Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Merawat Kulit si Kecil yang Cenderung Sensitif

HEALTH TIPS  |  15 Mar '19

Kulit bayi yang cenderung sensitif memang perlu perawatan khusus. Karena kulit bayi lebih tipis dan rentan iritasi. Salah-salah dalam perawatannya, bisa jadi malah menimbulkan masalah pada kulit si kecil.

Beberapa hal di bawah ini yang saya lakukan untuk merawat kulit si Kecil:

1. Jangan terlalu sering memandikan bayi

Awalnya ibu mertua yang bilang begitu, katanya mandiin pagi aja, sorenya cukup diseka aja. Saya pikir kasian ya kalau sore tidak mandi juga, kan pasti keringetan dan tidak segar. Tapi ternyata setelah saya cari tahu, ada benarnya juga lho Moms. Kulit bayi memiliki minyak alami sebagai pelembap. Nah jika bayi terlalu sering dimandikan, maka bisa jadi minyak alami itu berkurang, salah satunya karena pemakaian sabun dan kulit si Kecil malah menjadi kering.

2. Pilih produk skincare yang tepat

Ini harus sangat hati-hati Moms, karena langsung menyentuh kulit si Kecil. Jangan sampai salah pilih dan menyebabkan masalah pada kulit si Kecil. Pilih skincare yang SLS free, bebas pewarna, pewangi, alkohol serta bahan kimia lainnya yang dapat berbahaya bagi kulit si Kecil. So, jangan malas baca ingredients-nya sebelum membeli skincare untuk si Kecil ya, Moms.

3. Minimalisir pemakaian bedak

Anakku sendiri baru pakai bedak (hanya di wajah) di usia 10 bulan, dan itu pun pakai bedak padat khusus bayi. Kenapa begitu? Karena anakku ternyata alergi bedak, awal-awal karena ketidaktahuan, setiap selesai mandi saya pasti pakein bedak ke badannya. Tapi malah timbul bintik-bintik merah. Dan setelah diperiksa ke dokter, ternyata anakku alergi bedak. Sebisa mungkin hindari pemakaian bedak. Karena bedak bayi mengandung partikel yang amat halus yang dapat dengan mudah terhirup oleh bayi. Efeknya mungkin tidak baik untuk kesehatannya.

Jika mau menggunakan bedak bayi, gunakanlah secara tipis pada kulit si Kecil. Tetap perhatikan ingredients-nya, serta hindari bedak yang mengandung bahan berbahaya seperti paraben. Jangan berikan bedak pada bagian-bagian leher, ketiak, pangkal paha dan kelamin. Karena ketika bayi berkeringat, bedak akan bercampur dengan keringat dan menjadikannya biang keringat atau iritasi pada kulit bayi yang menimbulkan kemerahan di kulit.

4. Rutin membersihkan area lipatan

Seperti pada leher, ketiak, daun telinga bagian belakang dan selangkangan.

5. Menjaga kebersihan popok bayi

Cek selalu apakah popok si Kecil masih kering atau tidak. Selain untuk kenyamanan si Kecil, hal ini berguna juga untuk mengurangi risiko ruam popok.

6. Menjaga kelembapan kulit si Kecil

Bisa dengan cara memakai pelembap khusus bayi, namun tetap pilih produk yang terbaik dan selalu lihat ingredients-nya. Rutin memijat si Kecil juga menurut saya adalah salah satu cara menjaga kelembapan kulit si Kecil. Karena ketika kita memijat bayi, otomatis kita akan menggunakan minyak-minyakan seperti baby oil atau olive oil. Selain membuat si Kecil nyaman, kelembapan kulitnya pun akan terjaga.

7. Menjemur bayi di pagi hari

Semoga bermanfaat.

By: Ratna Sari Nur Holik

Copyright by Babyologist

102 Ratna Sari Nur Holik

Comments

Related Stories