Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

PREGNANCY  |  18 Dec '17


Kaki yang membengkak saat hamil merupakan tantangan yang harus dihadapi hampir setiap calon ibu, terutama di trimester kedua dan ketiga. Kaki yang membengkak saat kehamilan terjadi karena tekanan darah meningkat di pembuluh darah anggota badan bagian bawah. Seiring dengan pertumbuhan janin tumbuh dan juga ukuran rahim yang meningkat, memberi tekanan pada pembuluh darah pelvis. Akibatnya, pembuluh darah di kaki tersumbat dan menyebabkan pembengkakan. Tanpa perawatan, kaki bengkak selama kehamilan bisa menyebabkan sejumlah komplikasi, jadi masalah kesehatan ini jangan sampai terbengkalai.

Kaki bengkak selama kehamilan juga bisa terjadi karena penyakit persendian, kurang aktivitas fisik, obesitas, dan juga kebiasaan duduk bersila. 

Untuk kaki bengkak selama kehamilan yang terjadi karena proses alami seperti yang dibahas pada awal artikel, anda bisa mengikuti tips berikut ini. Untuk kaki bengkak akibat diabetes gestasional, konsultasikan ke dokter.

Cara mengatasi kaki bengkak selama kehamilan:

  1. Batasi konsumsi garam. Ini mempertahankan air dalam tubuh. Masukkan sedikit garam ke makanan Anda, dan kurangi makanan pedas. Makanan kukus adalah pilihan terbaik.
  2. Minumlah dengan takaran yang cukup, terutama pada trimester ketiga. Jumlah maksimum cairan adalah 3 liter. Jangan lupa umnuk mengkonsumi buah, sayuran, dan sup.
  3. Minum vitamin. Mereka akan memperbaiki pembuluh darah Anda dan mengurangi jumlah cairan yang masuk melalui pembuluh ke dalam jaringan, sehingga pembengkakan akan berhenti.
  4. Minum teh herbal. Ini akan membantu mengeluarkan kelebihan cairan dari sistem Anda. 
  5. Pijat kaki juga dapat membantu mengurangi pembengkakan selama kehamilan.

Apakah ada cara untuk mencegah pembengkakan selama kehamilan? Tentu saja. Mari simak tips berikut ini: 

  1. Lakukan aktivitas fisik seperti senam hamil, atau jalan. Di malam hari saat berbaring di tempat tidur, angkat kaki dan dorong ke dinding - tahan posisi ini selama 10-15 menit. Hal ini akan membantu mengembalikan aliran darah di kaki dan pergelangan kaki Anda.
  2. Batasi konsumsi garam, minuman manis, minuman soda, dan kurangi kafein. Perbanyak mengkonsumsi buah, sayuran, dan juga air mineral.
  3. Sertakan jeruk, lemon, peterseli, seledri, bawang putih, jeruk keprok, bawang merah, ke dalam makanan Anda. Mereka baik untuk ginjal Anda.
  4. Taruh bantal kecil di bawah kaki Anda saat tidur.
  5. Kenakan sepatu dan pakaian yang nyaman.
  6. Hindari panas berlebih. Jangan pergi berjemur atau ke sauna saat hamil.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1240 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengatasi Heartburn yang Terjadi ketika Hamil

Rasa terbakar di sekitar dada yang dialami ketika sedang hamil dikenal juga sebagai heartburn.

Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Berikut adalah langkah-langkah sederhana oleh Mom Tyas untuk mengatasi kaki bengkak ketika sedang hamil.

Ciri Kondisi Janin Tidak Sehat

Kelainan yang berasal dari berbagai faktor bisa menyebabkan kondisi janin tidak sehat bahkan sampai dengan keguguran. Mari simak ciri janin [...]

Mengatasi Bengkak Saat Hamil

Pembengkakan pada pergelangan kaki, lengan dan tangan umum terjadi pada ibu hamil. Apa yang menyebabkan kondisi ini terjadi dan bagaimana cara [...]

Manfaat Jalan Pagi Bagi Bumil

Banyak orang berkata bahwa jalan kaki di pagi hari sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi bumil. Sebetulnya apa manfaatnya bagi bumil?

Apa Yang Terjadi Pada Ibu Hamil 6 Bulan?

Bagaimana Kondisi perkembangan janin dalam kandungan di usia 6 bulan kehamilan? Perlukah konsultasi dokter kandungan lebih sering du usia ini? [...]

Bahaya Bayi Lahir Prematur

Kelahiran prematur antara 7-8 bulan baik itu yang direncanakan karena suatu penyakit tertentu atau bahkan terjadi spontan ternyata bisa [...]

Pentingnya Menjaga Postur Tubuh Saat Hamil

Saat hamil, bukan hanya nutrisi yang harus dijaga, posisi tubuh ketika hamil juga perlu untuk dijaga. Kenapa ya?