Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Merubah Kebiasaan Tidur Digendong pada Bayi

GROWTH & DEVELOPMENT  |  15 Mar '19

Kebiasaan bayi yang hanya mau tidur kalau digendong sering membuat frustasi banyak orang tua. Terlebih lagi jika bayi sudah tidur dan dibaringkan di tempat tidur, bahkan ketika sudah dilakukan dengan sangat perlahan, dia pasti langsung tersadar dan menangis. Bayi menangis ketika dibaringkan karena protes, seakan-akan mau mengatakan: "Bukan begitu biasanya saya ditidurkan!" Pada prinsipnya bayi tergantung dari kebiasaan yang dibuat oleh orang tuanya.

Bagaimana merubah kebiasaan tidur gendong?

Pertama, kenali dulu tanda-tanda bayi sudah mengantuk. Biasanya ditandai dengan sering menguap dan melamun. Jika mulai menguap, segera beri susu dengan posisi duduk sandaran bantal. Jika sudah melamun, coba baringkan bayi di tempat tidur sambil menepuk-nepuk punggung. Pada awalnya dia pasti protes dengan cara menangis. Jangan buru-buru diangkat, tunggu beberapa menit lalu angkat sambil memeluknya dan tetap menepuk-nepuk. Setelah tenang, maka baringkan kembali. Hal ini akan terjadi berulang kali, namun tetap lakukan itu terus sampai akhirnya bayi tertidur. Cara ini saya terapkan selama 1 minggu berturut-turut, namun percayalah setelah itu bayi akan terbiasa tidur sendiri tanpa harus digendong dengan drama tangisan.

Kunci terpenting dalam proses merubah kebiasaan tidur digendong adalah konsistensi. Jika Moms menyerah karena tidak tega melihat si bayi menangis dan kembali menggendongnya untuk menidurkannya, ia akan kembali ke kebiasaan lama dan perlu dari awal lagi untuk merubah kebiasaannya itu.

Kunci terpenting dalam proses merubah kebiasaan tidur digendong adalah konsistensi.

Semoga bermanfaat.

By: Sherly ocktavia

Copyright by Babyologist

234 Sherly ocktavia

Comments

Related Stories