Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengenal Tumor Jinak yang Dapat Memicu Kanker Payudara

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  01 Oct '19


Hai moms. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman ketika saya didiagnosis mengidap tumor jinak di payudara. 

Saat saya duduk di bangku kuliah, saya menyadari adanya kelainan di kedua PD saya. Terasa ada benjolan di kedua PD dengan ukuran dan jumlah yang berbeda. Ada 2 benjolan di PD kanan dengan ukuran yang lebih kecil dan 3 benjolan di PD kiri dengan ukuran yang lebih besar. Benjolan ini mudah bergeser saat disentuh dan tidak terasa sakit. Awalnya saya takut untuk menceritakan hal ini kepada orangtua saya. Namun akhirnya saya memberanikan diri bercerita ketika libur kuliah dan kembali ke kampung halaman.

Ibu saya memutuskan untuk membawa saya ke pengobatan alternatif. Dan alhamdulillah kedua benjolan di PD kanan saya hilang, namun benjolan di PD kiri tidak bisa dihilangkan karena ukurannya yang lebih besar. Saya pun harus mengonsumsi pil herbal selama 6 bulan. Rasanya muak sekali harus meminum obat selama itu moms.

Saat libur kuliah usai, saya mencoba mengunjungi dokter spesialis di kota perantauan yang memang ahli menangani hal ini. Saya mendapatkan informasi mengenai dokter tersebut dari salah satu sahabat saya yang juga memiliki saudara pengidap kanker payudara. Ya, saudara sahabat saya tersebut divonis mengidap kanker payudara stadium 4. Ketika konsultasi dengan dokter tersebut, jujur saya sangat stress dan takut. Dokter menjelaskan bahwa saya mengidap tumor jinak (FAM/Fibroadenoma Mammae) dan menyarankan saya untuk operasi. Dokter tersebut selalu memberi kesan bahwa apa yang saya alami sangat menakutkan dan akan semakin parah di kemudian hari jika tidak segera operasi. Namun saya masih enggan untuk mengikuti anjuran dokter tersebut.

Di lain kesempatan sahabat saya menganjurkan pengobatan alternatif yang juga dijalani oleh saudaranya tersebut. Kali ini saya disarankan menggunakan pelepah anak pisang lidi. Pelepah pisang tersebut dibakar, lalu diperas airnya. Pelepah pisang yang masih hangat dikompres pada PD, sedangkan airnya diminum. Saya memang merasakan sedikit perubahan dengan cara ini. Benjolan di PD saya mengecil. Lama-kelamaan saya lelah melakukan hal ini moms. Lelah harus mencari pelepah anak pisang lidi.

Suatu ketika kegiatan kampus saya sangat padat. Tugas praktikum dan kegiatan organisasi yang saya jalani saat itu membuat waktu istirahat saya berkurang pesat. Keesokannya saya merasakan nyeri yang luar biasa pada PD kiri saya. Saya pun mulai kehilangan kesadaran. Teman-teman saya langsung berinisiatif membawa saya ke RS terdekat dan menjelaskan kondisi saya. Saat itu dokter yang memeriksa keadaan saya tidak yakin dengan kondisi saya. Dokter tidak menemukan benjolan yang dimaksud. Saya sempat dirawat 2 hari. Ketika kondisi saya membaik, saya menjalani proses mammografi untuk memastikan keadaan saya. Mammografi ini mirip dengan proses rontgen. Namun teknisnya PD akan ditekan sedemikian rupa hingga prosedur mammografi bisa dilakukan. Rasanya sakit luar biasa moms. Sebenarnya mammografi ini tidak efektif dilakukan pada usia saya saat itu mengingat ukuran PD yang masih kecil. Hasil mammografi memastikan bahwa saya baik-baik saja. Alhamdulillah. Saya memilih untuk lebih menjaga stamina dan menghindari rasa lelah yang berlebihan agar rasa nyeri pada PD tidak kambuh lagi.

Singkat cerita saat saya mulai bekerja, saya memiliki rekan kerja yang ternyata mengidap penyakit yang sama dengan yang sama alami, FAM. Rekan saya tersebut telah menjalani proses operasi. Wah, ternyata saya tidak sendiri. FAM memang normal dialami kebanyakan wanita. Saya pun mulai mencari tau lebih dalam lagi tentang tumor jinak ini. Ternyata fibroadenoma ini sendiri terdiri dari beberapa jenis. Fibroadenoma yang saya alami adalah fibroadenoma juvenile di mana benjolan yang saya rasakan bisa membesar, namun seiring waktu akan menyusut dan menghilang. Hal inilah yang saya rasakan ketika saya menikah. Hingga saat ini saya menyusui si kecil, saya tidak lagi merasakan adanya benjolan di PD saya. Alhamdulillah. Saya bersyukur tidak langsung memutuskan untuk segera operasi.

Perlu diketahui tidak semua jenis FAM bisa hilang dengan sendirinya ya moms. Ada 2 jenis FAM yang harus diwaspadai dan meningkatkan resiko terkena kanker payudara, yaitu:

1. Fibroadenoma komples. Ditandai dengan pertumbuhan sel yang cepat dan bisa didiagnosis melalui proses biopsi (analisa jaringan dengan mikroskop).

2. Tumor phyllodes. Jenis ini biasanya bersifat jinak, namun bisa berubah menjadi ganas. Dokter biasanya akan menyarankan proses pengangkatan tumor.

Sedangkan jenis FAM yang tidak memicu terjadinya kanker payudara, yaitu:

1. Fibroadenoma juvenile.

2. Fibroadenoma besar. Ditandai dengan benjolan yang membesar hingga 5 cm dan harus diangkat karena bisa menekan jaringan PD sekitarnya.

Sebagai wanita pastinya harus menjaga kondisi tubuh sebaik mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ya moms. Saya sarankan agar rutin melakukan SADARI, yaitu pemeriksaan payudara sendiri. Nah jika moms menemukan kejanggalan pada PD, jangan langsung panik ya. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Tetap tenang.

2. Teliti apa yang moms rasakan, misal bentuk benjolan, jumlah benjolan, ada rasa sakit atau tidak, bergeser atau tidak, dan lain sebagainya.

3. Konsultasikan masalah yang moms rasakan pada dokter. 

4. Cari second opinion dengan dokter yang berbeda di bidang yang sama.

5. Tetap semangat dan yakinkan diri bahwa moms bisa melewatinya.

Ayo bebaskan diri kita dari kanker demi keluarga. Semoga kita semua terhindar dari penyakit ini ya moms. Aamiin.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

423 Zurrahmi ulya

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cara Mudah Mengenali Gejala Kanker Payudara

Berbicara cancer, saya sebenarnya sudah tidak asing lagi ya. Karena kakak sepupu saya salah satu breast cancer survivor

Jangan Remehkan Benjolan pada Payudara Ya Moms!

Kali ini saya mau sharing nih mengenai penyakit tumor jinak yang saya alami yaitu FAM, dan bagaimana cara mengatasinya

Lindungi Diri dengan Mengenali Gejala Awal Kanker Payudara!

Awal tahun lalu sebelum hamil anak kedua, saya mengikuti suatu tes skrining payudara dan mammography.

Apa Saja yang Perlu Kita Waspadai Sebagai Gejala Awal dari Kanker Payudara?

Tepat 1 tahun yang lalu tante saya dinyatakan kanker payudara yang sudah bukan stadium awal lagi.

Mengetahui Lebih Awal & Belajar dari Breast Cancer Survivor

Saya melihat sendiri bagaimana perjuangan Tante saya dalam melawan penyakit kanker payudara yang dideritanya.

Kenali dan Cegah Kanker Payudara Sejak Dini

Mungkin tak banyak yang tahu kalau bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Kesadaran Tentang Kanker Payudara.

Penyebab dan Gejala Kanker Payudara

Di bulan Oktober akan dilakukan kampanye tahunan, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang kanker payudara.

Kanker Payudara: Musuh Para Wanita

Agar para perempuan yang mengidap kanker dapat bertahan hidup lebih lama, perlu dilakukan deteksi dini. Apa saja?

Cara Mengatasi Mastitis Ketika Menyusui

Dulu ketika Carine lahir, senang sekali rasanya karena bisa langsung memberikan ASI kepada Carine.