Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Menjaga Nutrisi Makanan dengan Food Processor di Masa Pandemi

MY STORY  |  15 May '20


Apakah food processor bisa menjaga nutrisi makanan yang kita makan? Bisa Moms. Makanan yang kita makan sebelum kita masak pun sebenarnya dapat berkurang vitaminnya, bahkan saat proses pencucian bahan makanan. Proses memasak yang menggunakan api dan suhu tinggi secara langsung akan mengurangi banyak sekali sumber vitamin dan mineral yang terdapat dalam bahan makanan. Meskipun proses memasak memang diperlukan karena tidak mungkin kita mengonsumsi bahan mentah, kecuali untuk makanan tertentu seperti salad misalnya, apalagi jika memasak makanan untuk si Kecil, ya, Moms.

Food processor dapat membantu kita untuk menyajikan makanan sehat untuk keluarga terutama saat kondisi seperti ini. Makan sehat selama masa pandemi dapat kita wujudkan dengan memanfaatkan salah satu fungsi yang ada pada hampir semua food processor, yaitu steaming. Fungsi steaming/steam berfungsi untuk mengukus bahan makanan secara praktis dan tentu saja lebih sehat daripada merebusnya. Fungsi steam pada food processor menggunakan siklus penguapan yang menyebar secara merata sehingga makanan yang dikukus akan matang merata tanpa menghilangkan warna dan banyak mengurangi kandungan vitamin dan mineralnya. Kemampuan steaming pada food processor berbeda dengan alat kukus biasa ya Moms karena menggunakan teknologi yang sudah melalui proses uji coba.

Lalu, apa kelebihan memasak makanan dengan cara steam dengan food processor dibandingkan dengan merebus atau mengukus konvensional?

  1.     dapat menjaga kandungan vitamin dan nutrisi

Mengukus akan menjaga kandungan vitamin dan mineral pada bahan makanan karena tidak larut, lain halnya jika kita memasak dengan cara menggoreng atau merebus. Kandungan gizinya akan hilang dan larut bersama minyak dan air.

  1.     makanan dapat diolah kembali sehingga mengurangi food waste

Makanan yang direbus biasanya tidak dibumbui apapun, ya, Moms. Tentu saja, ini dapat dimanfaatkan menjadi masakan lain jika masih ada sisa. Moms dapat menyimpan sisa hasil kukusan didalam wadah kedap udara dan masukkan ke chiller untuk diolah lain waktu sehingga akan mengurangi food waste.

  1.     menjaga warna makanan dan mempertahankan rasa

Memasak dengan cara mengukus, terutama sayuran, akan mempertahankan warna asli karena menggunakan uap air. Namun demikian, ada batasan waktu untuk masing-masing bahan yang akan dikukus, misalnya untuk wortel sekitar 8 menit, bayam sekitar 3 menit. Mengukus terlalu lama selain akan mengurangi kandungan vitamin dan mineral juga akan merubah warna makanan.

  1.     lebih hemat daripada cara mengolah makanan yang lain

Dibandingkan dengan menggoreng atau memanggang, mengukus selain lebih praktis juga lebih hemat karena membutuhkan waktu lebih singkat (tergantung jenis makanan yang dikukus) dan hemat listrik

  1.     praktis dan tidak perlu ditunggu

Mengukus dengan food processor jelas lebih praktis karena sembari mengukus, Moms bisa melakukan pekerjaan lain. Cukup dengan menekan tombol timer maka Moms tidak perlu menerka-nerka dan menunggu kapan saatnya makanan dapat diangkat.

Meskipun banyak sekali fungsi processor yang dapat membantu Moms, ada hal yang mungkin bisa menjadi perhatian Moms yaitu jumlah bahan masakan yang diproses akan terbatas karena kapasitas food processor agak kecil, kecuali Moms membeli food processor yang khusus untuk keluarga sehingga kapasitasnya lebih besar.

Semoga bermanfaat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

76 H Eka Putri

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Jalan-jalan Bersama Si Kecil Tanpa Repot

Sebelum jalan-jalan sore bersama si Kecil di masa New Normal ini, simak tips berikut, yah, Moms!

Moms, Ini 5 Cara Bangun Bonding dengan Si Kecil

Cara apa saja yang dilakukan Moms agar bonding dengan si Kecil tetap terjalin, simak tips berikut ini, yah, Moms!

Mengatasi Stranger Anxiety dengan Membiasakan Jalan-jalan Sore

Kondisi si Kecil yang mengalami kecemasan dan ketakutan berlebih ketika bertemu dengan orang baru atau yang jarang dilihatnya disebut stranger [...]

Jalan Sore Bersama Greentom

Berikut tips-tips yang biasa saya lakukan agar jalan sore bersama si Kecil tetap aman dan nyaman selama New Normal:

JJS bersama si Kecil di Masa New Normal, Amankah?

Selama pandemi Corona, salah satu kegiatan yang sulit dilakukan adalah jalan jalan sore bersama si Kecil.

Bonding dengan Aktivitas Menggendong, Yuk!

Moms, jangan percaya ya sama mitos yang belum terbukti benar. Karena menuruti mitos, seribu manfaat menggendong yang justru baik untuk bayi akan [...]

Sempatkan Jalan-jalan Santai Yuk, Moms!

Moms, tidak ada salahnya juga sekedar keluar rumah untuk mencari udara segar seperti jalan-jalan di sekitar komplek bersama si Kecil.

Pentingnya Menggunakan Stroller di Masa New Normal

Menggunakan stroller bisa menjadi salah satu solusi saat Moms & Dads membawa si Kecil keluar rumah.

Tips Berolahraga Seru dengan Si Kecil Saat New Normal

Meskipun kita masih berada di tengah pandemi, sebagian dari kita sudah mulai beraktivitas seperti sediakala dengan menerapkan protokol kesehatan [...]

Jalan-Jalan Sore Lebih Aman dan Stylish Dengan Stroller Greentom

Ketika akan berjalan-jalan bersama si Kecil, jangan lupa selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan si Kecil.

Tips Aman Jalan-jalan Sore Bersama si Kecil di New Normal

Tempatkan si Kecil di stroller agar tetap aman. Dengan demikian, Moms dan si Kecil bisa menikmati udara segar di pagi dan sore hari.

Ketahui Olahraga yang Bisa dilakukan Sambil membawa Bayi dalam Stroller

Apa saja sih olahraga yang bisa Moms lakukan sambil membawa si Kecil di dalam stroller:

Caraku untuk Tetap Sehat di Masa New Normal Bersama Stroller Greentom

Mengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan di masa New Normal ini, saya dan keluarga mempunyai beberapa tips sebagai berikut:

Si Kecil Bereksplorasi, Tandanya Dia Tumbuh!

Orang tua adalah orang yang paling berperan dalam membentuk karakter seorang anak. Biarkan anak mengeksplorasi lingkungan agar tumbuh bahagia.

Grow Happy dengan Sensory Play di Rumah

Banyak cara yang bisa Moms & Dads upayakan agar si Kecil Grow Happy di usia emas pertumbuhannya. Tidak perlu pergi ke sekolah mahal dan tidak [...]

Apa Sih yang Bisa Kita Lakukan untuk Memastikan Si Kecil Grow Happy?

Orang tua memang harus lebih aware terhadap perkembangan anak-anaknya agar mereka bisa tumbuh dengan optimal baik secara fisik maupun mental.

Tumbuh Kembang Bersama Anak Bahagia

Usia anak-anak adalah masa keemasannya dalam hal bertumbuh kembang. Berbagai faktor berpengaruh mendukung tumbuh kembang si Kecil, salah [...]

Stimulasi Membaca supaya Anak Grow Happy

Membaca adalah salah satu upaya stimulasi Grow Happy bagi si Kecil. Mengenalkan aktivitas membaca sejak dini terbukti meningkatkan kemampuan [...]

Ini Pengalamanku Melihat Si Kecil Tumbuh Bahagia

Sebagai manusia biasa, tentu Moms bisa merasakan sedih, marah, dan perasaan negatif lainnya. Jangan menunjukkan perasaan ini di depan si Kecil [...]

Pastikan si Kecil Tumbuh Bahagia dengan Susu Nestle Lactogrow

Moms & Dads ga perlu risau karena ternyata untuk membuat si Kecil tumbuh dengan bahagia, kita hanya perlu memastikan beberapa hal ini tercukupi [...]