Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengenal Bahasa Kasih Anak

PARENTING  |  01 Nov '17

Moms, tahukah anda bahwa anak-anak memiliki bahasa kasih yang berbeda-beda? Saya belajar dari buku yang berjudul "Five Love Languages" bahwa setiap orang memiliki cara mengungkapkan dan cara mengerti kasih yang berbeda-beda. Dengan kita mengerti bahasa kasih anak, maka kita pun dapat membina hubungan yang lebih baik dengan anak. 

Mengapa penting untuk mengerti hal ini? Karena antara orang tua dan anak sering terjadi miskom. Anak sering merasa tidak dikasihi, padahal menurut orang tua mereka sudah memberikan yang terbaik yang mereka bisa berikan. Ketika anak merasa dicintai, secara otomatis mereka memiliki sifat, kebiasaan, dan juga kesehatan emosional yang lebih baik. 

Nah, apa saja five love languages itu?

  1. Words of affirmation
    Berbicara mengenai bagaimana kita menerapkan kasih dengan memberikan kata-kata pujian atau kata-kata penghargaan.
  2. Acts of service
    Menerapkan kasih lewat bentuk pelayanan kita dalam membantu anak melakukan sesuatu.
  3. Receiving gifts
    Menerapkan kasih dengan memberikan barang/kado.
  4. Quality time
    Berfokus kepada perhatian, menerapkan kasih dengan memberikan waktu untuk bersama dengan anak. 
  5. Physical touch
    Menerapkan kasih lewat sentuhan, dicium atau dipeluk dll.

Mungkin kelihatannya semua ini sangat dibutuhkan setiap anak, tapi lama kelamaan kita akan melihat akan ada yang lebih menonjol. Waktu anak masih kecil mungkin kita belum bisa bertanya kepada mereka apa bentuk kasih seperti apa yang mereka ingin dapatkan dari kita, tapi kita bisa memantau. 

Saya pribadi menerapkan buku ini dan saya mempelajari bahasa kasih anak-anak saya. Karena anak saya yang kedua masih berumur 1 tahun lebih, jadi saya belum bisa mengkonfimarsi dengan dia. Tapi untuk anak pertama saya yang sudah berumur 6 tahun, apa yang saya rasakan saya tanya kembali kepada dia ternyata benar anak saya paling senang quality time dan words of affirmation.  

Dengan mengetahui bahasa kasih dia, saya bisa menunjukan kalau saya sayang dengan dia dengan bermain bersama dengan dia berdua saja pada waktu adiknya tidur, dan juga memberikan pujian ketika dia melakukan sesuatu yang baik. Dengan mengetahui dan memberikan kasih yang sesuai dengan apa yang ia butuhkan, ia terlihat happy dan termotivasi untuk melakukan setiap hal dengan lebih baik lagi. 

By: Selvia Yanti 

714 Selvia yanti

Comments

Related Stories