Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Menyusuilah Dengan Keras Kepala

MY STORY  |  15 Aug '17


Banyak yang bilang menyusui adalah hal yang paling "alami" antara ibu dan anak. Faktanya, banyak ibu yang mengalami kesulitan memberi ASI eksklusif kepada buah hati mereka.

Pada saat saya hamil Aria (sekarang menginjak 7 bulan), saya sangat getol meresearch mengenai ASI dan breastfeeding. Saya benar-benar ingin mencoba memberikan ASI eksklusif kepada Aria paling tidak selama 6 bulan. Saya sebenarnya sangat nervous karena saya adalah anak sufor, demikian pula dengan suami saya. Dan tentu saja, tiap kali saya menyuarakan kecemasan saya, kedua pasang orang tua akan berkata "Nggak apa-apa, kalau susah sufor saja!"

Salah satu bantuan terbesar yang saya dapatkan adalah cerita dari teman saya yang juga sedang menyusui. Dia memberikan ceritanya secara raw and uncensored - exactly what I needed! Dia berkata bahwa menyusui itu susah sekali awalnya, namun setelah 6 minggu it will get easier! Dia juga memberikan tips dan trik yang sangat applicable.

So here's what I have learned so far!

  • Meng-ASI-hi adalah proses belajar dari antara ibu dan anak.
    Anak belajar melekat, dan ibu belajar mencari posisi yang tepat. Jangan ragu mencoba posisi seperti football hold, side-lying, cross cradle dan lain sebagainya. Bentuk payudara yang berbeda membutuhkan posisi yang berbeda.
  • Bayi yang baru lahir bisa bertahan hidup selama tiga hari tanpa makan dan minum!
    Air susu Anda biasanya "datang" pada hari kedua dan ketiga. Hari pertama, si bayi biasanya sangat mengantuk. Pastikan dia menyusu setidaknya setiap 3 jam sekali untuk merangsang susu Anda. Kadang-kadang malam kedua bayi akan melakukan feeding frenzy, alias minta menyusu tiap 1-2 jam. Ini bukan berarti Anda tidak memiliki kuota susu yang cukup, tetapi adalah mekanisme alam dimana bayi terus-terusan menyusu untuk memompa produksi susu ibunya. What an amazing thingThe more you breastfed your baby, the more milk you make!
  • Sedia nipple balm dan kompres payudara.
    Seringkali pada minggu-minggu pertama air susu Anda tumpah ruah sehingga Anda mengalami mastitis atau engorgement. Kompres panas sebelum menyusui membantu air susu keluar dan kompres dingin setelah menyusui meredakan rasa sakit. Jangan khawatir, setelah 4-6 minggu tubuh Anda akan paham berapa banyak susu yang dibutuhkan si kecil.
  • Minum air putih yang banyak.
    Air putih akan membantu produksi air susu Anda. Sebenarnya saat breastfeedinglah Anda makan untuk dua orang (eat for two) jadi pastikan Anda mengkonsumsi makanan dengan asupan gizi yang baik.
  • Percayalah pada Si Kecil.
    Salah satu pertanyaan saya kepada diri sendiri adalah Am I making enough milk? Apalagi saat Aria mengalami growth spurt (bayi minta menyusu terus untuk beberapa hari karena kebutuhannya bertambah dan mereka memberi "signal" kepada tubuh ibunya untuk memproduksi lebih banyak susu). Selama berat badan normal dan produksi urine dan BAB si kecil baik, dia mendapatkan nutrisi yang cukup. Semakin besar bayi semakin lihai dalam menyusui. Saat Aria baru lahir dia menyusu 20-45 menit dan sekarang setelah 10 menit dia sudah ngomel minta main!
  • It gets easier, and better.
    Semakin ahli Anda dan bayi melekat, semakin mudah Anda menyusui. Dan momen dimana Anda mendekap si kecil, skin-on-skin, dengan jemari kecilnya yang lincah menyusuri kulit Anda... It's a moment that worth the fight!
  • Fed is best.
    Jika memang sufor dibutuhkan, jangan merasa kecil hati! Ada beberapa ibu yang memang karena kondisi fisik mereka tidak bisa menyusui. Selama si kecil sehat dan bertumbuh, you're doing a great job mama!

Menyusuilah dengan keras kepala. Percayalah bahwa Anda bisa meskipun orang-orang di sekitar Anda atau mungkin diri Anda sendiri meragukan kemampuan Anda untuk menyusui. Persistence is key when it comes to breastfeeding! 

PS: Saya sekarang ketagihan menyusui. Aria masih ekslusif ASI dan semoga bisa sampai dua tahun! Semangat!

By: Audrey Lai

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

5179 Audrey Lai

Comments

LATEST POSTS

Lahiran Normal vs Sesar

Apa perbedaan melahirkan dengan normal dan sesar? Yuk simak pengalaman Mom Jenny

Ibu Menyusui Sering Haus, Mengapa Begitu?

Saat menyusui Moms sering mengalami haus yang berlebihan. Wajarkah hal ini terjadi? Mari temukan jawabannya berikut ini.

Mastitis-Abses Sembuh Tanpa Obat Kimia

Apakah Moms adalah penderita mastisis? Moms, yuk simak pengalaman Mom Riri berikut dalam mengatasi mastitis yang Ia alami.

Babyo Talk with Mom Jovanzka Mengenai Kehamilan dan Baby Blues

Yuk simak cerita dari Mom Jovanzka seputar kehamilan dan baby blues serta bagaimana ia mengatasinya.

Manfaat Bertelanjang Kaki Pada Bayi

Tahukah Moms, Si Kecil dibiasakan bertelanjang kaki jauh lebih baik daripada beralas kaki, Kenapa?

Baby-O-Talk With Doctor and Mom, Nurul Hidayati

Apa rahasia Mom sekaligus Dokter Nurul menjalani kehidupannya sebagai ibu dan juga dokter umum? Bagaimana cara beliau membagi waktu? Yuk, simak [...]

Baby-O-Talk With Working Mom, Michelle Gouw

Menjadi seorang ibu adalah tanggung jawab yang besar apalagi di iringi dengan bekerja. Yuk, simak cerita dari Mom Michelle Gouw berikut ini.

Baby-O-Talk With Mom Tita Seputar Pengalaman Menjadi Seorang Ibu

Mom adalah pekerjaan yang tidak mudah, mari kita simak pengalaman Mom Tita menjadi seorang ibu.

Baby-O-Talk With Mom Adhitya Seputar Stimulasi Kandungan

Adhitya Putri memiliki cara tersendiri untuk menstimulasi kandungannya, seperti apakah itu?

Babyo Talk With Mom Jessica Forrester Seputar Stimulasi Kandungan

Stimulasi ternyata juga penting bagi ibu yang sedang hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Jessica Forrester mengenai Stimulasi berikut ini.

Tips Menghadapi Gender Disappointment

Pernahkah Anda mengalami kekecewaan karena jenis kelamin janin tidak sesuai dengan yang diharapkan? Yuk, simak pengalaman Mom Sylvia berikut ini.

Baby-O-Talk with Mom Gisel Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Gisel mengenai vaksin!

Baby-O-Talk with Mom Silvia Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Silvia mengenai vaksin! Yuk, disimak.

Baby-O-Talk with Mom Lina Seputar Menyusui

Pembahasan mengenai menyusui tidak ada habisnya. Kali ini, Babyologist bertanya-tanya kepada Mom Lina seputar menyusui.

Mama Takut Menyusui Anak?

Bayi tidak bisa menyusu? Emang ada? Ini yang dialami oleh Mom Marlisa dan Baby Eegan. Mari simak ceritanya berikut ini.

Jaga Sendiri or Pakai Suster?

Mom Michelle Gouw berbagi cerita dan suka duka selama masa kehamilan dan merawat bayi dengan bantuan suster. Yuk simak bersama.

Kenapa Anak Mimisan?

Kenapa anak bisa mimisan? Apa yang sebaiknya dilakukan ketika anak mimisan? Berikut pengalaman dari Mom Sherlly.

Strawberry Hemangioma Awareness

Strawberry Hemangioma? Apa itu? Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hemangioma? Mari simak cerita dari Mom Tita.

Baking Bersama Kathleen

Baking bersama di dapur bisa menjadi kegiatan yang educative dan fun loh Moms! Yuk simak cerita Mom Sarah berikut ini.

Steps to Recovery After Miscarriage

Bagi pasangan yang mengharapkan seorang anak, keguguran merupakan kesedihan yang sangat mendalam. Berikut cerita dari Mom Ricka.