Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Menghadapi & Mengatasi Si Kecil yang Susah Makan

TODDLER  |  05 Mar '20


Ketika si kecil lagi susah makan, kerasa ga sih moms mood kita juga ikut down ngeliatnya. Alih-alih mau nyuapin, yang ada kita cari cemilan atau jajanan buat meredakan kekesalan. Eh, kita mau diet jadi gagal, si kicik yang pengen naik BBnya malah mantep disitu aja ga bergerak.

Sama moms, aku juga pernah dikondisi itu. Dan puji Tuhan, sekarang lagi masa menyenangkan nih hehe. Mulai dari GTM di usia 7 bulan dan lolos. Ga lama usia 10 -12 susah makan dan belum lagi drama tumbuh gigi, diare , bapil yang ujungnya makin males makan. 

Untungnya, pas Ethan 12 bulan aku ikutan kelas parenting dari dr. Frecil. Dokter spesialis anak ini udah cukup terkenal di Bandung, dan aku banyak dapet manfaatnya nih moms. Aku akan share ya moms, apa aja yang dikasih tau dan berhasil akhirnya Si Kicik kesayangan mau makan dengan HAP HAP HAP lagi

1. Jam Makan

Ini paling penting ya moms. Di usia Ethan yang waktu itu 12 bulan, udah harus diatur moms. Bantu si kecil dengan membuatnya lapar, jangan menyusu sebelum waktu makan. Kalau mau menyusu, hanya diijinkan saat sebelum bobo saja. Ini cuma bantu si kecil supaya bisa tidur moms. Diluar itu jangan ya moms.

Kalau jam makannya setelah bangun tidur siang, pastikan jangan langsung makan setelah bangen tidur. Istilahnya baru ON tapi udah langsung diajak makan. Biarkan dia main dulu, asik dan setelahnya ajak si kecil makan seperti "de, yuk makan ada makanan enak lohh.. nyam nyammmm" dan buat situasi mau makan itu menarik bukan dengan dipaksa ya moms.

Kalau aku, waktu mau makan tapi Ethan masih mau main, aku sering makan duluan sambil bilang "aduh enaknya makan, enaknya nyamm nyamm, ethan mau ga?" Lama-lama sih Ethan jadi penasaran. Lucu deh liatnya, setelah dia penasaran, ajak cuci tangan sebelum makan ya moms supaya jd kebiasaan yg baik juga.

2. Makanan yang menarik

Menarik itu BUKAN BERARTI ribet ya moms. Kalau Ethan, suka banget / tertarik kalo makanannya berwarna warni trus ada yg bisa dia genggam contoh wortel, atau nasinya dibentuk lingkaran ada matanya, telinga, hidungnya. Nah bikin kaya gini pun ga ribet moms, cukup kukus kacang polong atau wortel.

Untuk masalah tertarik, moms sebaiknya mulai observasi dia suka sama apa. Karena seusia Ethan belum mengerti bentuk, cukup yang berwarna membuat dia menarik.

Oh ya moms, jangan lupa siapin sendok dan garpu untuk dia eksplorasi makanannya sendiri. Sambil dia eksplorasi, moms juga bisa sambil menyuapinya, karena biasanya akan ada makanan yg tumpah moms. Tapi ga masalah kan namanya belajar ya moms

3. Bercerita

Moms ketika menyuapi bisa sambil berinteraksi dengan si kecil ya. Mom bisa cerita, Ethan lagi makan daging sapi loh. Ethan tau bunyinya gimana? Mooo.. Ethan ini lagi makan ikan sayang, Ethan tau ga kalau kucing suka makan ikan, kucing yang bunyinya meow meow itu loh.

Dengan bercerita, si kecil akan semakin excited mom. Ceritanya bisa apa saja, enaknya yang udah familiar di telinga si kecil supaya dia lebih paham dengan apa yang diceritakan. Oh ya mom, gunakan juga bahasa yang dimengerti si kecil ya dan gaya-gaya yang si kecil suka, seperti suara kucing yg lucu dll.

4. Tunjukkan proses memasak

Untuk anak yg lebih besar, moms bisa ajak ke pasar, melihat moms masak, menunjukkan makanan apa yg dia akan makan. Moms bisa cerita kita akan makan perkedel loh dari kentang yg td kita beli dipasar. Kentang nya nanti dikupas terus digoreng kriuk2, enak anget tapi ini bukan kentang goreng ya, ini enakk bentuk nya bulet. Atau kalau sudah lebih besar, moms bisa ajak dia membantu moms memasak, pasti seru deh yah moms.

5. Berikan Pilihan

Ajak si kecil membuka tempat sayuran. Lalu tanyakan kamu mau makan apa hari ini? Tempe atau tahu, mau digoreng atau ditumis. Ini untuk si kecil yg usianya sudah bisa diajak diskusi moms. Pasti seru banyak berdiskusi tentang yg akan dimakan hari itu sekaligus bisa kita ajarkan untuk memakan apa yg dia sudah pilih alias bertanggung jawab atas pilihannya moms.

6. Peralatan Makan

Nah moms, si kecil biasanya akan tertarik dengan hal baru, warna yang terang atau mencolok. Sebaiknya jika moms ingin memilih alat makannya, pilih yang menarik dengan model binatang. Alat bantu yg lucu dengan tema binatang bisa membantu kita bercerita untuk si kecil juga loh moms..

Nah itu dia tips menghadapi dan mengatasi si kecil yg susah makan moms. Yang pasti kita harus sabar, kreatif, observasi dan terus mencoba. Jangan pantang menyerah ya moms. Seandainya si kecil lebih suka makanan di luar jangan sedih karena belum tentu makanannya tapi bisa jadi suasanya yang baru dan ramai. Kaya Ethan nih makan di resto dengan bekal dari rumah tapi makannya super ngebut.

Thank you for reading ya moms, kalau mau tanya-tanya boleh comment dibawah ya moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

176 Novi Satya Cahyadi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Resep MPASI Yummy Bites Organic Noodle + Chicken Popcorn (12M+)

Moms, yuk simak resep untuk MPASI si Kecil berikut ini.

Resep MPASI Fillet Kakap Crispy (12M+)

Untuk menu makan siang si Kecil hari ini, coba resep Kakap Crispy berikut ini yuk Moms!

Resep MPASI Soto Ayam (12M+)

Di musim hujan seperti sekarang ini, soto adalah salah satu menu yang pastinya jadi pilihan. Simak resep berikut ini ya Moms.

Resep Anti GTM Kala Di Rumah Aja

Selagi di rumah aja, cobain resep baru untuk si Kecil yuk Moms!

Fried Chicken Homemade Ala Mom Risny

Ayam goreng tepung yang gurih dan garing tentunya menjadi menu favorit si Kecil. Yuk simak resep untuk memasak menu yang satu ini.