaya hidupnya itu bukan hanya 'yang penting bisa makan' ya Moms. kita juga harus pikirin untuk pendidikannya, kesehatannya, kebutuhan hariannya, dll. Dan itu harus kita pikirin panjang ya Moms. Kita ga mau dong ya membeda-bedakan antara anak 1 dan anak 2? Kita pastinya pengen ngasih yang terbaik untuk keduanya.
  1. Ikutin kata hati
    Nah, kalau kita udah berpikir rasional, udah pikirin dengan mateng dan kompak sama suami, baru deh kita ikutin apa kata hati kita. Sebenernya mau ga sih punya anak lagi? Kalau udah ngerasa yakin dan semuanya udah dipikrin mateng. Ya let's do it Moms.

Kalau itu sih beberapa faktor yang aku dan suami pikirin ketika mutusin mau punya anak lagi, dan kayaknya kita sekarang ini masih happy2nya dengan Dila. Dan kita masih kompak belum mau untuk nambah dulu. Kalau untuk omongan2 orang sih dengerin aja ga usah dipikirin. Kalau kata suami aku sih "kita hidup itu bukan untuk memenuhi ekspektasi orang, buat apa sih kita harus hidup berdasarkan omongan2 orang. Kalau kita happy, ga nyusahin orang, dan enjoy jalaninnya, So where is the problem?"

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

888 Mala Sari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebagai Working Mom

Menjadi seorang working Mom tentunya memiliki tantangan tersendiri. Yuk simak tips dari Mom Inayah berikut ini.

Hal yg Bisa Dilakukan untuk Mengisi Kegiatan si Kecil di Rumah Selama Pandemi

Moms, yuk simak aktvitas yang bisa dilakukan di rumah bersama si Kecil berikut ini.

Fiersa is Turning One

Merayakan ulang tahun pertama pastinya adalah moment yang tidak bisa dilewatkan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Caraku Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga di Tengah Pandemi

Rumah tangga yang harmonis pasti sudah menjadi dambaan pasutri. Simak tips berikut ini yuk Moms and Dads!

Caraku Mengatur Keuangan Keluarga di Kondisi Pandemi

Di tengah-tengah pandemi ini tidak bisa dipungkiri bahwa banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi. Simak tips berhemat berikut ini yuk!

Punya Anak Perempuan Lebih Boros?

Hayo siapa yang punya anak perempuan dan merasa boros karena beli barang-barang lucu atau baju untuk Si Kecil? Sebenarnya boros tidaknya [...]

Cerita Sibling Goals di Usia Berdekatan

Bagaimana ya caranya agar kakak adik rukun? Yuk, simak cerita berikut ini.

Mengajarkan Kemandirian Sejak Dini Penting Gak Sih Moms?

Mengajarkan si Kecil untuk mandiri sedari dini memiliki banyak manfaat loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

Meskipun jauh dari sanak saudara, Lebaran sudah seharusnya menjadi momen yang dirayakan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.

Mengenal Tedak Siten

Apa itu Tedak Siten? Mari simak bersama berikut ini!

Keseruan Memiliki 2 Balita Dengan Jarak Dekat

Anak di usia balita adalah fase dimana anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, cenderung lebih egois, dan lebih senang berekplorasi. Usia [...]

Biasakanlah Mengucapkan Kata-kata Positif pada Anak

Seperti apa sih kata-kata positif yang baik untuk kita ucapkan pada anak? Simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker Pada si Kecil

Bagaimana cara merayu si Kecil agar mau mengenakan masker? Simak cerita berikut ini.

Tetap Harmonis Bersama Pasangan Di Masa Pandemi

Moms and Dads yuk usahakan sebisa mungkin untuk tetap rukun di masa pandemi ini. Simak cerita dan tips berikut ini ya.

Mengatasi Kakak Adik yang Sering Berantem

Kakak dan adik sering berantem? Simak tips ini yuk Moms and Dads.