Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  27 May '22


Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di perut saat hamil 1 minggu. Ada yang garisnya terlihat dengan jelas, namun ada juga ibu hamil yang tidak memiliki garis ini. Hal ini sangat berbeda-beda pada ibu hamil.

Munculnya garis lahir pada perut sering dikaitkan dengan jenis kelamin janin yang sedang dikandung sang Ibu. Garis ini sebenarnya sudah muncul sejak awal kehamilan. Hanya saja, warnanya masih pudar. Untuk mengetahui apa itu garis lahir dan penyebab munculnya, simak ulasan ringkasnya dibawah ini.

Mengenal Garis Lahir Pada Kehamilan Usia 1 Minggu

Garis hitam di perut ibu hamil atau secara medis disebut dengan linea nigra merupakan tanda kehamilan yang wajar muncul pada wanita hamil. 

Dilansir dari UT Southwestern Medical Center, sebanyak 90% ibu hamil di dunia memiliki garis lahir ini. Garis hitam ini muncul pada bagian tengah perut ibu hamil. Posisinya membentang dari pusar hingga ke area kemaluan dan memiliki lebar sekitar 0,6 hingga 1,3 cm.

Garis kehamilan kapan muncul? Meski baru terlihat jelas saat usia kehamilan menginjak trimester 2, namun sebenarnya linea nigra sudah ada sejak awal kehamilan. Tetapi, memang warnanya tidak terlihat dengan jelas dan lebih pucat. Pada ibu hamil dengan warna kulit agak gelap, garis ini akan terlihat dengan sangat jelas. Namun, ada juga ibu hamil yang garis hamilnya tidak terlihat jelas dikarenakan warna kulitnya yang agak pucat. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, warna gelap pada garis ini akan semakin terlihat jelas. 

Linea nigra sering dianggap sebagai pusat pertemuan otot perut disebabkan letaknya yang berada persis di tengah.

Penyebab Munculnya Garis di Perut saat Hamil 1 Minggu

Belum ditemukan penyebab pasti munculnya garis hitam pada perut ibu hamil. Namun, para ahli sering mengaitkan fase kehamilan ini dengan perubahan hormon yang terjadi. 

Selama masa kehamilan, terjadi banyak perubahan yang akan dirasakan oleh ibu hamil. Misalnya saja kondisi tubuh menjadi mudah lelah, sering merasa mual, hingga munculnya garis gelap di perut. Kondisi tersebut terjadi karena kadar hormon progesteron dan estrogen mengalami peningkatan. 

Dilansir dari DermNet NZ, meningkatnya kadar kedua hormon tersebut memicu produksi melanin. Zat inilah yang mengakibatkan warna garis di perut terlihat gelap.

Baca Juga: Perlukah Membersihkan Bahan Makanan Si Kecil dengan Pembersih Sebelum Diolah?

Lantas, normalkah jika ibu hamil tidak memiliki garis di perut saat hamil 1 minggu? Ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda-beda. Munculnya linea nigra juga tidak bisa dijadikan patokan apakah kehamilan tersebut normal atau justru bermasalah.

Garis gelap pada perut ibu hamil hanya sebagai tanda respon tubuh terhadap peningkatan hormon yang terjadi. Jadi, bila ada ibu hamil yang tidak memiliki garis ini, kehamilannya tidak mengalami masalah. Contohnya, kasus ibu hamil dengan kulit putih dan pucat. Garis lahir yang terdapat pada perut biasanya tidak terlihat jelas dan cenderung pudar. Bisa dikatakan bahwa munculnya garis gelap tersebut juga dipengaruhi oleh warna kulit ibu hamil.

Apakah Garis Hitam di Perut Ibu Hamil Bisa Memprediksi Jenis Kelamin Bayi?

Konon katanya, bentuk garis gelap pada ibu hamil bisa dijadikan patokan untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Bila panjang garis membentang mulai pusar hingga ke tulang rusuk, besar kemungkinan bayinya berjenis kelamin laki-laki. Ada juga yang beranggapan dengan munculnya garis gelap tersebut menjadi penanda kalau ibu hamil tersebut sedang mengandung anak laki-laki. 

Semua hal tersebut di atas hanyalah mitos belaka. Faktanya setiap ibu hamil memiliki peluang yang sama untuk melahirkan bayi perempuan ataupun laki-laki. Munculnya garis hitam pada perut hanya merupakan salah satu tanda kehamilan saja. Hal ini disebabkan karena perubahan kadar hormon sehingga tubuh memberi respon dengan cara membentuk garis lahir.

Ciri-Ciri Kehamilan Usia 1 Minggu

Rata-rata kehamilan baru terasa perubahannya menginjak usia 4 minggu. Namun, ada beberapa kasus ibu hamil yang sudah bisa merasakan kehamilan pada usia kandungan yang lebih dini. Bagaimana ciri perut hamil 1 minggu? 

Selain muncul garis lahir pada perut, berikut ini ada beberapa ciri lain yang ditunjukkan ibu hamil saat usia kehamilan 1 minggu, yaitu:

1. Mual dan Muntah

Mual dan muntah merupakan gejala awal kehamilan yang wajar dialami oleh setiap ibu hamil. Kondisi ini dipicu oleh terjadinya peningkatan jumlah hormon kehamilan. 

Mual muntah selama hamil bisa terjadi kapan saja. Namun, ada beberapa kasus ibu hamil yang hanya mengalaminya saat pagi hari.

Untuk meredakan mual dan muntah selama hamil, solusi yang paling mudah adalah menghindari penyebabnya. Jika Moms merasa ingin muntah ketika melihat nasi, maka sebaiknya jauhi dulu nasi sampai gejala tersebut mereda.

2. Pendarahan pada Vagina

Meski tidak mengalami menstruasi, pada awal kehamilan biasanya akan terjadi pendarahan vagina. Kondisi ini disebabkan karena tubuh sedang melakukan peluruhan dinding rahim yang lama guna membentuk lapisan dinding rahim baru sebagai tempat sel telur yang sudah dibuahi.

3. Sembelit

Selain muncul garis di perut saat hamil 1 minggu, beberapa ibu hamil juga mengalami sembelit. Hal ini terjadi karena kerja sistem pencernaan yang lambat. Ibu hamil juga akan mengalami gejala kembung karena kondisi ini. Untuk meredakan kembung serta sembelit saat hamil 1 minggu, sebaiknya Moms memperbanyak konsumsi air putih untuk memudahkan kerja sistem pencernaan.

4. Payudara Bengkak

Menginjak usia trimester pertama, ibu hamil akan mulai mengalami beberapa perubahan. Salah satunya yaitu bentuk payudara yang tampak bengkak. Selain itu, akan timbul rasa nyeri apabila payudara tersebut disentuh.

Kondisi nyeri dan bengkak pada payudara saat hamil disebabkan karena tubuh sedang melakukan penyesuaian diri terhadap kenaikan hormon progesteron dan estrogen. Rasa tidak nyaman tersebut akan mereda beberapa minggu sesudahnya.

Tidak semua wanita hamil mengalami gejala payudara bengkak dan nyeri. Beberapa tidak merasakan nyeri sama sekali pada payudara. Meski demikian, perubahan bentuk payudara akan tetap terjadi terutama setelah memasuki trimester ketiga.

5. Sakit Pinggang

Beberapa perubahan yang terjadi pada ibu hamil akan menimbulkan rasa tak nyaman sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Termasuk gejala yang satu ini, yaitu sakit pada pinggang bagian bawah. Rasa sakit tersebut umumnya diikuti dengan gejala kram.

Sakit pinggang bisa terjadi karena terjadi peluruhan pada lapisan dinding rahim yang disertai dengan kontraksi. Sebab itulah, muncul rasa sakit dan nyeri khususnya pada pinggang bagian bawah.

Sakit pinggang tak hanya dirasakan saat awal kehamilan saja, melainkan juga sepanjang masa kehamilan terutama jika usia kandungan sudah cukup tua. Hal tersebut bisa terjadi karena dipicu oleh penambahan berat badan, baik bobot ibu hamil maupun si Kecil.

6. Sering Buang Air Kecil

Jumlah cairan yang terdapat pada ibu hamil selalu bertambah seiring dengan meningkatnya usia kandungan. Penumpukan cairan inilah yang menyebabkan ibu hamil sering ingin buang air kecil. Gejala ini merupakan hal wajar dan hampir dialami oleh semua ibu hamil.

Baca Juga: Babyo Review, Reversible Waterproof, Perlak Andalan di Kala Toilet Training

Munculnya garis di perut saat hamil 1 minggu disebabkan karena produksi berlebih hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh. Peningkatan kedua hormon tersebut memicu timbulnya melanin sehingga muncul garis di perut. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

108 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]

Merk Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mengaplikasikan cream wajah setiap hari telah menjadi kebutuhan terutama bagi para wanita. Namun, saat hamil atau menyusui, Moms harus lebih [...]