Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengenali Tanda Kontraksi Menjelang Persalinan

12 Jun '18


Kontraksi menjelang persalinan yaitu diawali dengan ditandainya kontraksi yang sangat kuat. Awalnya kontraksi terasa seperti sakit disekitar punggung ke bawah dan perlahan – lahan bergeser ke perut bagian bawah. Seperti mulasnya mirip saat kita sedang haid dan kejangnya mirip dengan kontraksi Braxton hicks atau kontraksi palsu, Namun terasa teratur seiring dengan berjalannya proses kontraksi persalinan.

Kontraksi rahim mendorong bayi ke jalan lahir dan menarik leher rahim ke atas, hal itu leher rahim terbuka sangat lebar untuk persiapan keluarnya kepala bayi. Rahim perempuan terdiri atas jaringan serat otot sampai pada puncak otot, serat – serat otot mencapai panjang yang terpendek dan menimbulkan rasa sakit yang kuat.

Beberapa tanda – tanda saat akan mendekati proses persalinan:

  1. Bermula akan merasakan kontraksi yang sangat kuat dan sering, hingga berlangsung lebih dari 40 detik, kemungkinan tiga kali kontraksi dalam 10 menit. Kontraksi pun semakin lama dan semakin cepat, nyeri di bagian selangkangan karena posisi bayi sudah turun ke bawah, rasa sakit di perut, mulas, sering buang air kecil karena janin menekan kandung kemih.

  2. Sebaiknya berkonsultasi ke dokter jika menemukan hal seperti ini, di antaranya muncul lendir berwarna merah muda dan lengket yang berasal dari sumbatan leher rahim, proses persalinan biasa terjadi kapan saja dan bisa cepat atau lama. Saat bersamaan membran akan mengelilingi bayi dan cairan amniotik memisah dari dinding rahim.

  3. Keluarnya atau pecahnya air ketuban, hal ini biasanya terjadi secara tiba – tiba. Selaput kantung ketuban menandakan proses persalinan berlangsung cepat karena kepala bayi akan berusaha keras menekan serviks. Saat air ketuban keluar, maka pecahnya air ketuban ini tidak terasa karena membran tidak memiliki saraf, tugasnya untuk menampung dua liter air amniotik stril juga membersihkan jalur persalinan. Disarankan untuk segera ke dokter atau bidan supaya bayi tidak mengalami keracunan air ketuban.

Gerakan janin saat menjelang persalinan:                   

  1. Saat usia kehamilan 36 minggu, janin yang di dalam kandungan ukurannya semakin besar dan kematangannya siap untuk dilahirkan. Begitupun dengan organ tubuh janin sudah membentuk sempurna seperti ginjal, paru – paru dan hati. Saat usia 36 minggu hati sudah mengeluarkan kotoran dan paru – paru berfungsi untuk mempersiapkan bernafas saat sudah dilahirkan.

  2. Pada usia 37 minggu gerakan janin akan semakin kuat karena tubuh janin semakin turun ke panggul dan kepala bayi akan menghadap ke jalan lahir. Disertai dengan rontoknya bulu halus.

  3. Pada usia 38 minggu janin akan semakin berkembang, kondisi bayi ini akan menambah simpanan lemak guna menjaga suhu bayi saat dilahirkan.

  4. Pada usia 39 minggu gerakan bayi sudah menghadap jalan lahir, begitupun dengan cairan amnion yang awalnya jernih berubah warna menjadi pucat seperti susu.

  5. Saat menginjak usia minggu akhir, yaitu minggu ke 40 keadaan rahim akan semakin sempit dan bayi di dalam kandungan menghasilkan hormon. Berfungsi untuk membantu menyempurnakan organ paru – paru supaya siap menerima udara sesudah melahirkan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

725 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Kenali Gerakan Janin untuk Ketahui Kesehatannya

Ternyata melalui gerakan janin Moms dapat mengetahui kondisi kesehatannya. Seperti apa gerakan janin yang sehat?

Kontraksi Palsu Bahayakah?

Salah satu tanda kelahiran sudah dekat adala terjadinya kontraksi. Namun bagaimana jika yang terjadi adalah kontrakksi palsu?

Penyebab Demam Saat Hamil 9 Bulan

Demam dapat menyerang siapa saja tidak terkecuali ibu hamil. Oleh karena itu penting bagi Moms untuk waspada terhadap masalah-masalah berikut.

Mengapa Bayi Lebih Aktif di Malam Hari?

Apakah Mom pernah merasa bahwa janin cenderung bergerak aktif ketika di malam hari? Mari kita simak alsannya.

Kiat Menjalani Kehamilan Di Usia 9 Bulan

Menjelang masa persalinan, ada beberapa hal yang harus Mom perhatikan, salah satunya adalah kesehatan tubuh.

Tips Menstimulasi Persalinan Lebih Cepat

Apakah anda termasuk pasangan suami istri yang ingin mengalami proses lahiran lebih cepat? Mari lakukan beberapa tips berikut ini.

Tips Menikmati Kehamilan 9 Bulan

Apa saja yang terjadi dan yang dirasakan sang ibu yang akan mengalami proses persalinan?

Penyebab Keluhan Saat Hamil 9 Bulan

Ibu hamil harus bisa mengetahui penyebab keluhan 9 bulan yang seringkali mengganggu aktifitas dan mengganggu kenyamanan. Apa sajakah?

Jenis Makanan Tepat Untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Mendekati masa persalian, Mom tetap harus menerapkan pola makan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin. Oleh karena itu mari simak yang [...]

Ketahuilah Keluhan Hamil 9 Bulan

Di trimester ketiga, apa saja resiko kehamilan yang akan dialami oleh mom-to-be dan bagaimana solusi menanganinya? Mari simak yang berikut ini

Tips Melewati Kehamilan 9 Bulan dengan Aman

9 bulan menunjukkan bahwa persalinan kian dekat, pada masa ini Mom harus lebih banyak istirahat dan bersiap-siap.

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Perut yang kian membesar sering membuat Mom menjadi makin sulit tidur, padahal istirahat sangat penting bagi bumil.

Apa yang Terjadi Di Usia 37 Minggu pada Kehamilan

Perkembangan apa saja yang terjadi pada janin di usia 37 minggu kehamilan? Mari simak yang berikut ini.

Perkembangan Janin Pada Trimester 3 Kehamilan

Perkenmbangan apa saja yang terjadi pada janin dalam kandungan Moms di trimester ketiga? Yuk simak yang satu ini.

Beberapa Alasan Melakukan Operasi Caesar

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menjalani operasi caesar, apa sajakah itu? mari kita simak yuk Moms.

Kontraksi Braxton-Hicks VS Kontraksi Sebenarnya

Salah satu tanda kelahiran sudah dekat adala terjadinya kontraksi. Namun bagaimana membedakan kontraksi yang terjadi? Yuk, simak yang berikut ini.

Janin Belum Turun Panggul

Di usia kehamilan yang sudah memasuki tahap akhir yaitu trimester ketiga, posisi bayi haruslah sudah turun ke bawah. Namun, jika belum, [...]