THE DAILY

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mitos atau Fakta Ibu Menyusui Tidak Boleh Minum Es?

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  19 Oct '18

Sudah siapkah untuk menjadi ibu? Siap tidak siap tentu Anda harus siap. Kali ini kami akan memberikan informasi kepada Moms maupun calon Moms mengenai fakta tentang es untuk ibu menyusui. Karena beredar informasi yang menyatakan bahwa es tidak baik untuk ibu menyusui. Oleh karena itu kami akan memberikan jawaban akan kabar yang beredar mengenai apakah ibu menyusui boleh minum es atau tidak?

Fakta-fakta Es untuk Ibu Menyusui

  1. Tidak Ada Hubungan Antara Ibu Menyusui Minum Es dan Anak Mengalami Flu
    Benarkah apabila ibu menyusui minum es akan membuat ASI menjadi dinginan membuat bayi terjangkit penyakit influenza atau demam lainnya. Padahal dalam faktanya belum ada satu penelitianpun yang menyatakan bahwa ASI akan menjadi dingin apabila Moms meminum es. Pada dasarnya segala sesuatu yang masuk ke dalam perut baik itu bersuhu panas maupun dingin akan mengalami penyesuaian suhu saat ada di dalam tubuh. Oleh karena itu minum es sama sekali tidak mempengaruhi anak untuk terjangkit penyakit influenza atau demam. Jadi pada intinya ibu menyusui boleh minum es.

  2. Minum Es Juga Bisa Berbahaya untuk Ibu yang Sedang Menyusui
    Walaupun suhu es tidak berpengaruh terhadap suhu ASI tetapi Moms juga harus tetap berhati-hati untuk meminum es. Karena bisa jadi kandungan yang terdapat dalam es tersebut yang berbahaya bagi kesehatan Moms dan juga bisa berdampak ada ASI yang dikeluarkan. Minuman es yang tidak steril dapat membuat diare pada Moms dan juga akan membuat ASI yang keluar menjadi tidak begitu banyak disebabkan oleh dehidrasi yang Moms alami ketika mengalami diare.
    Apabila asupan ASI berkurang akan menyebabkan tumbuh kembang si Kecil tidak maksimal. Oleh karena itu kami sangat menganjurkan Moms dapat memilih minuman es yang steril dan alangkah lebih baiknya bila Moms sendiri yang membuatnya yang lebih terjamin sterilisasinya. Jadi ibu menyusui boleh minum es akan tetapi perhatikan kandungannya.

  3. Imbangi dengan Asupan Gizi yang Baik
    Bagi Moms yang gemar meminum es hendaknya mengimbangi hal tersebut dengan memenuhi asupan gizi secara maksimal, sehingga nantinya Moms dapat terjaga kesehatannya. Asupan gizi yang baik juga akan menambah kualitas pada ASI yang dihasilkan sehingga akan membuat si Kecil dapat menyerap gizi yang dimakan Moms. Atur pola makan untuk mencegah rasa bosan mengonsumsi makan makanan bergizi. Selain itu Moms juga dapat menyelipkan varian baru makanan bergizi supaya lebih lezat.

Jadi, ibu menyusui diperbolehkan untuk mengonsumsi es asalkan memperhatikan faktor-faktor yang telah dipaparkan di atas.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

127 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories