Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Minum Air Kelapa Saat Hamil Membuat Bayi Lahir Kulitnya Lebih Putih & Bersih?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  PREGNANCY  |  10 Oct '19


Siapa yang tak suka air kelapa muda? Baru lihat saja, sudah membuat air liur ngeces apalagi jika musim panas. Pasti menyegarkan sekali. Air kelapa muda tidak hanya menyegarkan moms tapi juga sangat bermanfaat apalagi jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Mungkin moms sering mendengar kata orang tua “Banyak minum air kelapa nak supaya nanti anaknya putih” “Kalau minum air kelapa anak yang dilahirkan nanti pasti bersih lho”. Apa iya begitu?

Saya termasuk orang yang doyan minum air kelapa. Saat hamil atau tidak hamil pun, saya sangat suka apalagi jika minum dan makan kelapa langsung di kebunnya. Rasanya pasti nikmat sekali. Waktu hamil anak pertama, saya rutin minum air kelapa waktu masuk trimester ketiga. Tapi nggak yang gila-gilaan banget ya moms minumnya. Saya tetap dengan dosis yang dianjurkan. Tidak berlebih-lebihan. Menurut saya, tidak ada pantangan makanan saat menjalani kehamilan yang penting kita konsultasikan ke dokter dan dosisnya pun yang sesuai. Jika memang memicu sesuatu hal yang tidak baik, lebih baik dihindari.

Alhamdulillah anak pertama saya lahir dengan selamat dan kulitnya putih. Mengikut ke mamanya. Berbeda dengan anak kedua saya, saya juga rutin minum air kelapa tapi kulit anak saya lebih kecoklatan mengikut ke kulit ayahnya. Jadi benar ada pengaruhnya nggak sih? Menurut saya tidak ada moms, air kelapa memang sangat berkhasiat tapi tidak berpengaruh pada kulit anak yang dilahirkan. Kulit anak putih, kuning langsat atau kecoklatan itu karena pengaruh genetik dari kedua orang tuanya. Bukan karena ibunya minum air kelapa.

Ada banyak manfaat mengonsumsi air kelapa bagi ibu hamil yang selama ini saya rasakan juga.

Manfaatnya mengonsumsi air kelapa antara lain:

1. Berfungsi sebagai antioksidan

Air kelapa mengandung banyak antioksidan yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh ibu saat hamil. Saat hamil, ibu biasanya rentan terhadap hal-hal yang tidak baik. Entah itu cuaca yang tidak baik, alergi terhadap polusi udara di mana-mana. Air kelapa bisa meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar sirkulasi darah dan juga membuat tubuh lebih fresh dan enerjik saat hamil.

2. Melancarkan system pencernaan

Ketika hamil, terjadi perubahan hormonal dalam tubuh. Terkadang si ibu mengalami sembelit dan gangguan pencernaan. Air kelapa sangat cocok untuk dikonsumsi karena adanya kandungan serat makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan, metabolisme tubuh dan mendetoksifikasi tubuh dari hal-hal yang tidak baik seperti perasaan mules saat hamil. Selain itu, biasanya kita sering mendengar ibu hamil mengeluh karena mengalami infeksi salurah kemih. Mengonsumsi air kelapa bisa jadi alternative agar buang air kecil menjadi lancar.

3. Meningkatkan volume dan menjernihkan air ketuban

Minum air kelapa di trimester ketiga dapat meningkatkan volume air ketuban sehingga janin di dalam kandungan bisa leluasa bergerak dan tercukup nutrisinya. Air kelapa mengandung elektrolit dan antioksidan yang berguna untuk menyerap lendir dan kotoran dalam air ketuban sehingga air ketuban bersih. Saya sudah merasakan manfaatnya moms, alhamdulilah kedua anak saya lahir tanpa ada masalah dengan air ketuban.

4. Sebagai kontrol berat badan saat hamil

Air kelapa tentunya bebas lemak jahat moms. Jadi dikonsumsi rutin saat hamil tidak akan membuat jarum timbangan berat badan ke arah kanan terus.

5. Mencegah dehidrasi

Risiko mengalami dehidrasi sering dialami oleh ibu hamil. Apalagi jika saat hamil mengalami morning sickness yang berkepanjangan. Terkadang kita jadi malas makan dan minum air putih. Air kelapa sangat cocok untuk dikonsumsi karena rasanya yang menyegarkan dan bisa meminimalisir terjadinya mules dan muntah pada ibu hamil.

Air kelapa sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan semua orang tak terkecuali bagi ibu hamil. Manfaatnya lebih kepada kesehatan tubuh ibu hamil dan bayinya bukan pada warna kulit bayi yang dilahirkan. Apapun dan bagaimana pun warna kulit bayi yang dilahirkan itu lebih kepada faktor genetik dari orang tuanya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

4018 Nurulynayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Vitamin Prenatal yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Salah satu hal yang sangat penting dilakukan ibu hamil adalah memberi nutrisi untuk tumbuh kembang janin.

Mempersiapkan Kehamilan yang Sehat

Moms sedang mempersiapkan kehamilan? Baik yang baru menikah ataupun yang sedang merencanakan anak ke-2?