Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengenal Perkembangan Bayi 1-9 Bulan

OTHERS  |  16 Apr '18

Penting untuk Anda ketahui, bahwa perkembangan dan pertumbuhan Si Kecil tidak akan berlangsung secara instan, karena bagaimanapun juga ia membutuhkan peranan orangtua untuk membantu tumbuh kembangnya agar berjalan dengan baik. Maka dari itu, untuk menjaga kestabilan tubuh dan membantu tumbuh kembangnya, di butuhkan sekali asupan nutrisi yang tepat serta bantuan Anda untuk melatih sistem motoriknya.

Berikut adalah perkembangan dan pertumbuhan Si Kecil yang akan di alami setiap bulannya dan penting untuk Anda ketahui, diantaranya adalah 

  • Perkembangan bayi 1 bulan
    Penting untuk di ketahui, bahwa ketika Si Kecil masih berusia 1 bulan, umumnya ia masih menghabiskan waktu dengan tertidur. Namun di usia ini bagian otak Si Kecil mulai berkembang dengan baik, dan di usia 1 bulannya ini Si Kecil juga sudah mulai bisa mengenali suara dari orangtuanya. Meskipun ia masih belum bisa melakukan banyak hal, bukan berarti bayi di usia 1 bulan tidak perlu diajak berinteraksi. Justru di usianya yang masih 1 bulan ini Si Kecil bisa menerima rangsangan dengan sangat baik dan bisa berkembang secara optimal. Dan Anda juga bisa mencari tahu buku panduan yang berisikan tentang pengenalan berbagai hal yang umumnya dapat dikuasai Si Kecil, yang memang bertujuan untuk panduan Anda dalam merawat buah hati Anda.
  • Perkembangan bayi 2 bulan
    Ketika Si Kecil berusia 2 bulan, umumnya bayi mulai bisa merespon dengan senyumannya yang manis ketika ia diajak berinteraksi oleh orang sekitarnya, dan hal ini pastinya merupakan hal yang menarik, bukan? Ketika Si Kecil mulai bisa memberikan respon dengan senyuman, pastinya hal ini merupakan salah satu perkembangan yang sangat signifikan jika di bandingkan ketika usianya masih berada di usia 1 bulan. Ketika Si Kecil memasuki usia 6 minggu, umumnya mereka mulai bisa merespon musik yang ia dengar dengan menggunakan kakinya, dan bentuk dari responnya adalah bagian kaki mungilnya yang menendang atau bahkan ia bisa mengeluarkan suara yang belum jelas. Di usia ini, bagian otak serta sistem pendengarannya juga sudah mulai berkembang dengan sangat baik. Di usia 2 bulan ini, biasanya seorang bayi laki-laki memiliki berat badan sekitar 3,8 hingga 5 kg dengan ukuran panjang sekitar 52 hingga 56 cm. Sedangkan bayi perempuan umumnya memiliki berat badan sekitar 3,6 hingga 4,8 kg dengan panjang badan sekitar 52 hingga 55 cm.
  • Perkembangan bayi 3 bulan
    Di usia 3 bulan ini, umumnya bayi mulai bisa meraih sejumlah benda apapun yang berada di dekatnya yang memang bisa menarik perhatiannya. Bukan hanya itu, di usia 3 bulan ini Si Kecil juga sudah mulai bisa menggulingkan badannya ketika ia tengah berbaring. Di satu sisi hal ini bisa membuat Anda bahagia, namun di sisi lain hal ini bisa menjadi berbahaya jika ia tidak di damping dengan baik.
  • Perkembangan bayi 4 bulan
    Menginjak usia 4 bulan, umumnya bayi memiliki berat badan yang cukup besar, bahkan bobotnya mencapai 2 kali lipat lebih besar dari berat badannya ketika ia lahir. Penting untuk di ketahui, bahwa memantau setiap perkembangan Si Kecil merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus di ketahui para orangtua terutama bagi para ibu, hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah Si Kecil bisa berkembang dan tumbuh dengan baik atau bahkan tidak. Di usia 4 bulan ini, umumnya Si Kecil akan mengalami perkembagan yang cukup baik, baik dari segi ukuran tubuhnya, kemampuan fisik, bahkan kepekaan dirinya terhadap kondisi lingkungan sekitar. Dan di usia 4 bulan ini juga, Si Kecil mulai bisa menunjukkan ekspresinya dengan baik, misalkan seperti tersenyum, tertawa, memasukkan tangan dan kaki ke dalam mulut hingga mencoba untuk bersuara dan berinteraksi dengan orang sekitarnya.
  • Perkembangan bayi 5 bulan
    Moms, ketika usia Si Kecil memasuki usia 5 bulan, umumnya ia mulai mencoba untuk duduk dari posisi awal tengkurap dengan cara menopang tubuhnya dengan menggunakan kedua tangan mungil mereka. Namun meskipun demikian, posisi duduk Si Kecil masih belum stabil. Dan untuk membantunya, maka Anda bisa saja menempatkan bantal di kedua sisi kanan dan kirinya dan teruslah damping Si Kecil agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.
  • Perkembangan bayi 6 bulan
    Umumnya para dokter telah menyepakati, bahwa ketika bayi memasuki usia 6 bulan, maka ia mulai siap untuk di perkenalkan dengan makanan padat pendamping ASI atau dalam kata lain MPASI. Mengapa demikian? Karena di usia 6 bulan ini bagian sistem pencernaan Si Kecil sudah siap untuk mengolah makanan padat. Bukan hanya sudah boleh di perkenalkan dengan MPASI, ketika Si Kecil berusia 6 bulan, ia juga mulai senang duduk di lantai dan juga bermain dengan mainanya. Di usia ini juga Si Kecil sudah mencoba berbagai posisi tubuh dan juga sudah memiliki kemampuan untuk melihat keadaan di sekitarnya. Jika di bandingkan dengan usia bayi 5 bulan, bayi 6 bulan kini sudah memiliki bobot yang jauh lebih meningkat.
  • Perkembangan bayi 7 bulan
     Penting untuk Moms ketahui, di usia bayi 7 bulan umumnya ia mulai mencoba untuk merangkak. Di usia ini Si Kecil mulai belajar untuk merangkak dan juga berusaha untuk menyeimbangkan kedua tangan serta lututnya. Aktivitas yang di lakukan ini juga merupakan salah satu persiapan untuk menguatkan bagian ototnya agar ia bisa berjalan dengan baik. Bukan hanya belajar merangkak, di usia 7 bulan ini juga Si Kecil mulai sering memasukkan berbagai jenis barang ke dalam mulutnya untuk di gigit. Mengapa? Hal ini di karenakan timbulnya rasa gatal yang di akibatkan oleh pertumbuhan gigi. Dan di usia ini juga Si Kecil mulai mencoba untuk duduk tanpa adanya bantuan penompang badan.
  • Perkembangan bayi 8 bulan
     Hal yang satu ini pastinya membuat para ibu menjadi sangat bahagia sekaligus khawatir dan membutuhkan kewaspadaan yang lebih meningkat. Mengapa? Karena di usia 8 bulan ini Si Kecil mulai belajar untuk berdiri dengan bantuan pegangan, seperti memegang ke kursi atau bahkan meja. Di usia ini, Si Kecil juga mulai memiliki perasaan penasaran yang lebih tinggi terhadap segala hal yang ia temui, terutama terhadap benda-benda yang ada di sekitarnya.
  • Perkembangan bayi 9 bulan
     Ketika usia Si Kecil menginjak usia 9 bulan, ia semakin mampu memahami setiap kata-kata yang Anda keluarkan. Bahkan ia juga sudah mampu merespon setiap kata-kata Anda dengan suara, meskipun masih belum terdengar jelas. Di usia ini, kesadaran Si Kecil juga mulai berkembang dengan pesat, bahkan ia akan bereaksi ketika lampu kamarnya di matikan, atau akan menangis ketika ia di tinggalkan oleh orangtuanya untuk bekerja. Hebatnya lagi, di usia 9 bulan ini Si Kecil tidak akan lagi menangis dalam waktu yang cukup lama, karena di usia ini perhatian Si Kecil mulai bisa di alihkan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

 

BACA JUGA: Apa Yang Terjadi Di Usia Bayi 9 Bulan?

745 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories