Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Menghadapi GTM pada Bayi 7 Bulan

BABY  |  FEEDING  |  MY STORY  |  07 Aug '19


Memberikan makanan pada bayi sebagai pendamping ASI bukanlah hal yang mudah ya Moms. Sering kali beberapa hal yang kurang tepat membuat bayi mungil kita jadi malas untuk makan atau bahkan menutup rapat mulutnya. Ya, sama seperti Ethan pada usia memasuki 7 bulan. Awal MPASI, dimulai dengan sangat manis. Mudah sekali baginya untuk membuka mulut dan menghabiskan makanannya.

Sampai suatu ketika, usia 27 weeks (memasuki usia 7 Bulan), Ethan mulai menutup mulutnya. Setiap hari dan semakin rapat, sampai setiap jam makan selalu ada air mata dan jeritan. Hal ini juga diperparah dengan aku yang sering memaksa Ethan untuk makan dengan memasukkan sendok secara paksa. Alhasil, bukan makin terbuka tapi setiap kali melihat sendok Ethan selalu berteriak. Wow, bukan main rasanya.

Aku pun sebagai ibunya mulai lelah. Lelah untuk masak, lelah untuk mencoba menu-menu karena yang ada selalu dibuang. Akhirnya, aku mulai sadar ada hal yang membuat dia malas untuk makan.

Awal Mula Ethan GTM

Setelah aku lihat lagi ke belakang, ternyata Ethan mulai tutup mulut karena makan buah manis. Sementara saat itu, menu makanan Ethan hambar dan paduan yang kurang tepat / dia kurang suka. Seperti paduan tempe dengan ati ayam yang terasa pahit. Ditambah lagi aku, terus berusaha untuk memaksa Ethan menghabiskan makanan yang sudah aku sediakan, makin marahlah Ethan setiap kali disuap. Biasanya, suapan pertama mulus tapi begitu bukan buah, dia menutup sangat rapat mulutnya. Hal lainnya yang baru aku sadari, jadwal makan yang kuberikan salah besar. Dulu aku ga membuat jadwal, asal aja kasihnya. Tapi, dengan jumlah yang harus semakin ditambah setiap harinya, aku memberikan di setiap jam ngantuknya, makanya makan pun makin ga berselera.

Segala Cara Kucoba, Namun…

Belum berhasil saat itu. Mulai dari coba Youtube, TV, digendong, tipu-tipu air padahal makanan pun tidak berhasil. Walaupun aku tau itu salah, tapi saat itu aku sudah stres banget. Sampai akhirnya, aku menemukan ide yang aku observasi dari anakku sendiri.

Akhirnya Aku menemukan Caranya

Pertama, karena dia suka snack yang panjang seperti model Yummy Bites, aku tempelkan makanan di bawahnya sambil Ethan membuka mulutnya. Hasilnya, Ethan ga jerit-jerit. Setelah itu, kucoba dengan sendok. Nah, Ethan marah lagi padahal aku udah taro Yummy Bites diatasnya. Dari situ aku tau lagi, sendok jadi problem utamanya. Dari sana, aku coba menyuapinya dengan jari. Karena makanan Ethan masih encer di usia 7 bulan, jadi gampang-gampang susah. Dari situ dia mulai kembali lahap, tapi tanpa sendok. Untuk jam makan, aku sudah mulai memahaminya. Sebelum makan, aku ga memberikan dia susu karena yang ada dia kenyang dan lebih ingin susu. Jadi setelah makan, biasanya Ethan akan ngantuk dan aku akan beri susu kalau dia mau. Jadi PR-ku saat itu adalah, gimana membuat dia kembali menyukai sendok.

Membuat Ethan kembali menyukai sendok

Aku membagi jenis makanan. Yup, Karbohidratnya aku kasih ubi yang manis, Protein Hewani aku berikan sapi yang gurih, Protein Nabati aku berikan buncis, Sayur aku berikan wortel. Pertama, aku suapin dulu dengan jari. Nah, karena Ethan suka air, yang pertama aku sendokin adalah air. Jadi selang, suapin makanan dengan jari – air dengan sendok sampai terasa Ethan nyaman, baru aku suapi sendok yang berisi ubi pertama, selang-seling dengan wortel, daging, dan sayurnya. Ya, Ethan mau! Dari sana mulai coba disatukan kembali tapi ga langsung seperti daging dengan karbo – sayur dengan pronanya dan bertahap sampai dicampur semua. Untuk karbohidrat, Ethan paling suka kentang, kabocha dan ubi. Jadi untuk awalnya aku ganti karbonya dengan menu itu dulu, baru bertahap kembali ke bubur. Untuk prohenya, aku mulai kurangi ati ayam karena tau Ethan kurang suka dan diganti dengan sapi cincang. Perlahan, aku mulai campur ati ayam dan ayam, dengan porsi ati yang lebih sedikit.

Drama GTM baru, setelah kembali ke bubur

Akhirnya, Ethan sudah bisa makan bubur dengan porsi 150 cc di usia 7 bulan. Tapi, drama GTM belum usai. Ethan punya cara baru untuk menolak makan. Setengah perjalanan, Ethan akan sangat lahap tapi ga lama Ethan mulai menutup kembali mulutnya. Karena di usia mau ke-8 bulan, gerakan motoriknya sudah semakin berkembang dan Ethan pun mampu menangkal sendoknya. Dan aku pun punya cara baru, untuk menghadapi Ethan yang mulai GTM kembali.

Cara Terampuh Menghadapi GTM Ethan

Makanannya sudah mulai lebih padat, jadi kalau mogok di tengah jalan aku buatkan bola-bola dari makanannya dan makannya jadi cepet banget. Ketika Ethan mulai bosan, aku coba hidupkan suasana rumah dengan musik, bercanda, gurauan. Cara ini ampuh supaya Ethan ga ngantuk karena bosan. Suasana memang sangat berpengaruh untuk tipe Ethan, karena waktu kemarin dibawa ke tempat makan di luar, makannya super duper cepat sekali. Hanya butuh waktu 15-20 menit saja. Biasanya cara ini aku praktikkan setelah mulai mogok, jadi ga dari awal. Karena pemikiranku bisa jadi dia lagi on saat itu. Oh ya, awal makan aku juga memberikan air dengan sendok bukan dengan botol yang disedot. Karena mengawali makan dengan minum dari botol, membuat Ethan lebih ingin minum daripada makan yang berakhir dengan kekenyangan dan ngamuk kalau botolnya diambil. Selang-seling makanan dengan air juga bisa digunakan untuk Ethan, itu membantu juga supaya Ethan ga tersedak nih. Saat makan, aku tidak pernah memberikan Youtube (hanya dulu saat awal sekali dan dia pun ga mau jadi aku pikir baguslah, supaya ga jadi kebiasaan). Jadi caraku dengan memberikan alat-alat yang bisa dia pegang atau karena sekarang Ethan sudah bisa pegang barang kecil, aku letakan snack kecil untuk dia pegang dan bertahan untuk membuka mulutnya. Dan, taukah Moms yang buat dia GTM terakhir adalah ternyata Ethan mau naik tekstur! Ethan udah ga suka yang lembek. Yeah! Semakin mendekati 1 tahun, semakin kasar makanannya. Semangat terus ya Moms!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

467 Novi Satya Cahyadi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Resep MPASI 6MO+ : Chicken Corn Porridge with Tofu and Broccoli

Ingin berikan MPASI yang berbeda bagi si Kecil usia 6 bulan ke atas? Cek resep Chicken Corn Porridge with Tofu and Broccoli berikut ini.

Resep MPASI: Capcay Nasi Tim Gurih (9 M+)

Memasak MPASI untuk si kecil kadang memang gampang-gampang susah.

Kaldu Ayam Homemade ala Mom Nurul

Halo Moms, aku mau memulai resep per-Mpasi-an ini dengan bikin "Kaldu Ayam Homemade".

Tomat Untuk MPASI? Apa Saja Sih Manfaatnya?

Tomat banyak sekali manfaatnya loh Moms. Yuk berikan tomat pada MPASI si Kecil

Bubur Sumsum Saus Buah Naga (8M+)

Saya membuatkan kakak dastan bubur sumsum tidak menggunakan kuah kinca tetapi pakai buah untuk saus

Buah Naga, Buah Istimewa untuk MPASI Anak

Ketika anak memasuki masa MPASI, pasti semua orang tua ingin memberikan makanan yang terbaik untuk buah hatinya.

Resep Gethuk Singkong Gulung: Snack MPASI 8M+

Aku mau coba bikin makanan selingan untuk anak dengan inspirasi dari jajanan tradisional yang banyak dijual di pasaran.

MPASI 4 Bintang: Bubur Hati Ayam + Buncis

Salah satu cara agar si kecil suka makan adalah membuat menu MPASI yang beragam setiap harinya

Persiapan MPASI Anti Mubazir dan Rincian Biaya yang Perlu Dipersiapkan

Hai moms aku mau share barang-barang MPASI nya kiya nih

Tim Slow Cooker, Resep MPASI Bubur Ayam Wortel (6M+)

Buat yang mau mulai MPASI boleh cobain resep Bubur Ayam Wortel kesukaan Vonn berikut ini yuk

Persiapan MPASI si Kecil Bebas Galau

Apa saja yang perlu diperhatikan saat MPASI? Dan bagaimana pemberian MPASI yang tepat?

Review Nayz Bubur Organik

Sejak memulai MPASI 1.5 bulan yang lalu Praya sudah aku perkenalkan dengan jenis MPASI rumahan dan instan.

Bubur Santan Labu Kuning: Rasa Gurih Penambah Nafsu Makan si Kecil

Memasuki usia 6 bulan, si Kecil sudah mulai bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI.

Bubur Nasi Kuah Sayur Patin: Resep MPASI ala Mommy Attaqi

Ikan patin ternyata kaya manfaat karena mengandung omega 3 & DHA yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak.

Manfaat Memberikan Snack pada si Kecil

Banyak yang mengatakan bahwa memberikan snack pada Si Kecil terutama yang masih bayi itu tidak baik

Manfaat Ikan Tuna dan Membuat MPASI dari Tuna

Yuk buatkan si Kecil MPASI dari ikan tuna karena sangat banyak sekali manfaatnya

Kunci Sukses Bayi Lancar MPASI

Apa kunci utama yang harus dipersiapkan saat memasuki masa MPASI?

MPASI Misoa Nyemek (9 month)

Beberapa hari terakhir kemarin, Defan sepertinya ogah-ogahan makan, padahal Defan tidak sedang tumbuh gigi.

Resep MPASI: Sup Bakso Udang (7M+)

Karena masih meraba-raba preferensi Rubi, saya mencoba memasak udang sebagai bahan utama MPASInya.

Resep Menu MPASI: Bubur Tim Tongkol Wortel (7M+)

Saat ini saya sedang gencar memberi Rubi ikan sebagai sumber utama protein hewani, terutama ikan laut.