Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengatasi Demam pada Anak Tanpa Harus ke Dokter

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  15 May '19

Ibu mana yang tidak cemas dan khawatir saat anak demam tinggi? Terlebih lagi untuk ibu baru seperti saya. Saya dididik untuk tidak selalu pergi ke dokter saat sakit. Kenapa? Karena suatu saat sistem tubuh kita akan kebal dan tidak mempan minum obat apa pun. Jadi sebisa mungkin kalo sakit selalu pakai cara2 tradisional untuk penyembuhan. Tapi ini balik lagi ke saya pribadi, yang melihat dulu kondisi anak perlu atau tidak untuk di awa ke dokter (ini soal anak).

Anakku pernah demam sampai 40 derajat ya Moms, dan Puji Tuhannya gak pernah step, karena dari bayi sudah di kasih kopi pahit (ini tradisi keluarga saya, Moms). Hal yang biasa saya lakukan saat anak demam adalah:

  1. JANGAN PANIK
    Ingat ya Moms, saat anak demam jangan panik. Hal ini bisa menghambat jalan pikir kita harus melakukan apa ke anak.
  1. SEDIA TERMOMETER
    Moms wajib punya termometer ya, dan jangan lupa cek suhu anak setiap 1 jam sekali. Hal ini untuk memantau apakah anak kita terus naik atau sudah turun demamnya.
  1. OBAT
    Selalu stok plester penurun panas sesuai umur anak dan obat penurun panas. Jika Moms sudah memberikan obat penurun panas sebanyak 3x namun demam tidak turun juga, itu artinya Moms harus ganti merek obatnya.
  1. ASUPAN
    Jika anak masih ASI, berikan ASI terus supaya demamnya turun, berikan ASI sambil memeluk sang buah hati. Jika anak tidak ASI, berikan susu formula dan air putih secara rutin agar si anak pipis terus untuk buang panas. Dan biasanya saya selipkan air larutan panas dalam juga.
  1. BAWANG MERAH
    Biasanya saya selalu kerik Geo pakai bawang merah yang sudah diiris + minyak telon, lalu balurkan pada punggung dada anak. Ini biasanya bikin Geo plong.

Bila dalam 2 hari demam tidak kunjung turun dan Moms khawatir, boleh ya bawa anaknya ke dokter, karena penyakit sekarang udah banyak banget dan suka aneh2. Semoga kita semua sehat selalu ya Moms.

265 Claudia Yuniarna

Comments

Related Stories