Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengenal Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  31 Mar '22


Buah naga dikenal sebagai jenis buah yang mengandung banyak nutrisi sehingga bermanfaat untuk kesehatan. Meski begitu, masih ada yang mempertanyakan amankah buah naga merah untuk ibu hamil? Sebagai jawabannya, maka Moms perlu mengetahui manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Mengonsumsi buah-buahan selama kehamilan memang sangat dianjurkan. Namun begitu,  ibu hamil juga perlu mengetahui jenis buah yang dilarang untuk ibu hamil agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan. Lantas, bagaimana dengan buah naga sendiri? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Jenis-Jenis Buah Naga

Sebelum membahas tentang kandungan dan manfaat buah naga untuk ibu hamil, ada baiknya Moms mengenal beberapa jenis buah naga seperti berikut ini:

  • Buah Naga Putih

Buah naga putih dikenal dengan nama latin Hylocereus undatus atau Pitaya blanca. Jenis buah baga ini memiliki ciri-ciri kulit buah berwarna merah, daging buah yang putih, dan biji hitam.

  • Buah Naga Merah

Nama latin dari buah naga merah adalah Hylocereus costaricensis atau Pitaya roja. Buah naga ini memiliki ciri-ciri kulit berwarna merah dengan daging buah yang juga berwarna merah serta biji hitam.

  • Buah Naga Kuning

Buah naga kuning memiliki nama latin Hylocereus megalanthus atau Pitaya amarilla. Ciri-ciri buah ini adalah berkulit kuning dengan daging buah berwarna putih dan biji hitam.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Naga

Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap di dalamnya sehingga konsumsi buah naga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi di dalam buah naga:

  • Karbohidrat yang akan memberikan energi pada tubuh.
  • Kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan perkembangan tulang.
  • Protein, zat besi, serta kalium yang diperlukan untuk menjaga kekebalan tubuh.
  • Asam folat yang memiliki peran penting untuk perkembangan syaraf.
  • Vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas.
  • Serat untuk menjaga kesehatan pencernaan.
  • Likopen yang bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah jantung, risiko kanker, serta hipertensi.

Jika Moms masih juga bertanya, apakah buah naga mengandung asam folat? Maka jawabannya adalah iya. Selanjutnya, ada juga bertanya apakah buah naga bagus untuk janin? Maka tentu saja jawabannya, iya.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Dari penjelasan tentang kandungan nutrisi pada buah naga tersebut, dapat disimpulkan bahwa buah naga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan nutrisi lengkap untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan. Lantas, apa saja manfaat buah naga?

  • Mencegah Terjadinya Risiko Anemia

Dilansir dari Belitung Nursing Journal, disebutkan bahwa kandungan zat besi pada buah naga membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan eritrosit dalam darah. Zat besi efektif untuk mencegah dan mengatasi risiko anemia pada ibu hamil.

  • Membantu Proses Pembentukan Otak

FirstCry Parenting menyebutkan bahwa ibu hamil harus memenuhi kebutuhan lemak baik. Peran lemak baik tidak hanya sekedar menyediakan energi saja tetapi juga membantu proses pembentukan otak pada janin.

  • Melindungi dari Risiko Infeksi

Kandungan zat di dalam buah naga bersifat antibakteri dan antijamur sehingga cukup efektif untuk mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, nutrisi dalam buah naga juga akan membantu proses regenerasi sel pada pengobatan luka sehingga terhindar dari risiko infeksi.

Lihat Juga: Babyo Tips: Sepuluh Manfaat Humidifier yang Kadang Tidak Kita Sadari

  • Mencegah Cacat Lahir pada Si Kecil

Manfaat buah naga selanjutnya adalah membantu mencegah cacat lahir pada si Kecil. Kandungan vitamin B kompleks serta folat pada buah naga memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan sistem saraf dan tabung saraf pada janin.

  • Meminimalkan  Risiko Keguguran

Manfaat buah naga untuk ibu hamil muda sangat penting diketahui. Di trimester 1 kehamilan, risiko terjadinya keguguran masih relatif tinggi. Kandungan asam folat di dalam buah naga mampu membantu memperkuat janin sehingga menurunkan risiko terjadinya keguguran.

  • Membantu Mengatasi Sembelit

Pada saat hamil, salah satu masalah yang sering dikeluhkan adalah sembelit yang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Dengan mengonsumsi buah naga, keluhan sembelit bisa diatasi. Serat di dalam buah ini akan meningkatkan fungsi pencernaan.

  • Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Tulang Janin

Untuk membantu perkembangan tulang dan gigi pada janin, diperlukan peran kalsium dan fosfor. Kedua nutrisi ini bisa Moms temukan di dalam buah naga. Jika Moms termasuk intoleran terhadap laktosa dan tidak bisa minum susu, makan buah naga bisa menjadi solusinya.

  • Mencegah Risiko Preeklamsia

Risiko terjadinya preeklampsia bisa sangat tinggi jika ibu hamil mengalami hipertensi. Moms harus mengantisipasi kondisi ini sejak usia kehamilan dini.. Salah satu cara mengantisipasinya adalah dengan mengonsumsi buah naga yang dapat membantu menjaga tekanan dan gula darah sehingga tetap stabil.

  • Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Penelitian yang dimuat dalam JOJ Nursing & Health Care menyebutkan bahwa kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada buah naga merah bisa membantu mencegah kerusakan akibat paparan radikal bebas, misalnya asap rokok.

Lihat Juga: Babyo Review Babybee Buddy Pillow & Big Buddy, Apa Bedanya?

Kandungan antioksidan pada vitamin C di buah naga juga akan sangat bermanfaat bagi ibu hamil, di antaranya adalah:

  • Membantu mencegah keluhan kesehatan yang terkait dengan sendi dan gusi.
  • Membantu mengatur dan mengelola sintesis kolagen di dalam tubuh.
  • Membantu sel tubuh dalam menangkal radikal bebas.
  • Membantu memperkuat sistem imunitas.
  • Memberikan Energi Bagi Ibu Hamil

Manfaat buah naga untuk ibu hamil selanjutnya adalah memberikan energi bagi ibu hamil. Kandungan karbohidrat pada buah naga cukup tinggi sehingga akan memberikan energi bagi ibu hamil. Hal ini akan membuat tubuh bisa tetap bugar, berenergi, dan tidak merasa lemas.

  • Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah naga mengandung likopen yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, biji buah naga diketahui mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung. Zat tersebut akan menjaga arteri agar tetap bersih sehingga darah mengalir lancar.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan fitokimia dalam buah naga merupakan antioksidan yang memiliki peran penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan zat ini juga akan membantu tubuh dalam melawan infeksi.

  • Membantu Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C, beta karoten, seta likopen dalam buah naga memiliki efek yang baik untuk menangkal radikal bebas serta memperbaiki kerusakan internal. Selain itu, zat anti karsinogenik pada buah naga juga mampu mencegah pertumbuhan tumor di dalam tubuh.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Meskipun Moms sedang dalam masa kehamilan, perawatan kulit tetap penting untuk dilakukan agar kulit tetap sehat dan tidak bermasalah. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, kandungan vitamin C pada buah naga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Beberapa manfaatnya adalah membantu mengatasi munculnya jerawat, mengatasi kulit kering dan melembabkannya, mengurangi kerutan dan garis halus, mendetoksifikasi kulit, serta menghilangkan flek hitam.

Dengan mengetahui ragam manfaat buah naga untuk ibu hamil tersebut, Moms bisa mengonsumsi buah naga untuk mendapatkan manfaatnya secara menyeluruh. Selain konsumsi buah naga, pastikan juga untuk mengimbanginya dengan asupan nutrisi lain yang diperlukan tubuh.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

192 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]