Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengatasi Demam Usai Imunisasi DPT 4

HEALTH TIPS  |  12 Jul '18

Imunisasi DPT 4 merupakan kelanjutan dari imunisasi DPT. Pemberian imunisasi DPT yang diwajibkan yaitu sebanyak 5 kali, yakni sejak bayi lahir hingga ia memasuki usia 6 tahun. Imunisasi DPT merupakan pemberian virus atau bakteri yang sudah dilemahkan untuk membuat sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih kuat, serta agar seseorang terhindar dari tiga penyakit sekaligus yaitu DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus).

Pemberian imunisasi DPT 4 biasa diberikan saat bayi memasuki usia 18 bulan. Umumnya efek pemberian setelah diimunisasi DPT adalah demam yang cukup tinggi. Namun pada saat setelah imunisasi DPT 4 biasanya anak tak lagi mengalami demam, sebab tubuh anak sudah mulai bisa menerima suntikan vaksin tersebut.

Imunisasi DPT panas dan dingin

Efek samping setelah pemberian imunisasi DPT biasanya bayi mengalami demam yang tinggi, lebam atau bengkak, serta merah dibagian area kulit bekas suntikan, bayi menjadi lebih rewel, serta menimbulkan rasa sakit. Namun efek samping tersebut biasanya tidak terjadi saat anak sudah mendapatkan imunisasi DPT 4.

Saat ini ada dua jenis imunisasi DPT, pertama DPT Panas dan kedua DPT Dingin. DPT Panas yaitu DPT yang mengandung protein pertussis yang lengkap atau utuh, DPT ini tidak menimbulkan panas. Kedua, DPT Dingin yaitu DPT yang mengandung protein pertussis yang tidak lengkap atau tidak utuh, serta pasca pemberian suntikan DPT ini tidak menyebabkan panas.

Pada saat setelah bayi diberikan suntikan imunisasi DPT kemudian bayi mengalami demam yang cukup tinggi, sebaiknya Mom jangan langsung memberikannya obat, tetapi cobalah terlebih dulu cara-cara berikut ini untuk mengurangi demam pada bayi.

  1. Bukalah baju bayi dan baju, kemudian peluklah bayi dengan menggunakan metode skin to skin, yaitu kulit bayi dan kulit bunda langsung bersentuhan. Cara ini dimaksudkan agar panas yang dialami bayi bisa berpindah ke ibunya.
  2. Pada saat bayi demam ia biasanya menjadi lebih rewel, maka dari itu Mom harus lebih meningkatkan pemberian ASI.
  3. Setelah cara di atas dilakukan, kemudian yang terakhir yaitu kompreslah bayi dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi oleh air hangat. Kompres dengan menggunakan air hangat dipercaya mampu menurunkan panas.

Mungkin sebagian Mom bertanya-tanya, setelah bayi diberikan imunisasi DPT sebanyak 3 kali, apakah pemberian imunisasi DPT 4 harus tepat diusia bayi 18 bulan. Mom, perlu diketahui bahwa pemberian imunisasi DPT 4 memang lebih baik apabila dilakukan saat bayi berusia 18 bulan. Tetapi apabila saat di usia 18 bulan anak mengalami sakit atau Anda lupa memberikan imunisasi DPT 4, maka Mom bisa memberikannya saat bayi berusia 2 tahun.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

342 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories