Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengenal Perkembangan Janin Usia 18 Minggu

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  20 Jun '19


Perkembangan janin usia 18 minggu, merupakan suatu perkembangan yang cukup pesat. Dimana janin dalam kandungan Anda sudah mengalami banyak perubahan setiap minggunya. Maka dari itu, penting untuk Anda memahami perkembangan janin di usia 18 minggu ini.

Seperti apa rupa bayi saya di minggu ke-18?

Ketika bayi Anda lahir, Anda mungkin mendengar tentang menggunakan white noise untuk membantu mereka tidur. Alasan mengapa ini adalah trik yang hebat adalah karena mereka terbiasa bersuara - rahimnya jauh dari diam. Pada usia 18 minggu, mereka dapat mendengar suara di sekelilingnya dan bahkan mungkin merespons musik atau suara keras.

Gejala kehamilan Anda di minggu ke-18

Ketika kehamilan menginjak usia 18 minggu, pastinya banyak perubahan yang terjadi pada tubuh Anda. dibawah ini ada beberapa gejala kehamilan di usia 18 minggu.

Kapan benjolan saya mulai terlihat?

Pinggang Anda akan mulai menghilang saat rahim bergerak keluar dari panggul dan benjolan Anda menjadi lebih terlihat. Jika Anda pernah hamil sebelumnya, ini mungkin terjadi sedikit lebih cepat daripada ibu pertama kali.

Nyeri punggung dan kehamilan

Benjolan Anda tumbuh dan hormon membuat otot dan ligamen Anda rileks, yang bukan kombinasi yang baik untuk punggung Anda.

Jika Anda menderita sakit punggung, tips ini akan membantu:

Hindari angkat berat jika memungkinkan.

Anda mungkin menemukan bahwa kasur yang keras atau pijatan membantu.

Berolahraga di air, melakukan pijat kehamilan atau kelas perawatan punggung dapat membantu meringankan rasa saki

Jika sangat menyakitkan, minta dokter atau bidan untuk merujuk Anda ke fisioterapis.

Merasa bayi bergerak

Anda mungkin merasakan gerakan aneh saat bayi berlatih menendang, dan melenturkan anggota tubuhnya yang mungil. Sangat meyakinkan untuk merasakan bayi Anda menggeliat di dalam diri Anda, tetapi jangan berharap untuk merasakannya pada tahap ini.

Banyak wanita tidak merasakan gerakan selama beberapa minggu, terutama pada kehamilan pertama. Anda bahkan mungkin tidak yakin apakah itu bayi pada awalnya - itu hanya bisa terasa seperti beterbangan di perut Anda.

Apa yang harus dilakukan di minggu 18

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, diantaranya seperti:

Bagaimana saya bisa menemukan kelas antenatal di dekat saya?

Kelas antenatal adalah cara yang bagus untuk mempersiapkan kelahiran bayi Anda. Dan kadang-kadang cara yang bagus untuk bertemu keluarga hamil lain di daerah Anda. Tanyakan bidan, pengunjung kesehatan, atau dokter umum tentang kelas NHS secara lokal.

Jika pasangan saya merokok, apakah bayi saya berisiko?

Risiko dari perokok pasif adalah signifikan. Perokok pasif sangat beracun, meskipun 80% tidak terlihat dan tidak berbau.

Tidak peduli seberapa hati-hati pasangan Anda berpikir bahwa mereka sedang menjauhkan asap dari Anda, Anda dan bayi Anda masih mendapatkan racun yang berbahaya. Membuka jendela dan pintu atau merokok di ruangan lain tidak akan membuatnya aman.

Jika seorang perokok di rumah tangga Anda berhenti merokok, manfaatnya bagi Anda dan bayi Anda sangat besar, mirip dengan ketika Anda berhenti sendiri.

Pakaian kehamilan

Anda mungkin ingin mulai menambahkan beberapa pakaian hamil ke dalam pakaian Anda jika Anda belum melakukannya. Celana panjang atau rok yang elastis atau longgar di sekitar perut Anda akan menjadi yang paling nyaman.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk pakaian hamil karena Anda tidak akan membutuhkannya dalam waktu lama. Banyak toko jalanan memiliki rentang kehamilan yang terjangkau dan Anda juga dapat menghemat uang dengan:

meminjam pakaian dari teman yang baru saja memiliki bayi

mencari di forum lokal atau situs lelang online

menjelajah toko barang bekas.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

658 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Puasa untuk Ibu Hamil 5 Bulan

Saat hamil, asupan nutrisi menjadi hal yang wajib diperhatikan, apalagi ketika sedang hamil, menu sahur dan berbuka harus dijaga.