Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Milk Blister: Musuh Kecil Ibu Menyusui

FEEDING  |  MY STORY  |  02 Aug '19


Masa menyusui adalah masa dimana perasaannya campur aduk seperti gado-gado hahaha.. Ada perasaan senang, capek, hopeless kalau ASI seret, semangat ataupun menderita sakit tertentu.

Nah, salah satu sakit yang cukup sering kualami selama menyusui OA adalah milk blister atau bleb atau jerawat puting. Milk blister merupakan istilah untuk jerawat kecil yang muncul di sekitar puting ibu menyusui.

Selama menyusui OA, milk blister yang sering terjadi di aku adalah akibat puting sering lecet, posisi menyusui yang salah (suka lelah kalau selalu di posisi yg benar) dan tekanan berlebih pada daerah payudara. OA yang gragas banget menyusuinya dan kulit putingku yang super sensitif menjadi combo super yahud untuk membentuk milk blister.

Biarpun bentuknya kecil dan tidak berbahaya, kenyataannya sangat menyakitkan T_T

Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut beberapa caraku mengatasi milk blister:

1. Kompres air hangat

Sudah sakit tetap menyusui? Yes moms, walau sakitnya luar biasa saat dikenyot, tetap ini pertolongan pertama yang alami dan terbaik untuk menyembuhkan milk blister. Namun kompreslah dahulu payudara dengan air hangat sembari dipijat kecil selama kira-kira 5 menit sebelum proses menyusui dimulai. Hal ini dilakukan karena panas bisa membantu 'membuka' saluran ASI yang terkurung dalam lapisan kulit payudara tersebut. Lalu langsung lakukan kegiatan menyusui setelah kompres.

2. Jaga kebersihan & kelembaban area puting

Pernah mendengar/melakukan mengoles ASI pada puting untuk mengobati lecet? Awal masa menyusui, ini sangat sering aku lakukan karena putingku sering lecet. Sangat ampuh memang mengobati lecet, tapi ternyata sisa-sisa ASI bekas olesan inilah yang membuat muncul milk blister pada putingku. Kalau tidak dioleskan ASI bila sedang tidak lecet, yang ada malah menjadi kering sehingga rentan memerah & lecet lagi. Oleh sebab itu, cara yang lebih tepat adalah dengan menyisipkan kapas yang ditetesi minyak zaitun atau aku seringnya minyak kelapa (VCO) pada puting di dalam bra setelah menyusui. Ini dilakukan bila tidak sedang lecet, agar kelembabannya terjaga. Namun apabila sedang lecet, bisa mengoleskan krim khusus untuk mengobati lecet pada payudara setelah menyusui. Dan jangan lupa untuk selalu membersihkan area puting dari sisa minyak atau krim ini ketika akan menyusui (misal saat kompres bisa sambil dibersihkan dengan air kompres hangat tersebut).

Apabila kesemua hal diatas sudah rutin dilakukan dan milk blister tak kunjung sembuh (tidak ada progress membaik) atau malah makin menjadi sakitnya dan juga bernanah, sebaiknya segera ke dokter. Milk blister di aku selama ini biasanya sembuh dalam kurun waktu kira-kira 2 mingguan moms. 

Memang wajar tidak langsung sembuh dalam beberapa hari saja setelah rutin melakukan tips diatas. Sembari di-treatment, sembari menyusui, tetap semangat dan positif terus, milk blister akan menghilang. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

654 Dwi Widyawati

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Mom

Para working Moms, tips berikut ini sangat membantu untuk menyukseskan menyusui si Kecil loh! Yuk, disimak!

Butuh Komitmen Untuk Working Moms Tetap MengASIhi

Komitmen merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para ibu bekerja dan yang memperjuangkan ASI. Yuk, simak cerita berikut ini.

Sulit Memompa di Kantor? Coba Datang Lebih Pagi

Datang ke kantor lebih pagi ternyata bisa menjadi Salah satu kuncii keberhasilan memompa loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Working Mom yang Eping Cerdas Memilih Pompa ASI

Bagi para Ibu bekerja, memompa ASI tentunya membutuhkan usaha ekstra. Yuk, simak tips dari Mom Inayah Soenaryo berikut ini.

Tips Mengatasi Kendala Menyusui

Moms, yuk simak tips mengatasi kendala menyusui ala Mom Dinar Indah Palupi berikut ini.

Si Kecil Mengalami GTM, Tetap Perjuangkan Hak ASI!

Di kala si Kecil GTM, jangan berhenti untuk memperjuangkan ASI untuk si Kecil ya stay at home Moms dan juga working Moms.

Tips Aman Memompa Asi Untuk Working Moms di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi dan masa adaptasi kebiasaan baru tentunya menuntut Moms semua juga memiliki kebiasaan baru dalam hal memompa ASI. Yuk, simak berikut ini.

Sukses Memompa ASI di Kala Bekerja

Ini cara working Moms untuk tetap bisa memompa ASI di kala sibuk beraktivitas.

Tips Sukses Memompa ASI Untuk Para Working Moms ala Ummah Uwais

Yuk Moms simak tips sukses memompa ASI ala Ummah Uwais berikut ini.

Operasi Benjolan Payudara Karena Salah Memompa ASI

Moms, salah memompa ASI ternyata dapat berakibat fatal loh. Yuk, simak cerita berikut ini.

10 Fitur yang Harus Dimiliki Pompa ASI Dual Motor

Tahukah, Moms, tentang keunggulan pompa ASI elektrik dual motor? Inilah 10 fitur penting dari pompa ASI jenis tersebut.

Pastikan Memilih Pompa ASI dengan Dual Motor, ya, Moms!

Pompa ASI saat ini juga hadir dengan dua pilihan, elektrik atau manual, dual pump atau single pump. Memilih pompa ASI yang nyaman memang [...]

Mengenal Manfaat Dual Motor pada Pompa ASI

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi baru pada alat pompa ASI. Moms dapat mencari pompa ASI terbaik dengan fitur-fitur berikut.

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Moms dan Si Kecil

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran busui tentang berbagai manfaat pumping, semua kalangan ibu menyusui kini [...]

Kelebihan Pompa ASI Dual Motor: Nyaman dan Efisien

Berbagai jenis pompa ASI saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran dari mulai model manual hingga elektrik dengan berbagai merk dan varian [...]

Pompa ASI Dual Motor Pilihan Buat Working Moms

Dalam memilih pompa ASI, ada hal lain yang perlu Moms perhatikan selain membeli yang sesuai kebutuhan Moms. Sebelumnya, tahukah Moms ada pompa [...]

Keunggulan dari Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI memang sudah menjadi barang yang harus dimiliki para ibu menyusui. Dengan adanya pompa ASI, Moms akan sangat terbantu saat melakukan [...]

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Kelancaran Menyusui

Banyaknya jenis pompa ASI sering membuat busui bingung. Aku menyarankan Moms untuk menggunakan pompa ASI Dual Motor.

Kenalan, Yuk, dengan Pompa ASI Dual Motor!

Moms pejuang ASI sudah seharusnya mendapatkan yang terbaik untuk mendukung produksi ASI mereka. Selain makan makanan bergizi, Moms juga perlu [...]

Pompa Asi Dual Pump, Membantuku Pasca Melahirkan

Memerah susu sangat disarankan terutama untuk ibu yang bekerja di luar dan mempunyai mobilitas tinggi. Bagiku, alat yang cukup membantu dalam [...]