Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Menjaga Usia Kandungan Empat Bulan

PREGNANCY  |  23 Apr '18


Memasuki usia kandungan empat bulan, Moms akan mengalami perubahan fisik yang mulai terasa dan mulai nampak. Ketika memasuki usia  sekitar 17-20 minggu ini, tidak menutup kemungkinan Moms akan mulai menggunakan pakaian khusus untuk Moms hamil. Hal tersebut dikarenakan perut Moms terus mengembang dan menjadikan organ tubuh seperti bergesernya posisi usus sehingga tubuh membutuhkan penyesuaian postur. Selain itu, karena efek rahim yang terus mengembang, menjadikan kulit perut akan mengalami pigmentasi sehingga terdapat garis hitam dibagian bawah perut.

Meski demikian, di usia kandungan yang memasuki usia empat bulan, Moms akan menemukan hal yang menyenangkan dibandingkan dengan perubahan fisik. Pada umumnya, Moms akan mulai merasakan pergerakan pada bayi yang dikandungnya. Selain itu, bentuk wajah sang bayi akan terlihat semakin jelas daripada usia sebelumnya.

Memasuki usia kehamilan empat bulan, ukuran bayi akan terlihat bertambah menjadi sekitar 13 cm dan berat badan pada bayi dikisaran 140 gram. Selain itu, ada beberapa ciri-ciri umum seperti tempurung kepala  yang tersusun dan mulai mengerasnya tulang rawan, saraf pada tulang bayi bagian belakang mulai terselubungi pada lapisan pelindung myelin, juga kelenjar keringat mulai berkembang pada seluruh tubuh sang bayi, dan tali pusat yang menjadi saluran sumber makanannya akan semakin mengembang dan menguat.

Secara khusus, di usia kehamilan memasuki minggu ke 17 ciri-ciri perkembangan janin dapat dilihat dari bertambahnya ukuran tubuh bayi yang semakin membesar mengikuti kepala hingga wujudnya lebih proporsional, wajah bayi akan mulai semakin terlihat dengan pertumbuhan bulu mata dan alis, meski kelopak mata tertutup namun bola matanya mulai dapat bergerak, mulut bayi mulai dapat menutup dan membuka, selain jari-jari yang mulai terbentuk, sidik pada jari sang bayi tercipta juga tangan mulai mampu mengepal, bayi juga sudah mulai dapat merespon bunyi seperti misalnya suara musik yang sengaja di putar oleh Moms dan obrolan kedua orangtuanya, terakhir adalah tubu bayi mulai menyimpan lemak sehingga terlihat gumpalan.

Sementara untuk kehamilan yang memasuki 18 minggu usia kehamilan, telinga bayi mulai terbentuk meskipun belum begitu sempurna, jenis kelaminpun sudah dapat terlihat, di usia ini adalah waktu untuk Moms merasakan gerakan-gerakan bayi, dan pembuluh darah bisa jadi nampak di permukaan kulit. Sedangkan usia kehamilan 19 minggu, janin sudah dapat menelan cairan ketuban. Dan ginjal telah berfungsi dengan baik. Mulai terlihat tumbuhnya bulu halus rambut di kepala.

Ketika kehamilan sudah memasuki 20 minggu usia kehamilan, bayi yang dikandung akan memiliki ukuran sekitar 26 cm dengan berat badan sekitar 300 gram. Selain itu vernix caseosa sebagai lapisan lemak tubuh bayi yang berfungsi sebagai pelindung. Dimana lapisan ini dapat melindungi kulit bayi yang lama berada dalam cairan ketuban.  Dan jika banyi sering menelan itu berarti termasuk dalam perubahan bayi.

Tidak jarang ibu hamil akan merasa kesulitan mencari posisi tidur yang nyaman  atau dirasanya serba salah. Terkadang juga, karena tidak menemukan posisi yang tepat untuk tidur, Moms akan merasakan resah karena susah untuk istirahat dengan nyaman dan nyenyak. Jika demikian, Moms harus mencari cara agar dapat beristirahat dengan efektif. Berdasarkan medis, posisi tidur terbaik untuk Moms yang sedang hamil terutama ketika perut sudah mulai membesar adalah dengan posisi tidur menyamping.

Hal demikian tidaklah tanpa alasan. Tidur dengan posisi menyamping, tidak akan menjadikan pembuluh darah tertekan oleh berat rahim. Selain itu, jika Moms merasakan pusing, posisi berbaring telentang dapat dipilih oleh Moms agar mempelancar aliran darah ke jantung, sehingga dapat mengurangi gejala yang menyebankan sakit pada kepala. Namun, jika Moms masih merasa kesulitan untuk tidur, Moms bisa memilih untuk memanfaatkan bantal sebagai penahan sisi tubuh atau sebagai penopang perut.

Memasuki usia kehamilan empat bulan, Moms disarankan tidak terlalu terlena dengan rasa bahagia karena usia kandungan yang terus bertambah. Namun di sisi lain, sudah menjadi keharusan ibu hamil untuk memperhatikan beberapa hal seperti berikut:

  • Jika tidak terbiasa menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi, sebaiknya Ibu hamil menggunakan sepatu yang datar saja. Hal itu dikarenakan, rahim yang mulai membesar menjadikan keseimbangan tubuh terganggu.
  • Pada usia empat bulan, Moms akan berpotensi mengalami sakit pada paha dan kaki yang disebut nyeri saraf skiatika. Untuk itu Moms disarankan agar tidak cemas. Karena hal itu merupakan gejala yang biasa dialami ibu hamil.
  • Merasa sulit tidur adalah konfisi yang umum dialami ibu hamil usia empat bulan. Moms harus pandai mencari posisi terbaik. Jika dirasa merasa sulit, Moms hamil dapat menggunakan bantal untuk menahan perut mendapatkan posisi yang nyaman namun tetap aman.
  • Untuk Moms yang memiliki alergi, pada masa kehamilan usia empat bulan, ada kemungkinan alergi akan semakin terasa. Jika sewaktu-waktu alergi dirasa mengganggu, Moms disarankan untuk segera memeriksakan ddiri pada dokter agar langsung dapat ditangani.
  • Selain kondisi umum seperti tekanan darah, suhu tuhuh, dam berat pada ibu dan janin, pemantauan penyakit harus dilakukan. Jika Moms memiliki riwayat penyakit keturunan, pada kehamilan usia empat bulan Moms sudah dapat memeriksa khusus mendeteksi kelainan pada janin.

Pada kehamilan yang sudah memasuki usia kandungan empat bulan atau disebut sebagai tahapan ke dua kehamilan atau trimester kedua, biasanya Moms sudah terbiasa dengan kondisi kehamilan muda yang penuh dengan keluhan. Keluhannya seperti mual-mual, pusing, sulit masuk makanan dan lainnya. Namun, tetap saja ketika sudah memasuki usia kehamilan empat bulan, tidak jarang Moms mengalami kondisi gangguan yang dapat terjadi pada fisik dan psikis yang akhirnya menggangu aktivitasnya.

Karena Perubahan yang terjadi pada ibu hamil berbeda-beda, maka diperlukan pemantauan kesehatan baik oleh perubahan yang terjadi dan terasa oleh ibu hamil atau menggunakan bantuan medis. Inilah beberapa keluhan pada ibu hamil usia empat bulan berikut solusi yang ditawarkan.

  • Morning Sickness seperti mual muntah. Hal tersebut dapat diatasi dengan elusan ataupun belaian di bagian kepala ibu hamil, punggung, pundak dan pijatan tangan yang rileks dari suaminya.
  • Jika Moms hamil merasakan sakit kepala, maka perbanyak konsumsi air, dan usahakan berada di ruangan yang tenang dengan udara yang cukup segar.
  • Jika ada rasa lelah yang dirasakan, Moms dapat mengikuti kelas yoga ataupun olahraga khusus ibu hamil.
  • Pada usia empat bulan, sering kali Moms merasakan kegerahan. Maka dari itu, gunakan selalu baju yang menyerap keringat. Dan pastikan mengkonsumsi air sebanyak delapan gelas di setiap harinya.
  • Jika mengalami sakit di bagian kanan dan kiri perut disertai dengan pendarahan, maka segerakan konsultasi pada dokter agar tidak terjadi masalah yang berbahaya dan mengganggu pekembangam dan pertumbuhan janin.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1655 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Moms, Inilah 3 Tes Skrining untuk Ibu Hamil Trimester ke-2

Antenatal care adalah pemeriksaan kehamilan yang dijadwal rutin oleh dokter.

4 Fakta Menarik Seputar Perkembangan Kehamilan di Minggu 9

Apakah 4 fakta menarik berikut ini terjadi saat Moms mengalami kehamilan di minggu ke-9?

Ciri-ciri Perkembangan Kehamilan di Minggu 18

Apa saja perubahan yang terjadi pada ibu hamil dan janin yang memasuki usia kehamilan 18 minggu?

Fakta Perkembangan Kehamilan di Minggu ke-17

Apa saja yang terjadi pada ibu hamil dan janin ketika memasuki usia kehamilan 17 minggu?

Panduan Ibu Hamil Terkait Perkembangan Kehamilan di Minggu ke-16

Pada minggu ke-16 kehamilan, janin mulai ada pergerakan. Selain itu, apa lagi perkembangan janin?

Bagaimana Perkembangan Kehamilan di Minggu ke-14 yang Dirasakan Ibu Hamil?

Seperti apa perkembangan janin saat memasuki usia 14 minggu?

Pertumbuhan Janin Saat Usia Kehamilan di Minggu ke-13

Seperti apa perkembangan janin saat memasuki usia kehamilan ke-13 minggu?

Inilah yang Terjadi Saat Perkembangan Kehamilan di Minggu 25

Berikut adalah tanda-tanda yang akan Moms rasakan ketika memasuki minggu akhir trimester 2 kehamilan.

8 Keluhan Bumil Saat Perkembangan Kehamilan di Minggu 24

8 keluhan berikut ini umum terjadi saat kehamilan memasuki usia 24 minggu, mari kita pelajari cara mengatasinya!

Tips Melalui Perkembangan Kehamilan di Minggu 23

Mari kita simak ciri-ciri serta langkah yang dapat Moms lakukan saat memasuki usia kehamilan 23 minggu.

Fakta Perkembangan Kehamilan di Minggu 22 yang Perlu Moms Ketahui

Pada 22 minggu masa kehamilan, gusi janin mulai tumbuh. Yuk simak perkembangan apa lagi yang dialami si Kecil!

Moms, Ini Tanda-Tanda Perkembangan Kehamilan di Minggu 21

Memasuki usia 21 minggu, apa saja tanda-tanda perkembangan bentuk tubuh janin di usia tersebut?

Kapan Janin Mulai Mendengar?

Pada usia kehamilan ke berapakah janin telah mampu mendengar suara di dalam kandungan?

Tips Perjalanan Jauh saat Hamil 6 Bulan

Sebelum travelling di kala hamil 6 bulan, sebaiknya Moms melakukan beberapa tips ini terlebih dahulu.

Keluhan Ibu Hamil 6 Bulan

Semakin bertambah usia kehamilan semakin sering pula ibu hamil merasakan keluhan. Apa saja keluhan yang wajar dirasakan bumil?

Sesak Napas Saat Hamil 6 Bulan

Moms pernah mengalami sesak napas pada usia kehamilan 6 bulan? Apakah berbahaya?

Kontraksi pada Usia Kehamilan 6 Bulan

Pada usia kehamilan akhir, Moms tentu sering merasakan kontraksi atau nyeri pada perut. Apa penyebab kontraksi sebenarnya?

Perkembangan Janin Dalam Usia Kehamilan 6 Bulan

Ketika anda mengandung janin dalam rahimanda tentunya anda harus selalu mengetahui perkembangan

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil 6 Bulan

Jika pada trimester pertama Anda seringkali malas untuk makan, maka pada usia 6 bulan Anda akan lebih sering merasakan lapar karena janin mulai [...]

Tips Ketika Hamil 6 Bulan

Memasuki usia kehamilan 6 bulan, ibu hamil disarankan melakukan beberapa aktivitas dan mencukupi asupan gizinya.