Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Merasa Tidak Sehat Saat Hamil dan Berpuasa, Haruskah Segera Membatalkan Puasa?

PREGNANCY  |  15 May '19

Ya, Moms yang sedang hamil harus segera membatalkan puasa apabila merasa tidak sehat. Hukum Islam memberi Moms izin jelas untuk tidak berpuasa jika Moms merasa tidak kuat atau tidak sehat.

Jika Moms merasa tidak sehat, atau khawatir dengan kesehatan si Kecil, Moms harus segera berhenti berpuasa dan langsung menghubungi dokter umum atau bidan.

Jika puasa membuat Moms merasa lemah, pusing, atau bingung, kemungkinan besar si Kecil tidak akan merasakan dampaknya secara langsung. Namun, gejala ini bisa berbahaya. Misalnya saja, jika Moms pingsan saat berjalan atau mengemudi, Moms dapat membahayakan diri sendiri dan si Kecil. Moms juga bisa mengalami dehidrasi yang meningkatkan risiko komplikasi seperti infeksi saluran kemih.

Puasa terkadang dapat memperburuk masalah kehamilan umum seperti morning sickness atau hyperemesin gravidarum, sakit kepala, kelelahan, gangguan pencernaan, mulas, sembelit, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Jangan tunggu sampai Moms merasa tidak sehat untuk membatalkan puasa.

Moms juga disarankan tidak berpuasa jika mengandung anak kembar dua atau lebih. Pasalnya, pada tahap kehamilan, Moms cenderung mengalami gejala pusing, pandangan kabur, mual, muntah, sakit kepala, sembelit, dan kelelahan. Semua gejala ini dapat diperburuk dengan tidak makan atau minum untuk waktu yang lama.

Moms juga mungkin merasakan kekhawatiran seputar menjadi ibu baru. Ditambah dengan perubahan rutinitas dan diet, Moms mungkin akan stres. Wanita hamil yang berpuasa memiliki kadar hormon stres (kortisol) yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak berpuasa.

Semua hal yang telah disebutkan di atas dapat berpotensi membahayakan kesehatan Moms dan si Kecil. Bijaklah dalam menentukan apakah Moms akan berpuasa atau tidak selama hamil.

280 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories