Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mitos vs Fakta Selama Kehamilan

MY STORY  |  PREGNANCY  |  22 Aug '19


Menurut aku saling berbagi positive vibes itu sangat perlu sekali. Selama hamil pasti banyak dengar komen "jangan gini nanti takutnya gitu," dll. Kali ini aku mau share mitos vs fakta dan ada yang sudah dikonfirmasi ke SpOG aku juga loh. Ingat, jangan terjebak mitos yang salah ya Moms!

Kehamilan seharusnya tidak dilalui dengan penuh ketakutan dan ketegangan. Kehamilan seharusnya menyenangkan, meski tetap berhati-hati. Jika terlalu takut dan khawatir, justru bisa berpengaruh pada tubuh Moms to be sendiri dan baby. Tetapi jika terlalu menganggap enteng, juga bisa berbahaya bagi baby. Paling baik adalah mengetahui dari A sampai Z mengenai kehamilan agar Moms to be bisa lebih berhati-hati.

Selama ini aku sangat merasa terbantu dengan membaca dan mencari informasi baik dari buku, internet maupun dengar dari pengalaman teman2, orang tua, maupun lingkungan sekitar dan yang terutama konsultasi dengan SpOG karena beliaulah ahlinya. Untuk itu, penting dalam memilih SpOG yang dapat memberi masukan dan dapat membuat Moms to be merasa comfort selama menjalani masa kehamilan 9 bulan ke depan.

1. Minum es akan membuat bayi membesar

- Mitos: sebenarnya bukan es yang membuat janin bertambah berat badannya, tetapi es yang ditambah sirup atau gula. Jika terlalu sering, kandungan dalam minuman manis ini yang akan menyebabkan berat badan janin bertambah.

2. Mengonsumsi terlalu banyak garam bisa membuat kaki ibu hamil bengkak

- Fakta: garam memang memiliki kandungan yang bisa membuat kaki ibu hamil membengkak, terutama pada bagian pergelangan kaki dan jari jemari. Tetap boleh mengonsumsi masakan bergaram, tetapi jangan berlebihan dan terlalu asin.

3. Makan kepiting akan membuat baby nantinya hiperaktif

- Mitos: belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kandungan makanan mempengaruhi tingkat keaktifan baby. Jadi tidak masalah memakan kepiting kecuali jika Moms to be memiliki riwayat alergi seafood.

4. Kalau pas hamil doyan daging: baby laki-laki, sebaliknya kalau doyan sayur: baby perempuan

- Mitos: jenis kelamin baby itu tergantung dari kromosom X dan Y saat sperma dan sel telur bertemu. Jadi gak ada hubungannya sama sekali dengan makan daging atau sayuran.

5. Suka makanan asin/asam vs manis

- Mitos: Saat ngidam cokelat, banyak yang 'menuduh' baby perempuan. Minta dibelikan asinan, mangga muda, pertanda minta dibelikan baju baby laki-laki. Nanti dulu! Tak ada jaminan medis apa pun yang menyatakan bahwa ngidam rasa tertentu bisa menentukan jenis kelamin bayi.

6. Jenis kelamin baby berdasarkan bentuk perut dan denyut jantung baby

- Mitos: jika bentuk perut turun ke bawah maka laki-laki dan apabila bentuk perut menonjol ke atas maka perempuan. Juga dikatakan bahwa denyut jantung janin yang cepat menunjukkan seorang anak perempuan dan detak jantung janin yang lambat menunjukkan anak laki-laki. Bentuk perut tergantung pada berbagai faktor fisiologis Moms termasuk postur tubuh dan struktur otot rahim. Sedangkan untuk detak jantung baby, bervariasi sepanjang kehamilan berdasarkan kesehatan dan usia kehamilan.

7. Minum susu kedelai, baby akan berkulit putih

- Mitos: makanan tidak berpengaruh pada jenis kulit baby. Bagaimanapun juga, warna kulit baby akan mengikuti warna kulit orang tuanya secara genetis.

8. Ukuran sepatu bertambah ketika hamil

- Fakta: sebagian besar wanita hamil mengalami pembengkakan pada kakinya, jadi ukuran sepatu yang lama mungkin akan terasa sesak dan bahkan tidak lagi cukup.

9. Suami dilarang mencukur rambut dan jenggot

- Mitos: tidak ada hubungannya. Justru suami harus selalu terlihat rapi agar istrinya yang sedang hamil bisa merasa senang.

So, Moms to be masih bingung ini mitos atau fakta? Sekali lagi, apa pun itu ambil yang positifnya saja ya. Yang terpenting kebahagiaan yang dialami Moms to be bisa memperlancar proses kehamilan dan persalinan.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

304 Prawitasari Daud

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Begini Efeknya Kalau Menunda KB

Moms ada yang berencana KB tapi terus tertunda? Wajib simak cerita yang satu ini!

Jangan Sepelekan Pemeriksaan USG Saat Kehamilan, Ini Alasannya!

USG di masa kehamilan itu penting loh Moms! Yuk, simak ulasan berikut ini.

Ceritaku Hamil Kembar dan Mengalami Preeklampsia

Dibalik kelucuan memiliki bayi kembar, ternyata ada hal-hal yang perlu diwaspadai, salah satunya preeklampsia.

Cerita Kehamilan dan Melahirkan Mom Devita

Moms, yuk simak cerita kehamilan dan melahirkan Mom Devita berikut ini.

Cerita Promilku di Usia 35 Tahun

Moms sedang merencanakan program hamil? Simak yang satu ini yuk!

Aku Ngidam Belut, Amankah Di Konsumsi Saat Hamil?

Amankah ibu hamil mengonsumsi belut? Baca yang berikut ini.

Pengalaman Kuretase di Usia Kehamilan 11 Minggu

Salah satu resiko yang dapat terjadi pada Ibu hamil adalah keguguran. Setelah itu biasanya Mom akan dianjurkan untuk kuretase.

Pengalaman Program Hamil dengan Memiliki Myoma di Rahim

Di awal pernikahan aku dan suami sudah berencana ingin segera memiliki momongan. Karena kami sudah berpacaran 4 tahun, jadi rasanya sudah cukup [...]

7 Langkah Persiapan Persalinan Penuh Cinta

Ternyata perkara melahirkan bukan terjadi begitu saja. Tanpa persiapan, maka tak jarang kenangan buruk yang akan tersimpan dalam waktu yang [...]

Ceritaku Hampir Khilaf Saat Hamil

Siapa Moms yang pernah merasa galau ketika tahu hamil? You're not alone. Baca cerita ini yuk.

Proses Persalinan Anak Kedua Lebih Cepat, Benarkah?

Kata orang melahirkan anak kedua akan jauh lebih mudah dan lebih cepat dari anak pertama. Benarkah demikian?

Tips Jarak Kehamilan Antara Kakak dan Adik

Berapa jarak kehamilan yang ideal? Setiap orang pasti punya alasannya masing-masing ya. Berikut ini cerita dari Mom Ngel Zhuang.

7 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Persalinan

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil biasanya akan merasakan dag dig dug antara bahagia karena akan segera bertemu dengan sang buah hati dan [...]

Hindari Perkataan Negatif Terhadap Ibu Hamil

Yuk hindari mom-shaming dan bersama-sama memberikan dukungan terhadap para orang tua lainnya. Simak cerita berikut ini ya.

Tips Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Ibu hamil sering mengalami gatal-gatal di kulit karena berbagai hal. Apa pun penyebabnya, berikut ini beberapat tips mengatasi perut gatal saat hamil.

Perbedaan USG 2D, 3D dan 4D

Bagi Moms yang tengah hamil tentunya USG sudah tidak asing lagi, ya. Seiring perkembangan zaman USG untuk memeriksa kondisi janin pun semakin [...]

5 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dideteksi Tanpa Testpack

Apakah Moms mengalami telat haid? Atau merasa eneg mual ingin muntah setiap pagi dan bertanya-tanya jangan-jangan Moms sedang hamil? Jika memang [...]

Couvade Syndrome: Suami Ngidam saat Istri Hamil Ternyata Bukan Mitos

Salah satu hal yang sering dianggap tidak masuk akal adalah suami yang ikut ngidam saat Moms hamil. Di dunia medis, hal ini disebut sebagai [...]

3 Manfaat Jeruk Lemon bagi Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya termasuk vitamin C. Oleh karena itu, jeruk lemon juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

Berhubungan Intim Terbukti Berhasil Memancing Kontraksi

Kata orang berhubungan intim di kala hamil tua dapat memicu kontraksi. Betulkah demikian?