Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Menstrual Cup Pengganti Pembalut, Yay Or Nay?

HEALTH TIPS  |  MOM STYLE  |  14 Jan '19


Menstruasi sudah menjadi siklus bulanan wanita yang masih dalam masa reproduksi. Untuk menampung cairan haid selama menstruasi, berbagai produk digunakan mulai dari pembalut, tambon hingga menstrual cup. Nah Moms tahukah apa itu menstrual cup? Menstrual Cup adalah cawan kecil yang terbuat dari bahan silicone yang digunakan untuk menampung darah haid selama menstruasi dengan cara dimasukkan ke dalam vagina.

Cara penggunaan menstrual cup yaitu dengan menguncupkan menstrual cup kemudian masukan ke dalam vagina. Setelah di dalam vagina menstrual cup ini akan mengembang ke bentuk semula dan bisa menampung darah haid selama beberapa jam.

Untuk mengeluarkannya cukup dengan menarik keluar menstrual cup kemudian buang darah yang tertampung di dalamnya. Untuk membersihkannya cukup dengan mencuci menggunakan air bersih kemudian bisa dipakai kembali. Namun dianjurkan agar menstrual cup disterilkan dengan air panas atau cairan antiseptik sebelum dan sesudah masa menstruasi.

Sebenarnya menstual cup ini sudah sejak lama ada namun di Indonesia sendiri penggunaan menstrual cup tidak sepopuler pemakaian pembalut. Banyak wanita Indonesia yang masih asing dengan menstrual cup.

Namun akhir-akhir ini banyak influencer di media sosial yang memperkenalkan menstrual cup sehingga menjadi hits di kalangan wanita Indonesia. Sedangkan di luar negeri justru menstrual cup paling banyak digunakan saat menstruasi karena diklaim memiliki beberapa kelebihan dibandingkan pembalut.

Kelebihan menstrual cup dibandingkan pembalut

  1. Terbuat dari silicone sehingga bebas dari klorin, pewangi, serta bahan bahan kimia lainnya.

  2. Ramah lingkungan karena tidak dibuang seperti halnya pembalut. Setelah penuh dengan cairan haid dibuang dalam toilet kemudian dicuci dan dipakai kembali sehingga tidak mencemari lingkungan.

  3. Lebih hemat meskipun harganya ratusan ribu sehingga terkesan mahal dibandingkan harga pembalut namun karena cukup 1 kali beli bisa digunakan berkali kali bahkan sampai 10 tahun jadi tentunya lebih ekonomis. Tidak seperti pembalut yang harus membelinya setiap pemakaian.

  4. Tidak harus sering menggantinya karena bisa digunakan untuk menampung cairan haid 5-9 jam tergantung banyaknya cairan haid selama menstruasi.

  5. Lebih fleksibel mengikuti gerak tubuh karena berada di dalam vagina.

  6. Risiko tembus atau bocor sangat minim dengan catatan sudah memahami siklus menstruasi sehingga tahu kapan menstrual cup harus dikosongkan.

  7. Bebas dari bau tidak sedap karena berada di dalam vagina. Biasanya bau tidak sedap diakibatkan darah haid yang menyatu dengan klorin ataupun zat zat kimia dalam pembalut.

  8. Bentuknya lebih kecil daripada pembalut dan tersedia dalam berbagai ukuran sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing wanita. Karena wanita yang telah menikah dan melahirkan biasanya memiliki ukuran yang lebih besar.

  9. Bisa digunakan untuk aktivitas dalam air terutama saat berenang karena tahan dalam air tidak menyebabkan cairan haid kemana-mana.

Namun selain diklaim lebih baik daripada memakai pembalut, menstrual cup ini juga memiliki kekurangan di antaranya:

  • Pemakaiannya tidak se-simple pembalut terutama karena perlu dimasukan ke dalam vagina sehingga terkesan menakutkan.

  • Perasaan tidak nyaman saat pertama kali memasukan benda asing ke dalam organ intim.

  • Butuh waktu adaptasi sebelum memakai menstrual cup sampai benar benar merasa nyaman.

  • Konsep memasukkan benda asing ke dalam vagina sampai saat ini masih menjadi kontroversi dan perdebatan. Banyak yang menganggap hal yang tabu terutama bagi wanita yang belum menikah untuk memasukan benda ke dalam vagina.

  • Risiko iritasi terutama yang tidak piawai memasangnya.

Nah Moms apakah berminat menggunakan menstrual cup  sebagai pengganti pembalut?

Semoga bermanfaat.

By: Kurniati Solekha

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

749 Kurniati Solekha

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Intip 5 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui Berikut Ini

Bagaimana menurunkan badan saat menyusui? Simak ulasan lengkap cara cepat menurunkan berat badan saat menyusui

Diet Carbo ala Mom Jessica Forrester

Bagaimana ya cara Mom Jessica bisa mendapatkan tubuh ideal setelah menyusui? Mari kita simak tipsnya!

Perawatan Pasca Melahirkan

Tak hanya perawatan fisik, wanita yang habis melahirkan juga memerlukan perawatan emosional.

Tips Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan ala Mom Ruly

Tubuh ideal pasca melahirkan merupakan idaman para wanita. Berikut tips turunkan BB ala Mom Ruly

Tips Berdua dengan Newborn di Rumah

Saat hanya berdua dengan newborn, Moms harus bijak dalam mengatur waktu untuk istirahat agar tetap sehat.

Setelah Melahirkan Tidak Boleh Keramas, Benarkah?

Apakah Moms masih mengikuti tradisi orang tua yang tidak mandi dan keramas setelah melahirkan?

Cara Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Berat badan tetap ideal setelah melahirkan tentu idaman setiap wanita. Tapi bagaimana caranya ya?

Bolehkah Diet Mayo Saat Menyusui?

Diet mayo telah teruji klinis mampu menurunkan BB secara signifikan. Namun, bolehkah diet ini dilakukan oleh ibu menyusui?

Amankah Diet dengan WRP Selama Menyusui?

Mengembalikan tubuh ke porsi ideal adalah keinginan setiap Moms setelah melahirkan. Berbagai cara dilakukan, termasuk diet dengan susu rendah [...]

Langkah Awal Memulai Pola Hidup Sehat

Untuk dapat memiliki pola hidup sehat ternyata bukan hal yang sulit, bahkan Anda dapat melakukannya tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun.

Diet Ketat Ala Pangeran Harry

Demi mendapatkan berat badan yang ideal, wanita mencoba berbagai metode diet, salah satunya adalah diet ala Pangeran Harry.

Waspada Depresi Postpartum, Perhatikan Gejalanya

Terdapat 3 level gejala depresi postpartum yang umumnya terjadi pada seorang ibu. Apa sajakah dan bahayakah dalam jangka panjang?

Memakai Sunscreen Menyebabkan Alzheimer?

Sunscreen memang berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari, namun apakah benar bisa memicu alzheimer?

Rahasia Tubuh Tetap Langsing Selama Menyusui

Wanita mana setelah melahirkan tidak menginginkan bentuk tubuh idealnya kembali? Yuk, simak yang berikut ini.

Cegah Ibu Depresi Dengan Cara Ini

Salah satu kendala setelah melahirkan yang banyak dialami oleh para ibu adalah baby blues. Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi baby blues?

Perawatan Atasi Stretch Marks Zaman Now

Tahukah anda bahwa kemunculan stretch marks tidak dapat dicegah? Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Marik, simak yang beriktu ini.

Bolehkah Diet Selama Menyusui?

Bisakah ibu menyusui diet sehingga berat badan kembali normal? Tentu saja bisa. Tetapi perlu diperhatikan agar diet Anda sehat. Mari simak [...]