Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Merawat Pompa ASI Hingga Tahan Lama

BRANDS  |  FEEDING  |  07 Dec '18


Alat pompa ASI bagi ibu menyusui tentunya bukan lagi hal baru. Alat ini sudah menjadi salah satu peralatan wajib untuk mendukung kelancaran aktivitas ibu dalam menyusui bayinya. Untuk itu, Moms perlu tahu bagaimana cara menjaga pompa ASI yang baik supaya lebih awet dan tahan lama.

Merawat pompa ASI tentunya membutuhkan trik khusus mulai dari cara membersihkan hingga cara menyimpannya. Dengan membersihkan pompa dan menyimpannya di tempat yang aman, bukan hanya akan membuat pompa ASI tahan lama tetapi juga mencegah terjadinya kontaminasi ASI yang mungkin terjadi saat proses pumping.

Tips Membersihkan Pompa ASI

Seusai digunakan, tentunya pompa ASI wajib dibersihkan dari noda-noda susu yang menempel. Sebab, jika dibiarkan begitu saja, noda ASI ini bisa ditumbuhi bakteri dan jamur, bahkan sampai mengundang semut. Tentu Moms tidak mau, kan?

Tak hanya soal bakteri dan jamur, pompa ASI yang jarang dibersihkan juga mudah dihinggapi debu dan kotoran. Jadi ketika memompa, ASI perah di dalamnya akan ikut tercemar. Lalu, bagaimana cara membersihkan pompa ASI yang benar?

  1. Selalu simpan pompa ASI yang tidak digunakan di wadah tertutup yang kedap udara, sehingga meminimalisir dari terkena debu dan kotoran.
  2. Bersihkan selalu pompa ASI setiap kali selesai digunakan dan keringkan dengan baik agar terhindar dari bakteri dan jamur.
  3. Cuci bagian pompa yang terkena noda susu dengan sponge yang lembut, jangan dengan sikat supaya tidak menimbulkan goresan pada permukaannya.
  4. Khusus untuk valve, cucilah menggunakan tangan dengan lembut. Hindari mencuci valve dengan sponge apalagi dengan sikat.
  5. Sebetulnya, mensterilkan spare-part pompa ASI tidak diwajibkan, asalkan seluruh spare-part sudah dicuci dengan benar dan kering dengan sempurna sebelum disimpan di rak. Namun, jika tidak yakin, Moms dapat mensterilkan dengan cara yang benar.

Tips Merawat Pompa ASI

Seperti halnya barang lain, pompa ASI yang dirawat dengan baik tentu akan semakin terjaga keawetannya sehingga lebih tahan lama. Berikut ini adalah cara-cara merawat pompa ASI dengan benar:

  1. Bacalah terlebih dahulu buku panduan dari produsen sehingga Moms lebih tahu apa saja yang diperbolehkan dan tidak dalam menggunakan pompa ASI ini.
  2. Pilih pompa ASI yang dilengkapi dengan sistem perlindungan anti backflow (closed system) sehingga ASI tidak akan masuk ke dalam motor unit, dengan begitu pompa ASI menjadi lebih awet.
  3. Bila sudah tidak dipakai, lepaskan kabel adaptor dari colokan supaya menjaga mesin pompa tetap awet karena terhindar dari listrik statis.
  4. Periksa katup/membran breast pump bila daya hisapan sudah terasa berkurang. Untuk pemakaian normal, disarankan untuk diganti untuk pemakaian selama 6 bulan atau lebih.

Semoga bermanfaat.

By. Babyologist Editor

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2661 Spectra Baby Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Nyaman & Aman Pumping di Tempat Umum

Pumping memang lebih nyaman dilakukan di rumah, Namun bagaimana jika Moms terpaksa pumping di tempat umum?

Memancing LDR Agar Pumping Lancar

Memancing LDR aat pumping itu memang gampang-gampang susah. Apa saja tips-nya?

5 Tips Pumping untuk Moms Super Sibuk

Terkadang, bagi Moms yang sangat aktif, pumping jadi hal yang sedikit menantang. Lalu, bagaimana solusinya?

Babyo Review Mother's Corn Cutie Spoon, Cutie Fork, & Chopstick Training Set

Banyak alat makan yang tersedia untuk anak. Tapi, alat makan seperti apa yang benar-benar aman untuk si Kecil?

Babyo Review Mother's Corn Smart Petit Econtainer Set

Mungkinkah si Kecil diberi perlengkapan makan yang terbuat dari bahan alami? Simak disini jawababnnya!

Babyo Review Spectra Q+

Selain mungil, masih ada kelebihan yang dimiliki oleh Spectra Q+. Penasaran? Cari tahu jawabannya disini!

Berapa Suhu Terbaik untuk Menghangatkan ASIP?

Berapa suhu tepat untuk menghangatkan ASIP dan bagaimana cara yang menghangatkannya? Cari jawabannya disini!

Kiat Memompa ASI Tanpa Ribet Ala Working Moms

Mungkinkah pumping di tempat kerja? Simat kiat-kiat memompa ASI tanpa ribet ala working Moms di bawah ini!