Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Minyak Ikan Kod untuk Tumbuh Kembang dan Kecerdasan Anak

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  TODDLER  |  30 Oct '19


"Biar anaknya pinter, dikasih minyak ikan saja"

Hayooo Moms, pasti sudah tidak asing mendengar saran yang satu ini, kan? Minyak ikan memang merupakan salah satu suplemen nutrisi yang cukup laris di pasaran dan sudah menjadi kebutuhan Moms masa kini. Tapi Moms tau gak sih kandungan dan manfaat pasti si minyak ikan yang dibalut dalam tablet bening berwarna kuning atau oranye ini? Nah daripada hanya berasumsi dan mendengar, yuk kita bahas satu-satu.

Nama asli minyak ikan yang beredar di pasaran adalah "Cod Liver Oil" atau dalam bahasa Indonesia, "Minyak hati ikan Kod". Nah di Indonesia sendiri kita sering menggeneralisasi minyak ikan untuk memudahkan, tapi sebetulnya yang bernutrisi baik itu Cod Liver Oil ya Moms bukan minyak ikan lainnya. Cod Liver Oil sendiri berasal dari hati ikan Kod yang hidup di lautan Atlantik dan Pasifik dan memang memiliki nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Kandungan minyak ikan Kod terdiri dari Vitamin A, Vitamin D, Asam Lemak Omega 3, Asam Eiosapentaenoic (EPA) dan Asam Dicosahexaenoic (DHA).

Nah, dari kandungannya yang kaya akan Vitamin dan Omega 3, beberapa manfaat yang memiliki nutrisi penting bagi tubuh adalah:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Semua kandungan vitamin dan Asam lemak yang kaya akan antioksidan dalam Minyak Ikan kod dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga anak tidak cepat sakit. Asam EPA berfungsi untuk mendukung jantung dan sistem kekebalan tubuh, sedangkan DHA mendukung otak, mata dan sistem saraf pusat.

2. Untuk perkembangan otak dan organ-organ tubuh

Sudah cukup riset yang membuktikan bahwa omega 3, asam EPA dan DHA memiliki peran aktif untuk perkembangan otak dan jantung. Nah ini salah satu alasan mengapa cod liver oil memberikan manfaat untuk kecerdasan anak. Ibu hamil juga penting mengonsumsi Omega 3 untuk memaksimalkan perkembangan otak dan organ janin.

3. Melindungi kesehatan mata anak

Satu sendok makan minyak ikan kod setara dengan 4080 mikogram vitamin A yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin A yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan mata, jantung, paru-paru dan ginjal. Khususnya untuk kesehatan mata, minyak ikan Kod juga kaya akan antioksidan untuk mencegah penyakit mata yang merusak saraf optik seperti glaukoma dan kandungan asam lemak omega 3 nya membantu menjaga aliran darah ke mata secara optimal.

4. Untuk membantu Pembentukan tulang yang kuat dan mencegah rakitis

Selain vitamin A, kandungan vitamin D yang kaya dalam Minyak ikan Kod (satu sendok makan setara dengan 1360 IU Vitamin D) mampu mencukupi kebutuhan vitamin D anak setiap hari. Pentingnya vitamin D selain untuk penyerapan kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat, juga untuk mencegah Rakitis (penyakit tulang lunak atau kelainan bentuk tulang).

5. Melindungi kesehatan jantung

Kandungan asam lemak omega 3 dalam minyak ikan Kod merupakan asam lemak tidak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar trigliserida sehingga merupakan nutrisi penting untuk melindungi kesehatan jantung anak.

Dengan begitu banyaknya manfaat minyak Ikan Kod untuk tumbuh kembang anak, tentunya Moms perlu memperhitungkan untuk memasukkan suplemen ini sebagai salah satu nutrisi penting untuk anak. Nah tapi jangan lupa, satu tablet saja cukup untuk mendukung asupan vitamin A, vitamin D dan asam lemak Omega 3, EPA dan DHA setiap harinya. Konsumsi minyak ikan Kod yang berlebihan juga tidak baik karena bisa berakibat ke oversupply vitamin A dan vitamin D yang bisa menimbulkan penyakit lainnya.

Amankah untuk dikonsumsi anak? Iya. 
Aman untuk ibu hamil? Iya.
Aman untuk ibu menyusui? Iya.

Nah sudahkah Anda dan anak Anda mengonsumsi cod liver oil hari ini? Yuk Moms konsumsi minyak Ikan Kod untuk tumbuh kembang dan kecerdasan anak Anda.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

283 Febrina Budiman

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cod Liver Oil Mampu Mengoptimalkan Kecerdasan

Sebagian besar pasti sudah tau ya tentang minyak hati ikan kod, saya juga sudah mengonsumsinya dari kecil.

Beragam Manfaat Minyak Hati Ikan Kod

Minyak ikan saat ini sudah banyak digunakan sebagai suplemen makanan, baik itu untuk anak-anak maupun dewasa.

Segudang Manfaat Mengonsumsi Cod liver Oil

Pastinya Moms sudah tidak asing lagi kan dengan suplemen yang satu ini? Yap, minyak hati ikan kod atau Cod liver oil.