Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengatasi Stranger Anxiety dengan Membiasakan Jalan-jalan Sore

MY STORY  |  09 Jul '20


Moms, pernah nggak sih si Kecil mengalami rasa takut berlebih hingga berteriak-teriak bahkan menangis ketika bertemu dengan orang baru? Umumnya, hal ini terjadi ketika mengajak si Kecil ke undangan pernikahan atau bahkan pertemuan keluarga seperti momen-momen perayaan hari besar. Tentunya, hal ini membuat si Kecil merasa tidak nyaman. Moms juga bisa merasa kurang percaya diri setiap membawa si Kecil ikut serta keluar rumah. Belum lagi komentar-komentar orang lain bahkan keluarga dekat yang negatif tentang cara kita merawat anak, seperti ‘pantes aja anaknya rewel, Ibunya pasif sih gak pernah ngajarin anaknya!

Wah, komentar pedas macam itu lebih baik dihempaskan jauh-jauh dan jangan pula diambil hati, ya, Moms. Daripada menyiksa batin, lebih baik penuhi hari dengan pikiran positif supaya bisa menerima setiap atmosfer negatif.

Kondisi si Kecil yang mengalami kecemasan dan ketakutan berlebih ketika bertemu dengan orang baru atau yang jarang dilihatnya disebut stranger anxiety. Kondisi seperti ini ternyata wajar untuk anak berusia 7 hingga 18 bulan dan akan membaik seiring bertambahnya usia. Dengan penglihatannya yang semakin berkembang, di usia 7 bulan bayi akan lebih mampu membedakan orang-orang yang dilihatnya. Berbeda dengan bayi baru lahir hingga usia 6-7 bulan, yang masih belum bisa sempurna dalam melihat lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, bayi newborn hingga usia 7 bulan masih santai saja ketika digendong oleh orang-orang yang baru ditemuinya.

Akan tetapi, tahu nggak, sih, Moms, sebenarnya, kondisi stranger anxiety itu adalah bentuk naluri perlindungan si Kecil. Kok bisa? Coba bayangkan,  kalau si Kecil yang sudah bisa berjalan kesana-kemari bertemu dengan orang baru yang berniat jahat tanpa sepengetahuan kita. Bila mereka tidak memiliki rasa stranger anxiety, si Kecil akan dengan mudah mengikuti si orang baru yang berniat jahat tersebut. Amit-amit kan, Moms!

Kondisi stranger anxiety yang tidak mengenakkan adalah ketika si Kecil bertemu dengan keluarga jauh kita seperti kakek-nenek yang jarang bertemu dengan si Kecil. Sekali bertemu, rasa rindu yang memuncak umumnya membuat kakek maupun nenek akan bersikap over jika bertemu si Kecil. Apalagi, pertemuan dengan kakek-nenek hanya bisa terjadi saat liburan saja sehingga singkat. Wah, pasti nggak kebayang, kan, Moms, bagaimana histerisnya si Kecil.

Untuk menghadapi kondisi tersebut berlanjut, ada beberapa tips, nih, Moms agar si Kecil terbiasa dengan lingkungan sekitar:

  1.     Ajak si Kecil jalan-jalan.

Jalan-jalan keliling komplek mengenalkan tetangga atau keluarga kepada si Kecil, supaya si Kecil lebih familiar dengan lingkungannya; hal ini akan melatih perkembangan sosial si Kecil dengan menstimulasi kemampuan mengingatnya. Jika Moms dan dad sibuk di pagi hari, jalan-jalan sore bisa menjadi alternatif loh. Tips jalan-jalan Sore yang Aman dengan si Kecil, Moms bisa meletakkan si Kecil dalam stroller supaya si Kecil tidak lari-larian. Kan bahaya juga Moms membiarkan si Kecil yang baru senang-senangnya berlari di jalanan, mereka belum bisa membedakan keadaan bahaya di sekitarnya.

Moms bisa menggunakan Stroller Greentom yang ringan dan memiliki perlindungan terhadap sinar matahari, tidak tanggung-tanggung Stroller Greentom dilengkapi dengan hood SPF 50, loh! Moms bisa mendapatkan manfaat olahraga sekaligus bonding dengan mengajak si Kecil jalan-jalan.

  1.     Sering mengadakan video call dengan Kakek-Nenek.

Agar si Kecil terbiasa dengan Kakek dan Neneknya, ajak si Kecil untuk melakukan video call setiap hari. Meski sebentar tetapi wajah Kakek dan Nenek akan melekat di ingatan si Kecil, loh!

  1.     Beri waktu si Kecil ketika bertemu orang baru.

Jika mengenalkan si Kecil dengan orang baru, jangan langsung main gendong dan memaksa, yah, Moms. Si Kecil akan semakin menolak dan trauma ketika terus dipaksa.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

328 Qonit Ayu Pranita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bahaya Polusi Udara Mengintai, Kenali Kondisi Lingkungan, ya Moms!

Aktivitas manusia di luar ruangan di masa modern membuat kondisi udara memburuk. Asap kendaraan, asap pabrik, limbah udara menurunkan kualitas [...]

Tips Cara Memanaskan ASIP yang Cepat, Higienis, dan Ekonomis

  Memanaskan ASIP untuk si Kecil merupakan sebuah keputusan personal yang didasarkan dari

Vote Sekarang di Babyo Awards!

Suara Moms membantu Moms lainnya! Yuk ikut voting dan menangkan hadiah total 10 juta rupiah! Klik disini untuk ikutan Babyo Awards 2021!

Si Kecil Aktif Tanpa Bikin Moms Burnout, Gimana Ya?

Menghadapi anak di masa mereka yang super aktif membutuhkan tenaga dan effort yang besar dari kedua orang tuanya. Ditambah lagi.....

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.

Orangtua Penyebab Stress Anak? Yuk, Lakukan Hal Ini Dukung Anak Grow Happy

Stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Sejak usia dini, anak juga bisa mengalami stres. Bahkan salah satu penyebab anak menjadi stres [...]

Membersamai Anak jadi Salah Satu Kunci Agar Si Kecil Tumbuh Bahagia

Selain membersamai si Kecil, pemenuhan nutrisi untuk si Kecil juga diperlukan ya, Moms.

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Stres? Simak Tips Berikut ini, Moms!

Hal apa saja sih, yang bisa kita lakukan agar si Kecil tidak mudah stres dan dapat tumbuh bahagia di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini? [...]

Caraku Mengatasi Stres pada Anak di Tengah Kondisi Pandemi

Nah, berikut ini ada tips mendukung anak agar tumbuh bahagia.

4 Cara Cegah Stres Si Kecil Kala #diRumahSaja

Hai, Moms, Selamat Tahun Baru! Di tahun baru ini, aku ingin sedikit membagikan tips mengatasi stres pada anak.

3 Tips Agar Si Kecil Tidak Mudah Stres dan Tumbuh Bahagia

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau tips untuk membuat si Kecil bahagia dan juga agar si Kecil tidak mudah stres ya, Moms.

5 Ide Kegiatan Coping Stress untuk Si Kecil

Pandemi banyak membawa perubahan untuk kita ya, Moms. Produktivitas dan kreativitas tentu terus berkembang. Itu menjadi nilai positif yang patut [...]