Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengenal Perkembangan Janin 30 Minggu

PREGNANCY  |  07 Jul '19


Bayi Anda saat memasuki minggu ke-30 memiliki panjang sekitar 15,7 inci dan beratnya hampir 3 pon (seukuran kubis besar). Satu setengah liter cairan ketuban mengelilinginya, tetapi volume itu akan menyusut saat ia bertambah besar dan memakan lebih banyak ruang di rahim Anda. Penglihatannya terus berkembang, meskipun tidak terlalu tajam; bahkan setelah dia lahir, dia akan menutup matanya untuk sebagian besar hari. Ketika dia membukanya, dia akan merespons perubahan cahaya tetapi akan memiliki penglihatan 20/400 - yang berarti dia hanya bisa melihat benda beberapa inci dari wajahnya. (Penglihatan orang dewasa normal adalah 20/20).

Kondisi Bumil Di Usia Kehamilan 30 Minggu

Anda mungkin merasa sedikit lelah akhir-akhir ini, terutama jika Anda sulit tidur. Anda mungkin juga merasa clumsier dari biasanya, yang sangat bisa dimengerti. Anda tidak hanya lebih berat, tetapi konsentrasi berat di perut hamil Anda menyebabkan pergeseran pusat gravitasi Anda. Selain itu, berkat perubahan hormon, ligamen Anda lebih longgar, sehingga persendian Anda lebih longgar, yang juga dapat menyebabkan keseimbangan Anda menjadi sedikit terganggu.

Selain itu, relaksasi ligamen ini dapat menyebabkan kaki Anda menyebar secara permanen, jadi Anda mungkin harus menggunakan sepatu baru dalam ukuran yang lebih besar. Ingat perubahan suasana hati yang Anda alami sebelumnya dalam kehamilan? Kombinasi dari gejala-gejala yang tidak nyaman dan perubahan hormon dapat menghasilkan kembalinya emosi naik turun tersebut. Adalah normal untuk khawatir tentang seperti apa persalinan Anda atau apakah Anda akan menjadi orang tua yang baik?

Tetapi jika Anda mengalami depresi atau merasa semakin mudah tersinggung atau gelisah, bicarakan dengan dokter atau bidan Anda. Anda mungkin termasuk 1 dari 10 wanita hamil yang berjuang melawan depresi selama kehamilan. Juga beri tahu penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda sering gugup atau cemas.

Hal yang Wajib Anda Pelajari

Apakah Anda gugup menghadapi masa melahirkan? Kamu tidak sendiri! Berikut adalah beberapa ketakutan umum yang sering dialami para ibu hamil menjelang persalinan dan cara mengatasinya.

1. Saya tidak akan bisa menangani rasa sakit

Satu dari lima ibu hamil mengatakan ini adalah ketakutan trimester ketiga teratasnya, menurut hasil riset yang telah di lakukan beberapa pihak. Beberapa wanita tahu sebelumnya bahwa mereka akan menginginkan obat penghilang rasa sakit selama persalinan dan, pada kenyataannya, sebagian besar wanita akhirnya memilih untuk memiliki epidural. Yang lain berkomitmen untuk melahirkan tanpa obat penghilang rasa sakit. Mereka menerima potensi rasa sakit dan ketidaknyamanan dan belajar teknik untuk membantu mereka mengatasinya. Dengan persiapan dan dukungan yang tepat, beberapa wanita menemukan persalinan alami sangat memuaskan dan memberdayakan.

2. Saya perlu episiotomi atau saya akan robek

Episiotomi adalah pembedahan di daerah berotot antara vagina dan anus (perineum) yang dilakukan tepat sebelum melahirkan untuk memperbesar lubang vagina Anda. Beberapa wanita akan robek secara spontan di daerah ini selama persalinan - bahkan dengan episiotomi, dan membutuhkan sejumlah besar jahitan untuk memperbaiki. Saat ini, episiotomi sedang menurun dan para ahli sekarang setuju bahwa prosedur ini tidak boleh dilakukan secara rutin. Bicaralah dengan dokter atau bidan Anda tentang seberapa sering dan dalam kondisi apa dia melakukan episiotomi dan bagaimana dia dapat membantu Anda menghindari episiotomi atau robekan. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Anda akan cenderung membutuhkan jahitan jika mulai memijat perineum Anda sekitar lima minggu sebelum tanggal jatuh tempo.

3. Saya akan buang air besar saat persalinan

70 persen wanita mengatakan mereka takut akan buang air besar saat melahirkan, 39 persen mengatakan mereka benar-benar melakukannya, dan dari mereka, hanya 22 persen yang malu karenanya. Meskipun sulit untuk percaya sekarang, jika Anda buang air besar saat Anda mendorong, tidak ada yang akan mempermasalahkannya. Penyedia layanan kesehatan Anda akan membersihkannya, bahkan mungkin sebelum Anda tahu apa yang terjadi.

4. Saya akan dikukus ke dalam intervensi medis yang tidak perlu

Cara terbaik untuk mengatasi rasa takut ini adalah dengan berbicara terus terang dengan dokter atau bidan. Jika Anda percaya dan menghormati penyedia layanan kesehatan Anda, Anda dapat yakin bahwa dia akan melakukan yang terbaik untuk Anda dan bayi Anda pada hari pengiriman. Jika dia mengetahui keinginan dan preferensi Anda (yang dapat Anda uraikan dalam rencana kelahiran), dia dapat melakukan yang terbaik untuk mematuhinya.

5. Saya harus menjalani operasi caesar

Karena satu dari lima wanita yang melahirkan untuk pertama kalinya akhirnya memilih operasi caesar untuk melahirkan bayinya, ketakutan ini dapat dimengerti. Jika hati Anda mengalami persalinan normal, berakhir dengan operasi caesar bisa mengecewakan. Beberapa ibu mengatakan mereka merasa dicurangi karena persalinan normal, terutama jika mereka mengikuti kelas persalinan dan berfantasi tentang "kelahiran ideal", atau jika mereka merasa bahwa operasi caesar mereka tidak terlalu diperlukan. Yang lain mengatakan mereka merasa seolah-olah mereka kurang sebagai wanita karena mereka melakukan operasi caesar. Jika Anda memiliki perasaan ini, mungkin perlu waktu untuk merekonsiliasi kenyataan dari pengalaman kelahiran Anda dengan apa yang Anda bayangkan selama kehamilan Anda. Mungkin membantu untuk mengetahui bahwa banyak wanita menemukan kelahiran bayi mereka, baik secara normal maupun caesar, sangat berbeda dari yang mereka harapkan.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

412 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Yang Perlu Diminum Setelah Melahirkan Agar Badan Sehat

Setiap budaya memiliki resepnya tersendiri supaya ibu yang setelah melahirkan segera pulih. Berikut adalah minuman kesehatan ala Tionghoa.

Tes Sekret dan Kultur Swab Vagina untuk Masalah Keputihan

Saat memasuki usia kehamilan 7 bulan, tiba-tiba Saya mengalami keputihan yang cukup banyak, namun tidak berwarna, berbau, ataupun gatal. Lalu [...]

Hal yang Wajib Anda Ketahui Pada Usia Kehamilan 32 Minggu

Apa yang terjadi saat usia kehamilan memasuki 32 minggu?

Tes Skrining saat Hamil Trimester Ketiga

Antenatal care didefinisikan sebagai pemeriksaan kesehatan kehamilan oleh dokter terhadap ibu hamil.

Melahirkan Normal dengan Mata Minus

Apakah pernah dengar kalau memiliki mata minus tidak boleh melahirkan normal?

Tas Melahirkan hanya Perlu 3 Kategori Ini saja

Setelah memasuki trisemester ketiga, sebaiknya Bumil sudah perlu mempersiapkan tas melahirkan.

Mengenal Lebih Jauh tentang Gentle Birth

Siapa sih di sini yang tidak mau melahirkan dengan normal dengan mudah dan menyenangkan?

Perubahan yang Terjadi Pada Kehamilan di Minggu ke-41

Perlu diketahui, beberapa ibu mungkin akan melahirkan setelah melewati minggu ke-40 kehamilan.

4 Hal yang Perlu Moms Perhatikan pada Perkembangan Kehamilan Minggu ke-40

Memasuki usia kehamilan ke-40 minggu, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan.

3 Keluhan Memasuki Perkembangan Kehamilan di Minggu ke-39

Pada usia 39 minggu kehamilan, posisi janin tidak banyak mengalami perubahan.

Moms, Inilah Perkembangan Kehamilan di Minggu ke-38

 Memasuki usia kehamilan di minggu ke-38, janin akan mengalami proses penyempurnaan.

Ini Bahaya Hamil 42 Minggu Namun Belum Melahirkan

Perlu diketahui, jika Moms belum melahirkan padahal sudah waktunya, Moms bisa mengalami komplikasi kehamilan.

Tips Anti Panik Menjelang Persalinan

Mom Nimas punya tips bagi Moms yang mudah panik dan galau menjelang persalinan. Yuk ikuti tipsnya!

Apa yang Dirasakan Saat Hamil Memasuki Trimester 3?

Morning sickness & perubahan berat badan sudah dialami saat trimester 1-2. Lalu apa yang terjadi di trimester 3?

Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur

Ga mau kan Moms si Kecil lahir prematur? Yuk cari tahu cara mencegah agar bayi tidak lahir prematur!

Suasana Hati Mulai Sensitif, Berikut Perkembangan Kehamilan di Minggu 30

Memasuki kehamilan minggu ke-30, perubahan suasana hati akan semakin sering terasa. Apakah mempengaruhi janin?

Persiapan Persalinan Normal

Sebelum menjalani proses persalinan, ada baiknya Moms mempelajari terlebih dahulu tips-tips berikut ya.

Perkembangan Kehamilan di Minggu 36 yang Penting untuk Moms Ketahui

Memasuki usia kehamilan timester yang ketiga, apa saja perubahan yang dialami janin?

Kehamilan Usia 29 Minggu: Janin Sudah Bisa Memukul-mukul Perut Moms

Di usia kehamilan 29 minggu, perkembangan janin akan semakin terasa, salah satunya menjadi semakin aktif.

Informasi Seputar Perkembangan Kehamilan di Minggu 28 yang Perlu Diketahui

Pada usia kehamilan 28 minggu, Moms akan mengalami beberapa perubahan karena janin semakin bertumbuh.