Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengatasi Kebiasaan Buruk Anak yang Suka Menggigit

GROWTH & DEVELOPMENT  |  PARENTING  |  16 Nov '18

Kebiasaan balita suka menggigit cukup umum dijumpai. Sebagian besar di antara mereka menggigit untuk melampiaskan rasa frustrasi yang belum bisa mereka ungkapkan dalam kata-kata. Jika kebiasaan ini tidak segera diatasi, ada kemungkinan si Kecil akan mengalami keterlambatan berbicara dan berbahasa. Sebab, dia mungkin menggunakan kebiasaan menggigit untuk mengontrol interaksinya dengan orang lain di lingkungan sosialnya. Maka dari itu, Verywell Family memberikan beberapa cara untuk mencegah kebiasaan ini.

Mengatasi Kebiasaan Anak Menggigit

  1. Berikan pertolongan pertama kepada korban gigitan.

  2. Kontak orang tuanya jika gigitan tersebut memerlukan perhatian medis. Orang tua harus selalu diinformasikan apakah anak mereka menggigit atau digigit balita lainnya.

  3. Biarkan si Kecil yang menggigit balita lain melihat bahwa sang korban sedang diobati. Memberikan perhatian lebih kepada korban memperkuat fakta bahwa menggigit itu tidak baik. Jika si Kecil menurut dan tenang, ini mungkin saat yang tepat untuk mengajarkannya tentang empati.

  4. Amankan situasi dengan memisahkan anak-anak dari yang lain sampai mereka telah tenang.

  5. Cepat merespons terhadap kebiasaan menggigit si Kecil karena balita memiliki rentang perhatian singkat.

  6. Jangan pernah biarkan siapa pun menggigit si Kecil kembali untuk mengajarkan bahwa hal tersebut menyakitkan.

  7. Bersiaplah untuk menjelaskan kepada orang tua bagaimana Moms mengatasi insiden menggigit tersebut. Yakinkan mereka dengan langkah-langkah yang akan Moms ambil untuk mencegah si Kecil menggigit di masa depan.

  8. Cobalah untuk memahami situasi atau frustrasi yang memancing gigitan dan validasi emosi si Kecil. Misalnya, jika anak lain mencuri mainan balita, izinkan si Kecil memberi tahu Moms bahwa dia marah. Kemudian, bicaralah tentang metode yang lebih baik untuk mengatasi kemarahan jika itu harus terjadi lagi. Insiden menggigit ini dapat menjadi peluang untuk mengajari si Kecil tentang perasaannya.

  9. Ingat untuk tetap fokus pada perilaku daripada anak. Misalnya, mengatakan bahwa tidak baik jika si Kecil menggigit lebih baik daripada mengatakan si Kecil tidak baik jika menggigit. Menggunakan OK atau tidak OK sering lebih baik daripada mengatakan sesuatu itu baik atau buruk karena lebih informatif daripada menghukum.

  10. Metode apa pun yang Moms gunakan untuk mengatasi kebiasaan menggigit, cobalah untuk tidak mempermalukan si Kecil dan korban.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Copyright by Babyologist

1907 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories