Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mom Juliana with Baby J Story: ASI Booster

FEEDING  |  MY STORY  |  07 Dec '18

ASI adalah makanan bayi eksklusif selama 6 bulan pertama. Untuk para first time Mommies, menyusui seringkali menjadi hal yang sulit karena seorang ibu menyusui harus belajar cara yang nyaman untuk menyusui bayi dan bayi sendiri harus belajar menyusui karena refleks menyedotnya masih belum sempurna.

Saya telah menyusui selama 1 tahun, puji Tuhan jumlah ASI saya cukup untuk baby Jos. Walaupun ada beberapa momen di mana saya merasa jumlah ASI sedikit atau tidak cukup. Selama masa menyusui, saya mencoba banyak cara untuk meningkatkan jumlah dan kualitas ASI saya.

Beberapa makanan dan minuman yang cocok untuk saya dalam meningkatkan jumlah dan kualitas ASI yaitu:

1. Fenugreek

Fenugreek ini adalah milk booster pertama yang saya konsumsi di awal-awal masa menyusui, di mana disarankan oleh dokter anak saya. Setelah melahirkan, di rumah sakit suster selalu membawa bayi ke kamar saya untuk menyusui secara langsung dan setelah beberapa menit selalu ditanya apakah ada ASI keluar? Karena kurang pengalaman (maklum masih ibu baru), saya jawab kurang tahu. Setelah 1 hari lebih, saya penasaran jadi saya pompa di rumah sakit dan hasilnya, cuma setetes di 1 bagian dada. Melihat hal tersebut, saya pun khawatir dan disarankan untuk minum supplemen Fenugreek. Maka saya kemudian membeli dan meminumnya. Setelah 1 minggu mengonsumsi Fenugreek, produksi ASI saya meningkat pesat. Saya pun berhenti beberapa minggu dan mengonsumsi lagi setiap 2 hari sekali selama 5 bulan.

2. Sari pati Ayam/Chicken Essence

Sari pati ayam sangat berkhasiat bagi aku dalam meningkatkan jumlah ASI. Awalnya saya meminum sari pati ayam (langsung jadi, merek Brand) untuk meningkatkan stamina tubuh karena kecapaian sering bangun malam untuk jaga baby J. Setelah minum, saya merasa dada lebih cepat terisi ASI. Jadi saya minum sari pati ayam 3 hari sekali karena sari pati ayam kadang bisa buat panas dalam.

3. Oatmeal

Tidak diragukan lagi, oatmeal memang senjata bagi banyak Mommies untuk meningkatkan jumlah dan kualitas ASI. Saya pernah mencoba minuman ASI booster dan pas membaca ingredients-nya, hampir semua menggunakan oatmeal sebagai bahan utamanya.

Oatmeal tidak hanya bisa meningkatkan jumlah ASI tetapi juga meningkatkan kualitasnya. ASI juga bisa menjadi lebih kental. Kenapa oatmeal bagus untuk ibu menyusui?

  • Oatmeal penuh dengan sumber zat besi (iron), sehingga cocok untuk ibu menyusui yang mengidap anemia. Kurangnya zat besi pada ibu bisa mengakibatkan rendahnya produksi ASI.
  • Oatmeal juga bisa membuat tubuh merasa rileks, jika Moms lebih rileks maka produksi ASI juga bakal lebih banyak. Selain itu, oatmeal juga efektif dalam mengurangi kolesterol.

Mommies bisa membuat overnight oatmeal dengan air tahu atau susu dan dicampur dengan chia seed, buah-buahan dan granola.

4. Air putih

Haus dan lapar adalah hal yang sangat sering saya alami pada saat breastfeeding, terutama selama 6 bulan pertama. Jadi Mommies harus minum air setidaknya 2 liter per hari. Saya selalu menyediakan botol minuman di dekat saya bahkan sampai sekarang. Jika bosan dengan air putih saja, Mommies boleh membuat infused water dengan buah-buahan atau air lemon. Air lemon sangat bagus untuk bayi juga.

5. Makanan sup atau Minuman dengan Goji Berry

Goji Berry adalah makanan yang sangat bernutrisi di mana pada tradisi orang Chinese, goji berry bahkan seringkali dipakai untuk dibuat sup pengobatan. Beberapa khasiat dari goji berry adalah untuk meningkatkan kesehatan mata, mengontrol kadar gula, meningkatkan tenaga, dan masih banyak lagi.

Selain bisa ditambahkan ke dalam olahan sup. Saya juga suka membuat minuman goji berry, bahannya yaitu goji berry, longan kering dan jujube. Bahan-bahan tersebut direbus dengan air selama 30 menit atau sejam dan kemudian disaring, siap disajikan.

Semoga beberapa cara di atas bisa membantu para Moms, selamat mencoba!

Semoga bermanfaat.

By: Juliana Thiang

Copyright by Babyologist

75 Juliana Thiang Send Message to Writer

Related Stories