Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengatasi Luka pasca Operasi Caesar

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  17 Apr '19

Saya mau cerita sedikit pengalaman saya dari hampir 2 tahun yang lalu, pas melahirkan anak saya secara cesar, di mana ada sedikit masalah pada jahitannya. Awalnya agak nyeri lalu timbul kayak jerawat gitu di sekitar jahitannnya. Jerawatnya itu seperti berisi nanah dan menimbulkan bau setelah jerawatnya pecah (seperti berlubang gitu). Awalnya pas kontrol jahitan yang pertama kali masih bagus, masuk minggu ke 2 baru muncul seperti itu, jadi selama hampir 2 minggu aku biarin aja sambil dibersihin terus pakai alkohol (karena lihat dokternya pakai itu bersihiinya), tapi gak membaik, malah seperti jahitannya hampir lepas gitu.

Takut infeksi lukanya, jadi saya balik lagi ke dokter kandungan yang membantu proses melahirkan secara SC kemarin. Saya ceritaiin dari awal kenapa bisa seperti itu, dan dokternya pun sampai geleng kepala dan bilang kalau bersihiin jahitannya itu gak boleh pakai alkohol, karena tidak baik digunakan untuk membersihkan luka, malah memperlambat kondisi lukanya untuk sembuh. Alkohol itu cuma buat bersihiin kotoran yang ada di sekitar jahitannya aja, jadi berisihinnya itu cuma dilap halus pakai kapas biar jaitannya itu tetap dalam kondisi kering, lalu dikasi Betadine aja. Jadi selama itu saya dan suami juga salah pengertian dan kebetulan suami aku yang lihat dokternya kalau lagi bersihin.

Saya kemudian bertanya: "Jadi gimana dok?" sambil ngomong dalam hati takut juga kalau kenapa-napa, jadi sih dokter bilang akan dicoba dulu diobati, kalau masih belum ada perkembangan ya mesti dijahit ulang, jadi kulit lamanya dibuang terus dijahit lagi yang baru, pas dokter bilang gitu saya jadi tambah takut. 

Singkat cerita, selama kurang lebih 6 bulan itu aku ikutin yang dokter saranin, dikasi resep obat untuk diminum sambil rajin bersihin, dan kebetulan teman suami saya suruh cobain minum suplemen InfinyCal gitu untuk memperbaiki sel-sel jaringan yang rusak, selain diminum, bisa juga diolesi pada luka. Jadi suami saya beliin obat itu dan aku rutin mengonsumsinya, akhirnya Puji Tuhan lukanya kering, cuma ya jahitannya jadi gak bagus, ada bekas lubangnya juga gak bisa nutup rapih, tapi yang penting gak dijait ulang.

Saya punya tips nih kalau ada yang mengalami hal seperti saya:

  • Konsultasikan ke dokter kandungannya, harus terbuka gak boleh takut, kalau ada luka seperti itu.

  • Kemarin saya dikasi resep obat antibiotik untuk diminum dan salep seperti Betadine atau salep antibiotik untuk dioleskan ke lukanya, masih sambil diperban.

  • Sebelum membersihkan luka, pastikan tangan bersih.

  • Jangan dibersihiin pakai alkohol ataupun sabun.

  • Bersihin secara teratur, kalau mandi, usahakan jangan sampai kena lukanya, lukanya ditutup pakai perban, setelah habis mandi, perbannya diganti. (bisa juga pakai perban anti air, bisa beli di apotik).

  • Pastikan perban dan lukanya tetap kering, jangan sampai lembap. Kalau saya bersihinnya tiap malam jadi sebelum tidur dibersihiin gitu lalu gak pakai celana dalam dan gak diperban juga, biar cepat kering lukanya.

  • Jangan pakai celana yang ketat, korset juga kemarin gak bisa dipake karena pas beraktivitas tergesek sama jaitannya.

  • Jangan angkat yang berat-berat dulu.

  • Makan yang banyak mengandung protein untuk membantu penyembuhan lukanya.

  • Tidak berhubungan intim dulu, sampai lukanya gak sakit lagi.

  • Tetep harus kontrol terus ke dokter.

  • Kalau sampai ada yang masih perih atau demam, coba konsultasiin ke dokternya juga ya soalnya saya tidak sampai demam.

Bisa minum InfinyCal juga, untuk harga lumayan mahal bagi saya, dan kadangan ada yang gak cocok juga. Namun, saya pribadi cocok ya Moms, suplemennya berbentuk kapsul yang bisa dibuka kapsulnya (buka kapsul lalu ambil serbuknya dan larutkan ke air minum kurang lebih 500 mL air), atau bisa ambil sedikit serbuknya lalu dikasi air sedikit dan dioleskan ke bagian lukanya, saya sempat cobaiin diolesin ke luka, awalnya ga perih, tapi pas kedua kalinya, terasa perih, jadi saya hentikan pemakaiannya, jadi saya cuma minum aja.

Semoga bermanfaat.

By: Yuliana Qin

Copyright by Babyologist

1073 Yuliana Qin

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mari Kita Coba Gunakan Jahe dalam Menu Makan Sehari-hari

Beberapa waktu lalu setiap aku masak, aku lagi senang eksplor memasukkan jahe ke dalam masakan.

Berat Badan Anak Susah Naik dan Sering Flu? Cek Zat Besinya!

Apakah anak Moms yang sudah berusia sekitar 1 tahun sering terkena flu dan BB susah naik? Simak solusinya disini.

Hal yang Perlu Diperhatikan Calon Ibu Penderita Migrain

Apakah para calon Moms mempunyai riwayat terkena penyakit migrain? Jangan lupa perhatikan hal berikut ya.

Gejala Keracunan Makanan dan Pertolongan Pertama Mengatasinya

Keracunan umumnya disebabkan oleh makanan yang tidak steril, tidak diolah dengan benar, dan buruknya kebersihan.

Apa yang Terjadi Ketika Anak Terserang Virus Flu Singapore

Apakah si Kecil terkena penyakit Flu Singapore atau HFMD (Hand Foot Mouth Disease)? Yuk, simak tips menanganinya.

Badan Selalu Menggigil Setelah Operasi Caesar

Apakah setelah melahirkan Moms sering menggigil ketika sedang mandi seperti mom Mita? Bagaimana mengatasinya?

Bengkak pada Kelopak Mata Anak

Bagaimana penanganan pertama yang dapat saya lakukan ketika kelopak mata anak bengkak?

Tips Mengembalikan Bentuk Tubuh Pasca Melahirkan

Pasti para Moms stress ketika ngaca dan melihat bentuk tubuh, terutama di bagian perut

Tips: Agar Luka Bekas Operasi Cepat Kering

Hai moms, saya mau sharing pengalaman saya pasca menjalani operasi caesarean section dan ingin berbagi tips agar luka operasi cepat kering.

Berikut Daftar Gejala Penyakit Difteri yang Perlu Diperhatkan

Difteri merupakan infeksi bakteri serius yang biasanya memengaruhi selaput lendir hidung dan tenggorokan penderita.

Ada Sisa Sayur di Feses Anak, Normalkah?

Dari anakku masih bayi hingga sekarang, setiap buang air besar dan ganti popok pasti dicek dulu fesesnya.

11 Gejala Awal Leukimia pada Anak yang Perlu Moms Waspadai

Leukimia adalah kondisi di mana sel-sel darah putih lebih banyak daripada sel darah merah.

Menjaga Kesehatan Gigi Anak dengan Tooth Mousse

Saya pertama kali mendengar tentang tooth mousse baru minggu lalu.

Mengenali Gejala Infeksi Primer dan Berulang Herpes Kulit

Herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks.

Earmuff is a Must for Travelling

Moms uda mempersiapkan barang yang mau dibawa? Aku mau sharing juga salah satu benda wajib yang ada di diaper bag.

Gejala Usus Buntu pada Anak dan Pengobatannya

Penyakit usus buntu adalah infeksi organ usus buntu yang menempel pada usus besar di sisi kanan bawah perut.

Mencegah dan Mengatasi Gigitan Nyamuk

Share dan updates seputar anti gigitan nyamuk Zoey ya.. Karna masi banyak yg tanyaaa mengapa, gimana caranya, dsb.

Jus Pare, ASI Boosterku

Sedang mencari ASI booster yang terbuat dari bahan alami Moms? Yuk, coba jus pare! Produksi ASI akan melimpah.

Sulit BAB Pasca Operasi Caesar

Saya ingin menceritakan pengalaman saya yang kurang menyenangkan pasca melahirkan Desember 2018 lalu.

Teh Herbal Penambah Darah Setelah Haid (Homemade)

Sebagai wanita, kita akan pasti akan merasa tubuh menjadi agak lelah ketika sedang maupun sesudah haid.