Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengatasi Kelainan Kaki Pada Balita

REVIEWS  |  26 Sep '17


Hi Moms, saya ingin berbagi cerita mengenai kelainan pada kaki balita. Pada umumnya tidak sedikit dari balita yang mengalami ‘in-toeing’.

Ketika anak saya mulai berjalan saya merasa postur dan cara berjalannya sedikit berbeda dengan anak lainnya. Cara ia berjalan termasuk dalam kategori kelainan kaki ‘in-toeing’ dimana sudut kaki mengarah ke arah dalam. Berjalan dengan cara seperti ini dalam waktu lama bisa mempengaruhi pertumbuhan tulang kaki. Kaki si kecil dapat tumbuh membentuk huruf O. 

Sebagai orang tua tentu kami tidak tenang melihat perkembangan fisik yang cenderung berbeda dengan anak lainnya. Kami pun berkonsultasi dengan dokter spesialis tulang dan kaki anak saya di diagnosis mengalami ‘in-toeing’.

Penyebab in-toeing sudah terbentuk semenjak si kecil dalam kandungan. Janin yang bertumbuh akan menyesuaikan posisi tubuhnya dalam rahim sehingga tulang tibia (antara lutut dan mata kaki) ikut berputar ke arah dalam. Kadang tulang femur (paha) juga ikut berputar ke dalam.

Dokter menyarankan untuk memakaikan sepatu khusus untuk anak yang memiliki kelainan "in-toeing". Kami pun di rujuk ke klinik YPAC (Yayasan Penyandang Anak Cacat) untuk pembuatan sepatu ini. Ini langkah-langkan pembuatan sepatu tersebut:

  • Sepatu di rancang sesuai kebutuhan anak masing-masing.
  • Sebelum di kenakan, juga perlu di teliti lebih lanjut oleh dokter spesialis tulang.
  • Jika bentuk sepatu sudah di setujui oleh dokter, barulah sepatu tersebut boleh di gunakan.
  • Pemakaian sepatu dalam kurun waktu 3 bulan berhubungan kaki anak yang cenderung berubah-ubah.
  • Setelah 3 bulan, dokter akan melihat lebih lanjut kelainan ‘in-toeing’ pada si kecil; apakah ada perubahan atau tidak.

Setelah pemakaian sepatu 3 bulan, perubahan pada kaki anak saya terlihat jauh lebih baik, hanya saja dokter tetap menyarankan pemakaian sepatu ‘in-toeing’ dalam jangka waktu lebih lama. Hal ini karena pada anak, kaki-kaki kecil masih terbilang lentur dan lunak, serta belum sekeras kaki-kaki orang dewasa. Sehingga kaki pun lebih mudah kembali ke bentuk ‘in-toeing’.

So, Moms jika si kecil memiliki kelainan kaki jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan lebih dini dan lanjut. Pemeriksaan dini akan berdampak lebih efektif karena tulang si kecil masih terbilang lunak. Sehingga lebih muda untuk melakukan terapi melalui sepatu khusus.

Berikut detail mengenai pemeriksaan in-toeing

Rumah sakit MRCC Siloam
Dokter Ucok spesialis tulang
Biaya konsultasi : 600.000

Klinik YPAC
Jalan hang lekiu III no.19
Pembuatan sepatu ‘in-toeing’ : 500.000

Semoga bermanfaat Moms !

By: Freny Sugianto 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

7323 Freny sugianto

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Review Lovenest+ from Babymoov by Mom Editha

Kepala bayi yang masih lunak memerlukan bantal khusus untuk mempertahankan bentuk bulatnya.

Baby-O-Review Dr. Brown's Tooth & Gum Wipes

Setelah makan dan minum susu, rongga mulut si Kecil wajib diberishkan, tak terkecuali bagi newborn.

Baby-O-Review Duux OVI

Ruangan ber-AC bisa menyebabkan kulit dan pernapasan bayi menjadi terganggu. Mari kita ketahui cara mengatasinya.

Mengatasi Transisi Breastfeeding To Bottle Feeding

Ketika Si Kecil sedang dalam masa transisi dari breastfeeding menuju feeding, tentu akan muncul berebagai drama. Bagaiaman cara mengatasinya?

Bamboo Roo Swaddle In Depth Review

Bingung memilih kain bedong? Berikut adalah in-depth review mengenai Bamboo Roo swaddles. Yuk, simak bersama.

Motorola Baby Monitor Review by Babyo

Ketika CCTV tidak bisa diandalkan karena WiFi lemot, apa yang kita bisa lakukan? Mari simak review untuk Motorola Baby Monitor berikut ini.

5 Hal Penting Agar Sukses Menyusui

Ada 5 hal penting tapi sering dilupakan, yang setiap Moms dan Moms-to-be perlu tau agar ASI lancar. Yuk simak bersama.

Baby Lotions Review by Babyo

Babyologist mempersembahkan product review yang bertujuan membantu anda memilih yang terbaik untuk Si Kecil.

Diaper Bags Review by Babyo

Babyologist mempersembahkan product comparison yang bertujuan membantu anda memilih yang terbaik bagi Si Kecil. Semoga bermanfaat.

Apa sih Nursery Rhymes Itu?

Salah satu cara Mom Selvia mengajar anak jenius adalah dengan menggunakan nursery rhymes. Yuk, simak bersama.

Baby Walker, Yay or Nay?

Mom Cindy melakukan banyak research mengenai penggunaan Baby Walker dalam melatih anak berjalan. Yuk kita simak hasilnya.

Umur Berapa Bayi Boleh Naik Pesawat?

Umur berapa sebaiknya bayi pergi traveling? Apa yang sebaiknya dilakukan untuk memastikan bayi baik-baik saja selama penerbangan?

Vaksin di Puskesmas, Kenapa Tidak?

Berbicara mengenai imunisasi, banyak dari kita pasti memilih untuk melakukannya di Rumah Sakit. Tapi ternyata Puskesmas sekarang oke loh Moms...

Puasa Gadget dan Diet Gadget

Gadget or no gadget? Topik ini seru sekali jika dibicarakan, tidak ada habis-habisnya. Simak cara Mom Yessica mengatasi hal tersebut.

Pentingnya Car Seat

 Car seat or no car seat? Bagi Mom Sarah, car seat is a must. Bagaimana cara mengatasi anak yang ngga mau duduk tenang di car seat? Simak berikut ini.

Happy Colouring

Bukan rahasia lagi bahwa aktifitas mewarnai banyak digemari oleh anak-anak. Apa manfaat mewarnai? Mari simak cerita Mom Sherlly berikut ini.

Menstimulasi Bayi Ala Mommy Carol

Bagaimana caranya untuk menstimulasi bayi sejak dini? Ternyata banyak caranya! Mari simak cerita Mommy Carol berikut ini.

Membatasi Anak Dengan Gadget

Di jaman modern seperti sekarang, anak mana yang tidak kenal dengan gadget dan youtube? Berikut adalah pengalaman dari Mom Vina mengenai kedua [...]

Baby-O-Review Bambooroo Swaddle

Baby-O-review dirancang untuk memberikan review secara jujur dan positif. Mari saksikan review untuk Bambooroo swaddle berikut ini.

Bayi Bau Tangan?

Pernahkah anda mendengar orang berkata “jangan keseringan digendong bayinya, nanti bau tangan”. Betulkah demikian?