Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Menghadapi GTM Anak 1th+

FEEDING  |  MY STORY  |  13 Oct '19


Nabilla dari umur 6 bulan sampe 12 bulan nggak pernah GTM. Bahagia banget rasanya. Semua makanan yang disodorin dengan sukacita disambut Nabilla dengan mulut yang terbuka lebar. Dari mulai buah, sayur, daging, bubur, kayaknya nggak ada yang Nabilla nggak suka.

Tapi setelah ulang tahunnya yang pertama, Nabilla mulai ogah-ogahan makan. Pertama-tama porsi makannya mulai sedikit (masih mau makan, tapi baru sebentar udah nggak mau lagi, cuma dikit). Ya udah, nggak usah dipaksa. Terus lama-lama jadi geleng-geleng kalo disuapin sambil noleh sana noleh sini. Makin lama makin musuhan sama nasi dan lauk pauknya, tiap disuap dilepehin.

Ada beberapa penyebab yang membuat anak menolak makan:

  1. Terlalu banyak ngemil di antara jam makan sehingga perut masih kenyang dan asupan nutrisi yang dibutuhkan masih tercukupi.
  2. Anak ingin mencoba kemampuannya untuk makan sendiri, namun sering dilarang oleh orang tua.
  3. Menu yang tidak bervariasi.
  4. Anak sedang sakit (dalam tahap tumbuh gigi juga bisa jadi alasan).

Poin nomor 1, bukan Nabilla kayaknya, justru karena nggak doyan makan, maka saya kasih camilan biar asupan nutrisinya tetap ada. Nabilla musuhan sama nasi tapi lahap kalo dikasih buah, kue, ato roti. Mungkin Nabilla bosen kali ya sama nasi. Jadilah saya usahain bikin camilan-camilan sebagai pengganti karbohidrat dari nasi. Poin yang ke 2, saya udah kasih Nabilla makan sendiri. Kasih piring isi nasi dan lauknya, kasih garpu yang udah ditusukin lauknya juga, awalnya sih mau makan sendiri, tapi bentar doang, lama-lama itu nasi dilempar-lempar ato malah disuapin ke mamanya. Poin ke 3, tiap hari saya usahakan menu yang beda-beda biar Nabilla nggak bosan. Tapi tetep aja susah. Poin 4, waktu Nabilla tumbuh gigi malah masih mau makan walau dikit.

Tapi, yang cukup menghibur hati ternyata anak usia 0-3 tahun wajar jika mengalami fase GTM, karena di usia segitu, anak masih dalam tahap belajar konsep makan dan belum mengerti konsep waktu. Syukurlah, lega ternyata Nabilla cuma lagi melalui fase GTM. Semoga cepat berlalu ya.

Pusing? Pastinya. Tapi jangan sampe stres ah Moms. Ini cara saya menghadapi Nabilla yang GTM.

Pertama, disiplin waktu makan. Tentukan waktu makan pagi, siang, sore, dan makan camilannya. Kalau saya, Nabilla biasanya bangun pagi jam 7.30/08.00 pagi (udah siang ya) biasanya saya tawarin buah yang nggak terlalu mengenyangkan, sambil nunggu saya selesai masak. Jam 08.30-09.00 makan pagi. Jam 10-11 biasanya kalo Nabilla mau saya kasih camilan, kalo nggak mau ya main/tidur sampe waktunya makan siang. Jam 12-1 makan siang. Jam 3-4 sore makan camilan. Jam 5-6 makan sore/malam. Biasanya sih gitu kalo nggak ada perubahan jadwal kayak jalan-jalan ato yang lainnya. Kalo udah terbiasa waktu makan, anak jadi tau kapan waktunya makan/ udah lapar. Jadwal ini udah saya buat dari Nabilla mulai makan, dengan menyesuaikan umur dan pemberian porsi makan untuk bayi. Saat Nabilla GTM, saya hilangkan pemberian camilan jam 10 pagi, dengan harapan dia akan merasa lapar waktu makan siang. Pemberian camilan sore juga saya kurangi porsinya.

Kedua, jangan paksa anak untuk makan, bahkan sampe dimarahi ato dicekokin. Haduu itu hanya akan membuat anak semakin nggak mau makan. Coba kasih waktu toleransi makan. Kalo saya kasih toleransi 30 menit, kalo makanannya masih sisa, saya tanya dulu. Nabilla udah makannya? Masih mau nggak? Kalo mulutnya masih mau buka, ya saya terus suapi. Kalo mulutnya tetep rapet, ya saya sudahi sesi makannya. Kenapa 30 menit? Karena Nabilla emang dari bayi makannya cepet. Nabilla nggak terbiasa makan sambil main soalnya, jadi kalo makan biasanya dalam waktu 15-25 menit udah habis. Paling lama ya 30 menit. Kalo lebih dari itu, biasanya Nabilla udah nggak fokus ke makan, udah pengen main, dsb. Kalo saya paksain terus makan, bisa-bisa dia ngamuk. Tapi, nggak usah diburu-buru. Tiap anak beda, maka kenali kebiasaan makan anak Moms. 

Ketiga, berikan makanan yang bervariasi. Kebiasaan orang Indonesia adalah belum makan namanya kalo belum makan nasi. Padahal sumber karbohidrat bisa didapat dari selain nasi loh. Kalo anak lagi musuhan sama nasi (kayak Nabilla), bisa ganti dengan kentang, jagung, mie, mihun, dll. Ato coba bikin camilan dari ubi, tepung terigu, tepung sagu, dll. Buah alpukat juga bisa dicoba untuk menaikkan berat badan, karena alpukat mengandung lemak tak jenuh yang baik. Banyak yang bisa dicoba kan?

Semoga bermanfaat. Semangat yaaa!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

310 Rahayu Pratiwi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengenal Bahan MPASI dan Manfaatnya

Moms, membuat MPASI itu tidak serumit yang dibayangkan loh, bahan yang digunakan bisa menggunakan bahan pangan lokal,

Resep Baso Sapi Homemade

Baso sapi cocok sekali dihidangkan bersama mie, sayuran & kuah kaldu yang panas, lengkap dengan taburan bawang goreng.

Resep MPASI: Misua Kuah Udang

Memasuki musim hujan, paling nikmat kalau makan makanan yang berkuah ya Moms.

Resep MPASI: Egg Drop Soup

Moms ingin menaikkan berat badan si Kecil? Yuk coba buatkan MPASI berbahan dasar telur

Resep MPASI: Gulai Ikan Dori

Sejak MPASI 6 bulan, saya sering menggunakan ikan dori fillet sebagai protein hewani untuk anak saya.

Resep MPASI: Bakmi Godog

Mie adalah masakan andalan saya kalau sedang bingung mau masak apa dan atau saat si Kecil tidak mau makan nasi.

Bakso Oat Spesial untuk MPASI si Kecil

Moms butuh referensi membuat makanan yang kuah-kuah untuk MPASI si Kecil?

Tumis Udang Asam: Penambah Selera Makan Ghaitsa

Sering kali kita kewalahan menghadapi anak-anak yang tiba-tiba selera makannya jadi menurun.

Resep MPASI High Calorie: Nasi Gurih Telur Dadar

Halo Moms, butuh ide makanan yang tinggi kalori dan nutrisi yang sudah mengandung komponen lengkap?

Resep MPASI : Bening Bayam Merah Jagung Manis dan Telur Puyuh (12m+)

Di masa pertumbuhan anak membutuhkan cukup zat besi untuk pertumbuhan nya.

Resep MPASI Pepes Ikan & Tahu

Buat MPASI ikan yuk Moms, ikan kaya akan omega 3 untuk meningkatkan kecerdasan otak si Kecil

Camilan MPASI: Terong Goreng Keju

Pernahkah Moms memberikan terong sebagai santapan bagi si kecil?

Jadwal MPASI Bayi 6 Bulan

Mommy perlu banget nih mengatur dengan benar jadwal menu MPASI si kecil agar kelak dia makan teratur

Membuat MPASI Homemade? Apa Sih yang Perlu Diperhatikan?

Masa MPASI bagi buah hati bagi saya adalah masa yang menyenangkan sekaligus menantang

Resep MPASI: Nugget Nasi, Solusi Anak GTM & Susah Makan Nasi

Buat moms yang anak nya ga suka makan nasi, bisa banget ni buat nugget nasi di rumah

Sup Jagung Creamy

Kesempatan kali ini aku mau berbagi resep andalanku yang bisa membuat si Kecil lahap saat makan

Anak Sudah 3 Tahun, Apakah Tetap Ada Larangan Makanan?

Banyak sekali yg bilang : "Dastan udah 3 tahun masak gak boleh makan ciki?"

Stir Fry Egg & Tomato

Sebelum malem mingguan, share resep dulu yahh.. ini buatnya gampang banget & bisa dimakan semua orang di rumah.

Memberikan MPASI Fortifikasi a.k.a Instan ke Bayi? Kenapa Tidak?

Ada beberapa keuntungan menggabungkan MPASI homemade dan MPASI terfortifikasi, apa saja?

Pisang Saus Karamel, Camilan Kaya Manfaat untuk si Kecil

Moms, si Kecil suka ngemil? Saya suka mencari kreasi buah-buahan supaya menyiasati agar anak saya mau makan buah.