Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Menstimulasi Bayi Ala Mommy Carol

REVIEWS  |  20 Jul '17

Bayi dilahirkan dengan berjuta potensi. Otak bayi bersifat plastis dan sangat cepat sekali menyerap berbagai stimulasi yang diterima. Sebagai orang tua kita perlu untuk membantu mereka mengembangkan potensi-potensi yang ada dengan memberikan stimulasi sebanyak mungkin sejak dini. Dan untuk mengembangkan potensi-potensi atau memberikan stimulasi itu tidak diperlukan biaya yang wah dan besar sampai menguras dompet kok Moms. Mulai dari hal sederhana di sekitar kita. Seru dan menarik loh memberikan stimulasi ke bayi kita itu. Simak ya cerita Mom Ivone dalam memberikan stimulasi untuk Baby Carol selama ini.

Sejak dalam janin, saya selalu rajin berbicara, mengajak bermain dan bernyanyi serta mendengarkan musik lewat speaker khusus janin. Dari lahir hingga sekarang, saya dan keluarga selalu aktif berkomunikasi dengan Carol, baik itu berbicara, bernyanyi, bermain dan sentuhan. Keluarga saya termasuk keluarga yang bawel semuanya haha jadinya Carol memang dapat banyak stimulasi berbicara dari kami, mulai dari babbling sampai ada beberapa kata yang memang sering direpetisi Carol.

Secara khusus juga saya selalu rajin mendongeng atau membacakan cerita ke Carol sejak dari newborn sampai sekarang. Mendongeng itu bagus banget loh Moms untuk anak-anak. Ga perlu khawatir dengan ceritanya. Just be spontaneous, saya juga sering nyambung-nyambungin cerita jadi aneh dan bisa ketawa sendiri karena ngawur tapi tetap positif haha. Carol selalu memperhatikan dan bisa tertawa kalau saya berekspresi dengan mimik yang lucu2.

Lalu yang terakhir adalah beri kesempatan untuk anak mengeksplor sebanyak mungkin. Carol sejak usia 3 bulan sudah main di playmat dan cepat sekali bisa merangkak berguling-guling, dll saat itu. Carol juga berenang untuk pertama kalinya saat usia 3 bulan. Swimming is a good stimulus for baby. Saya selalu aktif memberikan rangsangan dari yang sederhana ke Carol, contohnya saat saya memegang gelas dingin es batu lalu saya dekatkan ke tangan dan pipi Carol supaya dia merasakan stimulasi apa itu rasa dingin. Dan untuk pola makan saya selalu memberikan Carol kesempatan Baby Led Weaning (BLW) / memilih, memegang dan makan sendiri dari tangannya. Dan banyak sekali manfaat dan stimulasi yang diterima bayi loh selama proses makan sendiri ini. Memang pasti berantakan dan repot ya Moms hihi. Pengalaman-pengalaman sensori sangat dibutuhkan bayi untuk berkembang. Semakin banyak rasa dan sentuhan semakin bagus untuk kognitif bayi. 

Beberapa alat pendukung yang saya biasa berikan untuk memberikan stimulasi kepada Carol antara lain:

  1. Mainan
    Dari mulai Plush toy, soft book, mainan yang mengeluarkan bunyi-bunyian, boneka, wiring wooden box, dll. Mainan Carol sebenarnya ga banyak sejak lahir. Biasanya saya hanya beli satu yang bagus untuk stimulasi. Contoh saat masi bayi lahir kita beri mainan gantung di atas crib supaya bayi terhibur dan berusaha menjangkau mainan2 itu dengan tangannya. Lalu mainan yang mengeluarkan bunyi2an apabila ditekan 
  2. Buku
    Saya sering membacakan buku ke Carol sejak usia 1 bulan sampai sekarang. Buku pertama yang saya bacakan adalah Holy Bible. Kemudian bermacama-macam buku, seperti buku tentang hewan, warna, keluarga, dll. Seru sekali selain Carol, saya pun jadinya belajar hihi
  3. Baby busy book / stimulus book
    Buku sensori dengan bahan flanel aman ini sangat bagus buat bayi. Dan sukses menjadi buku/mainan favorit Carol selama berbulan-bulan, sampai setiap sebelum tidur pasti main busy book ini dulu. Busy book ini bikin kita bikin sendiri or beli langsung ya karena sudah banyak yang jual. Apabila lebih besar bisa diberikan busy board.

Ini beberapa alat pendukung yang biasa saya berikan. Di luar itu banyak peralatan rumah sehari-hari yang aman juga saya gunakan untuk menstimulasi Carol. Untuk Moms yang rajin juga bisa membuat mainan sensori stimulasi sendiri loh dari bahan-bahan makanan. Banyak cara bisa dikreasikan dan disesuaikan dengan keadaan Moms dan bayi Anda. Just be creative. Tetap semangat yah Moms untuk memberikan stimulasi positif untuk bayi Anda! Apa yang kita tabur akan kita tuai di kemudian hari, so pastikan kita menabur yang baik untuk anak/bayi kita. Xoxo, Mommie Carol

By: Ivone Leovita 

 

1595 Ivone Leovita

Comments

LATEST POSTS

Review Lovenest+ from Babymoov by Mom Editha

Kepala bayi yang masih lunak memerlukan bantal khusus untuk mempertahankan bentuk bulatnya.

Baby-O-Review Dr. Brown's Tooth & Gum Wipes

Setelah makan dan minum susu, rongga mulut si Kecil wajib diberishkan, tak terkecuali bagi newborn.

Baby-O-Review Duux OVI

Ruangan ber-AC bisa menyebabkan kulit dan pernapasan bayi menjadi terganggu. Mari kita ketahui cara mengatasinya.

Mengatasi Transisi Breastfeeding To Bottle Feeding

Ketika Si Kecil sedang dalam masa transisi dari breastfeeding menuju feeding, tentu akan muncul berebagai drama. Bagaiaman cara mengatasinya?

Bamboo Roo Swaddle In Depth Review

Bingung memilih kain bedong? Berikut adalah in-depth review mengenai Bamboo Roo swaddles. Yuk, simak bersama.

Motorola Baby Monitor Review by Babyo

Ketika CCTV tidak bisa diandalkan karena WiFi lemot, apa yang kita bisa lakukan? Mari simak review untuk Motorola Baby Monitor berikut ini.

5 Hal Penting Agar Sukses Menyusui

Ada 5 hal penting tapi sering dilupakan, yang setiap Moms dan Moms-to-be perlu tau agar ASI lancar. Yuk simak bersama.

Baby Lotions Review by Babyo

Babyologist mempersembahkan product review yang bertujuan membantu anda memilih yang terbaik untuk Si Kecil.

Diaper Bags Review by Babyo

Babyologist mempersembahkan product comparison yang bertujuan membantu anda memilih yang terbaik bagi Si Kecil. Semoga bermanfaat.

Mengatasi Kelainan Kaki Pada Balita

Tidak sedikit balita yang mengalami in-toeing. Dan jika di tangani sejak dini, kelainan ini bisa menjadi normal. Mari simak berikut ini.

Apa sih Nursery Rhymes Itu?

Salah satu cara Mom Selvia mengajar anak jenius adalah dengan menggunakan nursery rhymes. Yuk, simak bersama.

Baby Walker, Yay or Nay?

Mom Cindy melakukan banyak research mengenai penggunaan Baby Walker dalam melatih anak berjalan. Yuk kita simak hasilnya.

Umur Berapa Bayi Boleh Naik Pesawat?

Umur berapa sebaiknya bayi pergi traveling? Apa yang sebaiknya dilakukan untuk memastikan bayi baik-baik saja selama penerbangan?

Vaksin di Puskesmas, Kenapa Tidak?

Berbicara mengenai imunisasi, banyak dari kita pasti memilih untuk melakukannya di Rumah Sakit. Tapi ternyata Puskesmas sekarang oke loh Moms...

Puasa Gadget dan Diet Gadget

Gadget or no gadget? Topik ini seru sekali jika dibicarakan, tidak ada habis-habisnya. Simak cara Mom Yessica mengatasi hal tersebut.

Pentingnya Car Seat

 Car seat or no car seat? Bagi Mom Sarah, car seat is a must. Bagaimana cara mengatasi anak yang ngga mau duduk tenang di car seat? Simak berikut ini.

Happy Colouring

Bukan rahasia lagi bahwa aktifitas mewarnai banyak digemari oleh anak-anak. Apa manfaat mewarnai? Mari simak cerita Mom Sherlly berikut ini.

Membatasi Anak Dengan Gadget

Di jaman modern seperti sekarang, anak mana yang tidak kenal dengan gadget dan youtube? Berikut adalah pengalaman dari Mom Vina mengenai kedua [...]

Baby-O-Review Bambooroo Swaddle

Baby-O-review dirancang untuk memberikan review secara jujur dan positif. Mari saksikan review untuk Bambooroo swaddle berikut ini.

Bayi Bau Tangan?

Pernahkah anda mendengar orang berkata “jangan keseringan digendong bayinya, nanti bau tangan”. Betulkah demikian?