Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Metode Kontrasepsi IUD, Gimana sih Cara Kerjanya?

OTHERS  |  PARENTING  |  18 Apr '20


Sebenarnya ada banyak metode atau alat kontrasepsi yg digunakan, tapi akhirnya saya putuskan pakai IUD atau mgkn yg lebih dikenal dengan istilah spiral. IUD sendiri ada beberapa macam, saya pakenya yg Nova T 380 (IUD tembaga non-hormonal).


Apa itu IUD?

Alat kontrasepsi intra-uterus (di pasang di dalam rongga uterus) terbuat dari bahan plastik berwarna putih, berbentuk T termodifikasi dengan kawat tembaga berwarna perak di bagian tengahnya dan ada tali benangnya.

Bagaimana cara pemasangannya?

Utk pemasangannya sebaiknya antara waktu 1-3 bulan setelah melahirkan supaya bentuk rahim sudah kembali normal, atau bisa juga sesaat setelah haid. Dokter akan melakukan pengecekan rongga uterus terlebih dahulu. IUD bisa dipasang jika rongga uterus minimal 7cm. Jika tdk sampai 7cm maka dokter akan menganjurkan mengganti KB jenis suntik dll

Sakit ga waktu dipasang?

Sakit sih ada sedikittt, tapi ga ada apa-apanya dibanding melahirkan normal haha. Efek samping yg normal adalah nyeri (kayak lg haid) karena tubuh masih mengidentifikasi sebagai benda asing). Nyeri max 3 bln, setelah itu normal kembali. Dokter akan kasih antibiotik dan obat nyeri juga. Oh ya ini juga aman bagi ibu menyusui

Kapan perlu kontrol lagi?

Bagi yg setelah melahirkan dan belum menstruasi, dokter menyarankan utk USG lg setelah haid pertama selesai. Biasanya posisinya akan turun sedikit, sehingga benangnya perlu dipotong sedikit. Setelah itu ga perlu kontrol lagi

Gimana cara kerja IUD Nova?

1. Tembaganya (yg di tengah) berfungsi untuk membunuh sperma yg masuk rahim
2. Jika ada sperma yg lolos, maka bgn atasnya menghalangi sel sperma untuk masuk ke dalam tuba falopi atau saluran antara rahim dengan indung telur, sehingga tak bisa bertemu dan membuahi sel telur

Berapa lama penggunaannya?

IUD adalah metode kontrasepsi jangka panjang (3-5 thn). IUD Nova T ini non-hormonal jd tdk pengaruh ke hormon yg bs membuat gemuk (kecuali emang doyan makan hehe)

Ada yang masih takut pasang KB IUD? Ternyata ga seseram yg dibayangkan kok, kayaknya lebih seram kalo hamil lagi deh hehe. Semoga bermanfaat. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

848 Christel Felicia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Buat Paspor untuk si Kecil? Mudah dan Cepat, kok!

Siapa bilang membuat paspor itu ribet? Sekarang ini prosesnya mudah dan cepat kok Moms and Dads! Yuk, simak berikut ini.

Tips Mengatasi Mommy Shaming

Apa yang harus dilakukan jika Moms menjadi korban Mommy shaming? Yuk simak tips berikut ini!

Apa Itu Co-Parenting?

Moms pernah mendengar istilah co-parenting? Yuk simak penjelasannya lebih dalam berikut ini

Merayakan Ultah Anak dengan Minimal Budget dan Hasil Maksimal

Merayakan ulang tahun anak dengan maksimal juga bisa dilakukan dengan budget terbatas lho Moms!

Tips agar si Kecil Mau Sikat Gigi

Apakah si Kecil termasuk anak yang susah untuk diajak sikat gigi? Yuk coba ikuti tips dari Mom Rae berikut ini.

Hentikan Kebiasaan Membandingkan Perkembangan si Kecil

Mungkin banyak dari Moms yang melakukan kebiasaan ini, namun ternyata membandingkan anak itu tidak baik lho Moms.

Bagaimana Agar Tidak Merasa Bersalah Meninggalkan Anak Untuk Bekerja?

Untuk mengurangi rasa bersalah kepada anak ketika ditinggal bekerja ada tipsnya berikut ini

5 Mitos tentang Mutisme Selektif

Apa itu gangguan Mutisme Selektif? Adakah kaitannya dengan autisme? Simak penjelasannya berikut ini.

Lakukan Hal Ini Ketika si Kecil Tidak Ingin Ditinggal

Jika si Kecil menunjukkan tanda-tanda memasuki masa separation anxiety, coba atasi dengan melakukan hal ini.

Tips Hadapi Separation Anxiety pada Bayi

Si Kecil rewel Moms? Mungkin karena separation anxiety? Begini nih Moms cara atasinya

Tips Rumah Aman untuk si Kecil

Waspadai benda-benda di rumah yang dapat membahayakan si Kecil. Berikut tips rumah aman bagi si Kecil.

Bagaimana Jika Anak Dilabeli Nakal?

Bagaimana mengatasi anak yang dicap nakal oleh orang lain? Berikut cara mengatasinya ala Mom Fara

Tips Aman Meninggalkan Anak dengan Pengasuh

Meninggalkan anak dengan pengasuh membuat hati tidak tenang ya Moms. Berikut tips aman meninggalkan anak dengan pengasuh ala Mom Intan

Pengaruh Perilaku Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak

Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh berbagai macam hal, terutama oleh perilaku kita sebagai orang tua Moms.

Efek Psikologis Perceraian pada Anak

Tak hanya dirasakan oleh pasangan suami istri, ternyata perceraian juga memiliki dampak yang kuat terhadap anak.

Trik Agar si Kecil Mau Menggosok Gigi

Bagaimana caranya agar Si Kecil mau dan suka menggosok gigi? Yuk simak tips dari Mom Sarah berikut ini.

Normalkah Kalau Anak Tidak Bisa Diam?

Apa si Kecil susah diam? Bisa jadi hal tersebut menandakan bahwa ia adalah seorang anak yang hiperaktif.

Manfaat Membacakan Buku Sejak Bayi

Membaca buku sangat penting diperkenalkan pada si Kecil sejak usia dini. Apa saja manfaat dari membacakan buku untuknya?

Pentingnya Membiarkan Bayi Menjalani Fase Oral

Apa yang harus Moms lakukan saat si Kecil suka memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya? Mom Kristiani membagikan tipsnya berikut ini.

Aktivitas yang Membahayakan Kepala Balita

Di masa transisinya, si Kecil terlihat senang membenturkan kepalanya. Di masa transisinya, si Kecil terlihat senang membenturkan kepalanya. Apa [...]