Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mensiasati si Picky Eater yang Tak Doyan Sayur

BABY  |  FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  TODDLER  |  19 Jan '20


Hai Moms! Sayur merupakan salah satu bahan makanan paling utama yang harus selalu ada di meja makan ya Moms. Hal ini tidam terlepas dari manfaat yang ditawarkan. Namun bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun banyak yang kesulitan mengkonsumsi sayuran karena rasanya atau bentuknya. 


Nah hari ini, saya mau sedikit berbagi pengalaman tentang mensiasati anak yang picky eater yang tidak mau makan sayur atau pilih-pilih sayuran tertentu saja. Kebetulan keponakan saya dari kecil kayak gini nih Moms, hal ini membuat saya berpikir kreatif bagaimana cara agar dia tetap mengonsumsi sayuran tanpa harus ada perang atau drama dulu. Cara yang sering saya gunakan adalah transformasikan sayur menjadi bentuk lain, bagaimana caranya? Yuk simak penjelasannya masing-masing.

1. Dessert atau Sweet Food
Anak-anak cenderung menyukai dessert atau sweet food ya Moms. Hal ini memberikan saya ide untuk membuat dessert sehat dengan bahan dasar sayuran. Moms bisa mengukus sayuran seperti wortel, kentang, dan berbagai macam sayur lain kemudian dihaluskan dan dijadikan bahan dasar membuat dessert. Resep andalan saya antara lain donat wortel, bolu kukus kentang, pancake tomat, dll.

2. Jus buah
Rasa jus buah yang manis, asam dan segar banyak disukai anak, dan karena proses membuatnya diblender, Moms dengan mudah dapat menyisipkan sayuran tanpa disadari oleh anak. Gunakan sayuran sewarna untuk menghindari perubahan warna jus ya Moms. Misal saat Moms membuat jus alpukat bisa ditambah bayam, jus strawberry bisa ditambah tomat, jus mangga bisa ditambah wortel. Untuk menghilangkan rasa pahit pada sayur, Moms bisa mengukus/merebus sayur sebelum memblendernya bersama buah.

3.Snack atau Finger food
Jika Moms bingung membuat finger food atau snack untuk si kecil, ada banyak snack enak disukai anak yang bisa Moms kombinasikan dengan sayuran loh. Misal macaroni schotel bisa ditambah dengan wortel parut, kroket bisa ditambah buncis cacah dan wortel, rolade ayam bisa ditambah bayam, misua kukus bisa ditambah kecambah dll.

Nah itu dia beberapa ide yang biasa saya pakai untuk menghadapi si ponakan yang picky eater dan susah makan sayur. Selamat mencoba ya Moms!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

217 Anna Rosida

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Alpukat: Booster Alami Saat si Kecil Turun BB

GTM 2 minggu akibat tumbuh gigi membuat berat badan anakku turun hingga 300 gram.

Syarat MPASI yang Baik

Ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan ketika akan memberikan MPASI untuk si Kecil, apa sajakah itu?