Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan ala Mom Mega

MY STORY  |  OTHERS  |  28 Sep '18


Siapa di sini yang mengalami kerontokan rambut pasca melahirkan Moms? Pasti banyak yang pernah dengar saran dari teman bahkan orangtua kita, sebaiknya potong rambut mendekati hari persalinan, karena bakalan rontok parah dan ternyata bener lho. Saya salah satunya yang mengalami itu.

Saat keramas pasti ada rambut yang rontok bukan cuman 1 atau 2 helai ya Moms, tapi banyak sekali sampai ada perasaan takut sendiri untuk melihatnya. Selain itu saat menyisir rambut pun juga seperti itu. Nah kebetulan saya memilih untuk tidak memotong rambut karena jujur saya tidak suka rambut pendek alias tidak pede.

Sekarang umur baby saya sudah 5 bulan masuk 6 bulan, bagaimana rambutnya? Apakah masih rontok? Jawabannya masih.

Ternyata kerontokan rambut pada ibu pasca melahirkan memang sering dijumpai. Pemicu kerontokan rambut ini adalah perubahan hormonal yang terjadi pasca persalinan, merupakan hal yang normal terjadi, walaupun tidak dialami oleh semua ibu. Setelah melahirkan, produksi esterogen kembali ke tingkat normal dan rambut yang seharusnya sudah rontok akan melanjutkan ke siklus normal.

Itulah kenapa jumlah rambut yang rontok terlihat lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini biasanya berlangsung pada beberapa bulan awal setelah melahirkan hingga anak kita berusia 6 bulan bahkan ada yang mengalami sampai dengan 1 tahun.

Dikarenakan kerontokan rambut pasca melahirkan yang biasa bersifat temporer sebenarnya tak diperlukan treatment khusus.

Tips mengatasi rambut rontok pasca melahirkan

  1. Coba untuk memotong rambut lebih pendek. Kalau pengalaman saya, jadi lebih ringan aja dan lebih rapi. Penampilan lebih segar sekalian merubah style.
  2. Menggunakan shampoo dan conditioner untuk membantu mengatasi rambut rontok atau patah. Tapi jangan menggunakan conditioner pada kulit kepala cukup pada ujung rambut.
  3. Memperlakukan rambut lebih lembut misalnya tidak mengikat terlalu kuat atau menarik rambut terlalu kencang.
  4. Sebaiknya hindari atau kurangi sebisa mungkin pemakaian catokan rambut atau pengering rambut.
  5. Mulai makan makanan yang bergizi dan minum air putih secukupnya.

Semoga bermanfaat.

By: Mega Oe

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1185 Mega Oe

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Kapan Haid Kembali Setelah Melahirkan?

Moms setelah melahirkan kapan idealnya akan mengalami menstruasi kembali?

Air Kelapa Membuat Bayi Bersih Saat Baru Lahir?

Benarkah air kelapa dapat membuat bayi bersih saat baru lahir? Simak kebenarannya di sini.

Tips Naik Pesawat dengan Batita

Banyak hal yang dikhawatirkan para Mom saat ingin bepergian dengan pesawat bersama Si Kecil. Yuk, simak tips dari Mom Lidwina ini.