Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengatasi Ketidaknyamanan Saat Hamil

PREGNANCY  |  09 Nov '17

Dalam masa kehamilan saya, ada beberapa kendala dan keluhan yang saya alami. Saya akan bagikan berikut ini, semoga bermanfaat bagi para calon ibu.

1. Mual dan muntah di trimester pertama
Mual dan munth di trimester pertama, atau yang dikenal dengan morning sick, disebabkan oleh perubahan kadar hormon estrogen dan human chorionic gonadotropin (hCG). Biasanya yang meng-trigger mual dan muntah adalah ketika ibu hamil mencium suatu bau, atau bisa juga karena stress. Cara saya menangani morning sick adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. 

2. Kram di bagian bawah perut di trimester kedua
Yang namanya kram tentu tidak nyaman. Gerak terlalu cepat sedikit dapat mengakibatkan otot di bagian perut tertarik. Jika terjadi, cobalah diam sejenak dan mencari posisi yang nyaman. Kram terjadi karena bayi semakin besar, semakin aktif, dan posisi bayi sudah di daerah panggul. Saya sering mengalami kram di trimester kedua, dan bahkan pada saat tidur. Yang saya lakukan untuk mengatasi kram di kala tidur adalah dengan memberi alas bantal di kedua kaki. 

3. Perut kembung
Ini di karenakan meningkatnya hormon esterogen dan progesteron yg mengakibatkan gerak usus berkurang akibat tekanan bayi yang semakin membesar. Jika anda mengalami hal ini, cobalah meminum jahe hangat. Apabila kembung tidak membaik, lebih baik minta saran dokter untuk obat yang aman untuk ibu hamil.

4. Bengkak pada kaki
Ini juga menjadi salah satu kendala yang saya alami di trimester akhir. Tidak nyaman ya, karena dengan kaki bengkak kita hanya bisa menggunakan sandal/sepatu tertentu. Kaki bengkat di saat hamil disebabkan oleh konsumsi garam yang berlebihan, berdiri terlalu lama, penggunaan sepatu yang sempit, high heels, dan kaki menggantung terlalu lama. Jika kaki anda bengkak, jagalah pola makan anda, berolah raga ringan, dan mengganti posisi tidur di sebelah kiri untuk melancarkan peredaran darah. 

Jika Moms-to-be mengalami keluhan-keluhan seperti saya, tidak usah terlalu khawatir, karena ini semua termasuk normal. Apabila anda mengalami rasa sakit seperti nyeri di perut secara terus-menerus, ada baiknya segera di konsultasikan ke dokter kandungan. 

Semoga bermanfaat ya Moms.

By: Vina Yuliana 

566 Vina Yuliana

Comments

Related Stories