THE DAILY

Perlukah Bayi Diberi Vaksin Cacar Air? Perlukah Bayi Diberi Vaksin Cacar Air?
21 Aug '18

Cegukan Berarti Anak Cepat Besar, Benarkah? Cegukan Berarti Anak Cepat Besar, Benarkah?
21 Aug '18

Sharing: Membersihkan Hidung dan Telinga Bayi Sharing: Membersihkan Hidung dan Telinga Bayi
21 Aug '18

Periksa Hal Ini pada Breast Pump untuk Memaksimalkan Hasil Pumping Periksa Hal Ini pada Breast Pump untuk Memaksimalkan Hasil Pumping
21 Aug '18

Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil
21 Aug '18

Produk yang Tidak Boleh Dipakai Saat Hamil Produk yang Tidak Boleh Dipakai Saat Hamil
21 Aug '18

Perawatan Alami untuk Diare Saat Menyusui Perawatan Alami untuk Diare Saat Menyusui
21 Aug '18

Review Peralatan MPASI Ala Mommy Anaya Review Peralatan MPASI Ala Mommy Anaya
21 Aug '18

Makanan yang Terbukti Mencerdaskan Anak Makanan yang Terbukti Mencerdaskan Anak
21 Aug '18

Fakta Dan Mitos Kanker Serviks Fakta Dan Mitos Kanker Serviks
21 Aug '18

Mengatasi Bapil Anak Dengan Resep Perawatan Rumahan Mengatasi Bapil Anak Dengan Resep Perawatan Rumahan
21 Aug '18

Tanda-Tanda Bayi Tidak Memperoleh ASI yang Cukup Tanda-Tanda Bayi Tidak Memperoleh ASI yang Cukup
21 Aug '18

Pentingkah UV Sterilizer? Pentingkah UV Sterilizer?
21 Aug '18

Apa Bedanya Open dan Closed System Pada Pompa ASI? Apa Bedanya Open dan Closed System Pada Pompa ASI?
20 Aug '18

Kapan Penggunaan Kompres Panas dan Kompres Dingin? Kapan Penggunaan Kompres Panas dan Kompres Dingin?
20 Aug '18

Penggunaan Buds Organics by Mom Mega Penggunaan Buds Organics by Mom Mega
20 Aug '18

Mayonaise dari Telur Mentah, Amankah untuk Ibu Hamil? Mayonaise dari Telur Mentah, Amankah untuk Ibu Hamil?
20 Aug '18

Jangan Berhentikan ASI Hanya Karena Sibuk Bekerja Jangan Berhentikan ASI Hanya Karena Sibuk Bekerja
20 Aug '18

Bagaimana Cara Mengajarkan Membaca Si Kecil Versi Mom Rizky Bagaimana Cara Mengajarkan Membaca Si Kecil Versi Mom Rizky
20 Aug '18

Bermain dengan Spider Trap versi Mom Titik Bermain dengan Spider Trap versi Mom Titik
20 Aug '18

Makanan Pemicu Diare Makanan Pemicu Diare
20 Aug '18

Kunyit: Baik atau Tidak untuk Ibu Hamil? Kunyit: Baik atau Tidak untuk Ibu Hamil?
20 Aug '18

Pentingnya Nutrisi Makro dan Mikro untuk Kecerdasan Otak Pentingnya Nutrisi Makro dan Mikro untuk Kecerdasan Otak
20 Aug '18

Stroller yang Tahan Sepanjang Masa Stroller yang Tahan Sepanjang Masa
20 Aug '18

Tips Belajar Jalan Ala Mom Chriesty Tips Belajar Jalan Ala Mom Chriesty
20 Aug '18

Kapan MPASI Tunggal Diberikan? Kapan MPASI Tunggal Diberikan?
20 Aug '18

Hati-hati Diare pada Si Kecil Hati-hati Diare pada Si Kecil
20 Aug '18

Penyebab Kanker Serviks pada Perempuan Penyebab Kanker Serviks pada Perempuan
20 Aug '18

Kandungan Singkong Bermanfaat Bagi Ibu Hamil Kandungan Singkong Bermanfaat Bagi Ibu Hamil
20 Aug '18

Jenis Imunisasi untuk Bayi Baru Lahir Jenis Imunisasi untuk Bayi Baru Lahir
19 Aug '18

READ MORE

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengenali Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini

OTHERS  |  15 Jan '18

Perkembangan anak termasuk salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik. Peran orangtua dalam tahapan perkembangan anak juga menjadi hal yang sangat penting. Proses tahap perkembangan anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu faktor genetik dan lingkungan. Kebutuhan dasar yang diperlukan oleh anak seperti nutrisi, imunisasi, stimulasi, tidur cukup dan aktivitet bermain, harus tercukupi.

Ada banyak pengertian mengenai perkembangan anak, salah satunya yaitu perubahan kualitatif dan kuantitatif yang meliputi bertambahnya kemampuan anak juga fungsi tubuh. Para orangtua haruslah memahami dengan pasti bagaimana proses tahapan perkembangan anak.

Kebanyakan orang-orang mengetahui perkembangan dan pertumbuhan adalah hal yang sama dan berkaitan. Untuk hal berkaitannya memang bisa dibilang berkaitan, namun antara pertumbuhan dan perkembangan ini ternyata merupakan dua hal yang berbeda. 

Salah satu teori perkembangan anak menurut Monks, dkk perkembangan merupakan suatu proses menuju kesempurnaan yang tidak bisa terulang kembali. Jadi untuk perkembangan itu sendiri termasuk kedalam suatu perubahan yang bersifat tetap dan tidak akan kembali terulang.

Kali ini kami akan berbagi informasi mengenai tahapan perkembangan anak usia dini. Setiap tumbuh kembang anak khususnya di usia dini haruslah diperhatikan dengan baik, hal ini bertujuan agar orangtua bisa memantau setiap perkembangan yang terjadi pada buah hati. Selain itu jika dirasa ada hal yang kurang benar dengan tahap perkembangan anaknya maka orangtua bisa melakukan konsultasi pada dokter khusus anak.

Berikut adalah perkembangan anak dari usia 1 sampai 3 tahun yang perlu Moms and Dads ketahui, diantaranya :

  • Perkembangan anak usia 1 tahun
    Pada tahun pertamanya, anak sudah bisa mengucapkan mama atau papa. Selain itu anak juga sudah mulai menirukan apa yang diucapkan oleh orang lain. Dalam hal sosialisasi, anak sudah mulai merasa malu bahkan takut jika dirinya bertemu dengan orang asing. Anak akan menangis jika tahu dirinya ditinggalkan oleh orang tua atau pegasuh. Untuk hal perkembangan anak usia 1 tahun ini, ia sudah bisa melakukan berbagai aktifitas kecil seperti mengambil mainan dengan benar. Selain itu, kemampuan mengenali dan menunjuk suatu barang sudah ia kuasai dengan baik.
  • Perkembangan anak usia 2 tahun
    Jika pada tahun pertamanya anak senang menirukan kata-kata yang diucapkan oleh orang lain, untuk perkembangan anak usia 2 tahun ini ia sudah mulai senang menirukan aktifitas dan juga tindakan yang dilakukan oleh orang lain. Anak di usia 2 tahun sudah mulai senang bermain dengan teman seusianya, selain itu anak sudah bisa melakukan hal sederhana yang diperintahkan dengan tepat dan lebih baik dari usia sebelumnya.
  • Perkembangan anak usia 3 tahun
    Untuk perkembangan anak usia 3 tahun salah satunya bisa dilihat dari berbagai emosi yang sudah ditunjukkannya. Anak sudah mulai memperlihatkan rasa kasih sayang pada orang-orang di sekitarnya. Sedangkan untuk hal komunikasi, pada usia 3 tahun ini kemampuan anak sudah mulai membaik jika diajak berbicara.

Perkembangan anak usia dini sering kali dikatakan sebagai tahapan yang berjalan dengan cepat. Sebagai orang tua, pastikan untuk selalu melihat dan memantau proses perkembangan anak.

Ada beberapa tahapan yang harus diketahui dan dipahami pada proses pertumbuhan juga perkembangan anak khususnya di usia dini. Berikut adalah  tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak atau aspek perkembangan anak usia dini yang harus anda ketahui:

  • Pertumbuhan dan perkembangan fisik
    Tahapan perkembangan anak dan pertumbuhan anak salah satunya meliputi bentuk tubuh atau fisik. Untuk tahapan pertumbuhan dan perkembangan, hal ini bisa dilihat langsung oleh mata kita sendiri. Beberapa pertumbuhan dan perkembangan ini terjadi pada tubuh anak dimana berat badannya semakin bertambah, tinggi badan semakin bertambah, lingkar dada, lingkar kepala, lingkar lengan, dan yang lainnya sedang mengalami pertambahan ukuran.
  • Perkembangan motorik
    Ada dua perkembangan motorik yang perlu diketahui, yaitu motorik kasar dan motorik halus. Untuk motorik kasar yang dimaksud disini adalah gerakan tubuh, hal ini dilakukan dengan menggunakan otot besar atau seluruh tubuh. Salah satu contoh motorik kasar yaitu berguling, duduk, telungkup, naik turun tangga, melompat, dan sebagainya. Sementara untuk motorik halusnya yaitu gerakan tubuh yang menggunakan otot halus dan dilakukan oleh sebagian anggota tubuh tertentu. Contoh motorik halus yaitu memindahkan benda dari tempat satu ketempat lain, menggunting, menggenggam benda, dan lain sebagainya.
  • Perkembangan kognitif anak usia dini 
    Untuk perkembangan anak dalam hal kognitif berkaitan dengan pengetahuan Si Kecil misalnya mempelajari lingkungan sekitarnya. Tahapan perkembangan kognitif anak ternyata prosesnya sudah berlangsung sejak dilahirkan. Tumbuh kembang anak yang baik adalah perkembangan anak yang sesuai dengan tahapan usianya termasuk dalam perkembangan kognitif anak.
  • Perkembangan bahasa anak
    Tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak yang lainnya yaitu perkembangan bahasa. Kemampuan berbahasa anak ini menjadi salah satu indikator dan tumpuan dari seluruh perkembangan anak yang terjadi. Mengapa disebutkan demikian? Karena dari kemampuan berbahasa Si Kecil, anda bisa mengetahui keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan yang lainnya seperti sensori motor, psikologis, emosi, kognitif, dan lingkungan sekitarnya.
  • Perkembangan psikososial
    Untuk perkembangan anak yang satu ini meliputi aspek psikologis. Contohnya yaitu emosi anak, perkembangan diri pribadi, motivasi, hubungan anak dengan lingkungan dan dengan orang disekitarnya. Dalam hal ini, perkembangan Si Kecil juga sudah mulai dilihat dari pembelajaran tanggung jawab serta pengendalian emosinya. 

Semoga bermanfaat.

 

By: Babyologist Editor

BACA JUGA: Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Dibeli

2788 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories